Lembar Pengamatan Mengajar
LEMBAR PENGAMATAN
Model: KETERAMPILAN INFORMASI
Materi : Mendeskripsikan Interaksi Sosial Mahasiswa Di Kampus
Nama Pengamat :
NO
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Skala Nilai
Guru
Siswa
1
2
3
4
1.
Awal
(5 M)
1
Menyapa siswa dan mempersiapkan pembelajaran dengan berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan lingkungan belajar
Membalas sapaan guru
2
Menanyakan apakah ada siswa yang pernah berbicara? Dimana? Bagaimana prosesnya ?
Menceritakan pengalaman mereka dalam berinteraksi atau berbicara (Apersepsi)
3
Menjelaskan tema pembelajaran yaitu Interaksi Sosial Di Kampus dan menuliskannya di papan tulis
Memperhatikan penjelasan guru
4
Mengajak siswa untuk mengidentifikasi manfaat mempelajari Interaksi Sosial Di Kampus
Menyampaikan pendapat
dan memperhatikan
penjelasan guru
(motivasi)
5
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya
Memperhatikan penjelasan guru
2.
Inti
(30 M)
6
Memperhatikan gambar dan video interaksi sosial
Memperhatikan gambar dan video interaksi sosial (Mengamati)
7
Meminta masing- masing siswa menuliskan satu pertanyaan yang berkaitan dengan interaksi sosial
Masing-masing siswa menulis satu pertanyaan tentang interaksi sosial (Menanya)
8
Membagi siswa dalam 5 kelompok, masing- masing kelompok beranggotakan heterogen 4- 5 orang siswa, dan memberi arahan bahwa masing- masing kelompok untuk menyatukan pertanyaan yang telah dibuat masing- masing untuk menemukan jawabannya memperkaya pengetahuan mereka melalui bahan bacaan yang dibagikan dan wawancara dengan narasumber (Wakil Dekan III dan Mahasiswa sebagai pelaku interaksi sosial di kampus).
Bergabung dalam kelompok yang telah ditentukan dan mendengar arahan guru
9
Membagi masing- masing kelompok menjadi 2 kelompok kecil. Kelompok 2a membaca dan mencatat ringkasan tentang :
a. apa interaksi sosial,
b. ciri-ciri interaksi sosial,
c. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
Kelompok 2b melakukan wawancara dengan nara sumber sesuai dengan pertanyaan yang sudah disiapkan dan pengembangannya.
Kelompok 2a dari masing-masing kelompok membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan.
Kelompok 2b melakukan wawancara dengan nara sumber (Menemukan)
10
Selanjutanya kelompok 1b, 2b, 3b, 4b, dan 5b mewawancarai dengan 2 (dua) narasumber yaitu Wakil Dekan Bidang mahasiswa dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Memperhatikan penjelasan guru
11
Untuk kelompok 1b dan 2b bertugas mewawancarai narasumber yaitu Wakil Dekan Bidang Mahasiswa. Sedangkan kelompok 3b, 4b, dan 5b bertugas mewawancari narasumber Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan waktu wawancara 1- 2 menit.
Kemudian kelompok 1b dan 2b bergantian dengan kelompok 3b, 4b, dan 5b mewawancarai 2 narasumber.
Memperhatikan penjelesan guru dan melaksanakan perintah atau arahan
12
Meminta siswa kembali ke kelompok masing-masing dan mendiskusikan hasil bacaan dan wawancara serta membuat laporan kelompok sesuai bentuk yang disepakati, yang memuat:
a. Bagaimana interaksi sosial pada mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dan dosen,
b. Ciri-ciri yang baik dalam berinteraksi di kampus.
Masing-masing kelompok mendiskusikan hasil bacaan dan wawancara serta membuat laporan sesuai bentuk yang disepakati
(Mengasosiasi)
13
Meminta masing- masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain menanggapi
Mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan menanggapi hasil kerja kelompok lain
(Mengkomunikasi)
3.
Penutup
(5 M)
14
Memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyimpulkan pelajaran dan memberi penguatan
Menyimpulkan pelajaran yang dipahami
15
Membagi lembar tes
Mengerjakan tes
16
Membagi kartu refleksi dan meminta siswa untuk menulis, bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung ?
Mengisi kartu refleksi
17
Menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya, menyampaikan pesan-pesan moral dan menutup dengan salam
Mendengarkan
4.
Jumlah Nilai capaian
Rumus
Keterangan : 4 = baik sekali
3 = baik
2 = kurang
1 = sangat kurang
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar