Slamet Subagio

Seorang guru, berasal dari Gresik. Saat ini bertugas di MTsN 3 Tulungagung, Jawa Timur sejak tahun 2019. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bubur Ayam yang Bermakna
Penjual bubur ayam dekat Jembatan Lembupeteng

Bubur Ayam yang Bermakna

Setiap akhir pekan, saya biasanya membeli sarapan bubur ayam. Makanan ini mudah didapatkan di tempat tinggal saya. Karena pedagang bubur ayam gerobak biasa mangkal di dekat Jembatan Lembupeteng. Cukup dengan merogoh kocek delapan ribu rupiah untuk satu porsinya. Saya pesan dua bungkus untuk dinikmati bersama istri.

Saya bersama istri menikmati bubur ayam di rumah. Cara kami menyantap makanan ini berbeda. Saya lebih suka dicampur pakai kuah. Sedangkan istri tidak pernah pakai kuah. Dia hanya menikmati bubur dan lauk serta kerupuknya tanpa dicampur. Kerupuk saya malah dimakan juga oleh dia.

Saya mencoba belajar dari peristiwa itu. Masing-masing orang punya cara menjalani kehidupannya. Tidak ada kebenaran mutlak. Seperti makan bubur ayam, dicampur dulu atau tidak, sama enaknya bagi penggemar makanan ini. Kita yang tidak suka, bagaimana? Ya, bisa dicobalah sekali-kali.

Selain itu, ada peribahasa nasi sudah menjadi bubur. Maknanya menggambarkan keadaan suatu hal yang terlanjur terjadi dan tidak dapat dikembalikan seperti semula. Hal ini mengingatkan betapa pentingnya sikap ikhlas dan tawakal. Dua sifat ini sangat kita perlukan ketika menghadapi keadaan tersebut. Semoga kita termasuk di dalamnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Pak atas tulisannya yg menginspirasi. Sukses selalu ya Pak

02 Nov
Balas

Sederhana tp mengena. Siiippp

02 Nov
Balas

Alhamdulillah, sukses juga untuk ibu Samsimar. Terima kasih

07 Nov
Balas

Alhamdulillah, terima kasih bu Siti Rokhana, Sukses untuk njenengan.

07 Nov
Balas



search

New Post