Soendari

Seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai guru sebuah madrasah aliyah negeri di kabupaten Blitar. Alhamdulillah telah dikaruniai empat orang anak yang sho...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hemat Kuota dengan E-learning Madrasah

Hemat Kuota dengan E-learning Madrasah

Hemat Kuota dengan E-learning Madrasah

Oleh: Soendari, S.Pd.

Kehadiran e-learning madrasah mampu memudahkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi, sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) daring pun berjalan dengan lancar. Meski terkadang terkendala adanya pemadaman listrik yang memengaruhi kehadiran e-learning. Hal ini tidak mengakibatkan terhentinya proses pembelajaran daring. Guru masih bisa menggunakan platform lainnya seperti Google Classroom, Google form, dan berbagai cara yang lainnya.

Saat ini kemudahan mengakses e-learning madrasah baik bagi guru maupun siswa semudah memainkan media sosial di hp androidnya. Kelengkapan fitur yang ada pada e-learning mampu mengatasi berbagai bentuk media pembelajaran yang dibutuhkan sesuai perkembangan zaman. Apalagi dengan didukung adanya layanan gratis kuota untuk e-learning madrasah semakin memudahkan PJJ. “Kalau ada yang mudah mengapa harus mencari yang sulit,” jelas Suliyat, M.Si dari Help Desk Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi, Direktorat KSKK Kementerian Agama RI saat memberikan pengarahan pada Workshop Optimalisasi Aplikasi E-learning dalam Pembelajaran Daring yang diselenggarakan Sabtu, 17 Oktober 2020 di Aula MAN 2 Blitar.

Pelaksanaan Workshop yang diikuti oleh semua guru mata pelajaran dimulai pukul 08.00-15.00 berlangsung dengan lancar. Lebih jelas beliau mngungkapkan, “Dengan bantuan Operator Madrasah maka login e-learning madrasah bisa memuat pembelajaran dengan aktif. Guru Mata Pelajaran, Siswa Madrasah, Guru Bimbingan Konseling, Wali kelas, dan Kepala Madrasah dapat mengakses e-learning madrasah dengan mudah. Apalagi saat guru/siswa mengunggah materi/tugas disarankan hanya mencantumkan link URLnya saja, agar server tidak terbebani”.

Nah, dengan kemudahan layanan kuota gratis ini diharapkan pembelajaran di semua madrasah, baik negeri maupun swasta dapat memanfaatkan akses e-learning dengan baik. Dukungan layanan kuota gratis untuk mengakses e-learning madrasah berupa pemberian bantuan pulsa internet bagi guru dan siswa dari pemerintah lebih memberikan kemudahan PJJ.

Tips dan trik untuk hemat kuota dalam mengikuti pembelajaran:

Pastikan hadir dalam kelas online : Login à kelas Online à Absensi Kembali ke menu utama : Klik Tugas Kelas à Buka / Kerjakan Tugasnya (CBT/Tugas KI-3/Tugas KI-4) sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk mengerjakan Tugas (selain CBT) : Baca petunjuknya à Download bahan Tugas (jika diperlukan) à logout (kerjakan tugas secara offline) à selesai kerjakan tugas à login à upload Tugas Untuk mengerjakan CBT à Klik Tugas Kelas à Buka à catat token à logout à login menggunakan login CBT. Untuk melihat informasi à Login à forum à klik Suka à Klik Home à Klik kelas online à Time line à baca informasi dari guru kelas (klik suka dan berikan komentar). Pastikan setiap masuk kelas : Baca KKM (nilai minimal dianggap tuntas), Baca Kalender (berisi rencana kegiatan di kelas), Buka Nilai (tugas KI-3, Tugas KI-4, dan Raport) untuk lebih mempersiapkan diri agar prestasi belajarnya lebih baik.

Semoga e-learning madrasah bisa menjadikan pembelajaran daring menjadi lebih bermanfaat. (Soen)

Blitar, 18 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kebaikan yang mengiringi pembelajaran. Sukses selalu dan barakallahu fiik

20 Oct
Balas

Aamiinn

20 Oct

Alhamdulillah, akhirnya bisa menulis lagi

20 Oct
Balas



search

New Post