Slamet Subagio

Seorang guru, berasal dari Gresik. Saat ini bertugas di MTsN 3 Tulungagung, Jawa Timur sejak tahun 2019. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Serba Tiga
Angka tiga

Serba Tiga

Saat membaca Qur'an terjemah yang dilengkapi cuplikan hadits terkait ayat-ayat tertentu, saya tertarik dengan hadits berikut. Kenapa? Isinya serba tiga.

Hadits itu menjelaskan ada tiga penghapus dosa dan tiga derajat meninggikan seorang Muslim, serta ada tiga penyelamat orang dan juga ada tiga yang menghancurkan kehidupan orang Muslim.

Tiga penghapus dosa :

1. Menyempurnakan wudlu

2. Menunggu datangnya waktu shalat

3. Pergi berjalan kaki ke masjid untuk shalat Jum'at

Tiga derajat yang meninggikan seorang Muslim :

1. Memberi orang-orang makan

2. Mengucapkan salam

3. Shalat malam ketika orang-orang terlelap tidur

Tiga penyelamat orang :

1. Berlaku adil ketika senang atau emosi

2. Budaya hemat ketika kaya ataupun miskin

3. Takut kepada Allah baik sendiri maupun bersama orang

Tiga yang menghancurkan :

1. Kikir yang terus diikuti

2. Hawa nafsu yang mengekang

3. Bangga terhadap diri sendiri

Sebagai Muslim yang baik, tentu kita akan terus memperbaiki diri. Karena sesungguhnya perubahan itu dimulai dari diri sendiri. Karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sebelum mereka berusaha merubahnya sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tulisan yang mencerhakan, trimakasih. salam sukses selalu...

19 Nov
Balas

Sukses juga untuk Pak Siswandi, MM. Terima kasih. Salam literasi

19 Nov
Balas

Terima kasih ulasannya, Pak. Salam sukses dan salam literasi.

04 Feb
Balas

Tambahan ilmu bagi saya, terima kasih Pak Slamet

22 Nov
Balas



search

New Post