Soendari

Seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai guru sebuah madrasah aliyah negeri di kabupaten Blitar. Alhamdulillah telah dikaruniai empat orang anak yang sho...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menjadi Peneliti Handal melalui LKTI

Menjadi Peneliti Handal melalui LKTI

Oleh: Soendari

Senin, 31 Agustus 2020 tepat pukul 08.00 telah dilaksanakan penyelenggaraan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam rangka lomba Madrasah Young Researches (MYRES) bersama MAN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar bertempat di aula MTsN 8 Blitar. Workshop yang dilakukan selama 2 (dua) hari ini berlanjut di hari kedua bertempat di aula MAN 2 Blitar telah berlangsung dengan lancar. Dengan narasumber Ibu Dra. Dyah Istami Suharti, M.KPd dari MAN 1 Malang.

Bapak Drs. Boimin, M.Pd. selaku Kepala MTsN 8 Blitar berkesempatan membuka workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Acara selanjutnya penyampaian materi dari narasumber begitu menyemangati para peserta workshop untuk tergerak melakukan penelitian dengan berdasarkan pada suatu masalah. Lebih jelasnya beliau menyampaikan,” Apa yang dimaksud dengan karya tulis ilmiah? Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori yang berisikan fakta dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat”.

Suatu karya dapat diartikan ilmiah apabila karya tersebut dapat dibuktikan di dunia nyata. Ruang lingkup karya tulis ilmiah meliputi sains, keagamaan, ilmu meteorologi, dll. Unsur dalam karya ilmiah harus bersifat aktual, orisinal, menarik dan informatif agar publik dapat menerima pengetahuan dari dalam karya dan mencerna pembelajaran dari suatu karya dengan baik dan bijak. Sehingga karya tersebut dapat lebih bermanfaat bagi orang lain.

Peserta LKTI harus melalui beberapa pengalaman dan penyaringan diantaranya seorang beserta harus cakap dan pandai dalam mengolah kata dan public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik , peneliti dalam LKTI harus mampu berpikir kritis dan menguasai ilmu tulis-menulis. Peserta LKTI umumnya diambil dari luar madrasah meliputi sekolah umum sampai ke lingkup madrasah itu sendiri.

Sebelum workshop berakhir dan ditutup oleh Kepala MTsN 8 Blitar, narasumber memberikan kenang-kenangan berupa buku LKTI yang telah memenangkan kejuaraan dengan judul “Pembuatan Abon dari Bonggol Pisang” kepada Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Blitar serta Kepala Madrsah Aliyah Negeri 2 Blitar. Dengan harapan bahwa peserta didik dapat melanjutkan menulis karya ilmiah dengan baik dan benar baik dari segi penyampaian secara lisan maupun benar secara tulis. Harapan ke depan madrasah akan lebih meningkatkan produktivitas karya tulis ilmiah dalam perlombaan dan kejuaraan. Madrasah Hebat Bermartabat.

Blitar, 1 September 2020 Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Madrasahku Hebat Bermartabat

01 Sep
Balas

Madrasah hebat. Semangat berliterasi, semoga sukses selalu.

02 Sep
Balas



search

New Post