Soendari

Seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai guru sebuah madrasah aliyah negeri di kabupaten Blitar. Alhamdulillah telah dikaruniai empat orang anak yang sho...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayo bertransformasi
galeri foto pribadi

Ayo bertransformasi

Ayo bertransformasi

Oleh Soendari

Apapun yang dipakai guru saat pembelajaran daring tentunya guru harus tahu fitur-fitur yang ada di dalam konten tersebut, baik Google Classroom, E-Learning, atau apapun. Jangan sampai guru tidak tahu itu. Tentu kompetensi guru harus selalu diupdate agar terus mengikuti kemajuan informasi teknologi sesuai perkembangan zaman. Nah, pengembangan kompetensi guru menjadi hal terpenting dalam pembelajaran, apalagi di masa pandemi ini. Buatlah video pembelajaran yang paling ringan dulu sesuai kemampuan, sambil berjalan tentu dengan sendirinya akan berubah menjadi sajian yang lebih baik. Apalagi Google menyediakan berbagai template animasi, interaktif untuk keperluan PowerPoint pembelajaran. Tinggal guru harus kreatif dan inovatif dalam menyusun materi agar bisa diterima dan dipahami oleh peserta didik.

Setelah guru menyiapkan penyampaian materi berupa PowerPoint, maka jangan lupa harus ada suara guru di dalam video tersebut. Tidak lengkap, hanya sekedar memberikan PowerPoint di grup WhatsApp atau apapun di kelas daring. Hal ini hanya melayani anak-anak dengan satu tipe pembelajar yang suka dengan tipe belajar membaca teks (visual), sedangkan ada anak-anak yang suka dengan audio visual jelas belum terlayani. Oleh karena itu PowerPoint-nya harus diubah menjadi bentuk media video pembelajaran. Dalam video itu nanti akan muncul audio dan visual, ada suara guru di saat menjelaskan materi pembelajaran muncul juga wajah/muka guru. Hal ini seperti melihat peserta didik. Sebaliknya peserta didik juga merasa melihat gurunya sedang mengajar. Apalagi ada tulisan tangan dari guru atau pendidik. Tulisan tangan yang dituliskan di PowerPoint, bisa menggunakan kursor atau kalau ingin lebih bagus menggunakan pen tablet yang bisa dijadikan seperti papan tulisnya.

Media video pembelajaran PowerPoint yang telah berisi coretan guru bisa diubah menjadi bentuk PDF. Kemudian hasil PDF itu bisa dibagikan kepada peserta didik yang minim kuota/sinyal. Jadilah sebagai bahan belajar anak-anak yang tentu akan jauh lebih mudah dipahami daripada hanya sekedar membaca PowerPoint atau PDF, atau modul, karena di situ sudah ada unsur tulisan tangan guru sedang menjelaskan materi.

Jangan mau kalah sama kemajuan teknologi digital yang sekarang marak, mulai dari penjual bakso, penjual rujak, hingga rumah makan terkenal ramai-ramai menggunakan layanan online untuk memudahkan transaksi jual beli ini. Prinsipnya kan sama saja adanya transformasi dari konsep jual beli manual (pembeli harus datang kepada penjual) berpindah menjadi digital (penjual yang mengantarkan dagangannya melalui kurir berdasarkan pesanan pembeli/pelanggan). Transformasi ini bisa juga diterapkan dalam pembelajaran daring dengan segala kemudahan fasilitas yang dimiliki guru kepada peserta didik. Transformasi ilmu yang diberikan guru menjadi lebih maksimal dan bermanfaat buat peserta didik. Mudah bukan? Mari kembangkan kompetensi guru dengan maksimal. Jangan merasa senang dengan keadaan di posisi paling aman dan nyaman seperti saat ini. Bantuan kuota dari madrasah hendaknya bisa memicu guru lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan pendidikan demi masa depan generasi penerus bangsa. Contoh link channel Youtube video pembelajaran interaktif https://youtu.be/rYr0R5mfPWo

Silakan sedekahnya LKSS, like, koment, subcribe, share. Terima kasih.

Blitar, 4 September 2021 Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

04 Sep
Balas

Terima kasih, salam literasi

04 Sep

Masya Allah, mantap Bunda. Sukses dan semangat selalu.

04 Sep
Balas

Alhamdulillah, terima kasih bunda

04 Sep

Alhamdulillah semangat menulis kembali pulih. Setelah sekian lama kutinggalkan. Semoga bermanfaat. Salam literasi.

04 Sep
Balas



search

New Post