Soga Biliyan Jaya, S.Pd.

Assalammualaikum.................WR.......................WB.............. Nama saya Soga Biliyan Jaya, saya tinggal di Provinsi Aceh Kab. Nagan Raya Kec. Daru...

Selengkapnya
Navigasi Web

Model: KETERAMPILAN INFORMASI

Skenario Pembelajaran IPS Pada Sekolah Dasar

Model: KETERAMPILAN INFORMASI

Materi : Mendeskripsikan Interaksi Sosial

Alokasi Waktu : 2 X 36 menit

1. Persiapan:

a. Gambar dan video interaksi sosial

b. Bahan bacaan tentang interaksi sosial

c. Lembar tes

d. Lembar refleksi

e. Kerta HVS

f. Narasumber: 1 orang mahasiswa pelaku interaksi sosial di kampus

1 orang dosen pelaku interaksi sosial di kampus

2. Pelaksanaan:

Indikator :

a. Menjelaskan pengertian interaksi sosial;

b. Menyebutkan tatacara interaksi yang baik antar mahasiswa dengan mahasiswa dan antar mahasiswa dengan dosen;

c. Menyebutkan Ciri-ciri interaksi sosial;

d. Menjelaskan Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat interaksi sosial;

e. Menyebutkan Syarat terjadinya interaksi sosial;

f. Menulis laporan hasil observasi dan wawancara.

NO

Kegiatan

Aktivitas Pembelajaran

Alokasi waktu

Guru

Siswa

1.

Pendahuluan

(5 Menit)

Menyapa siswa dan mempersiapkan pembelajaran dengan berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan lingkungan belajar

Membalas sapaan guru

1’

Menanyakan apakah ada siswa yang pernah berbicara? Dimana? Bagaimana prosesnya?

Menceritakan pengalaman mereka dalam berinteraksi atau berbicara (Apersepsi)

1’

Menjelaskan tema pembelajaranyaiu Interaksi Sosial Di Kampus dan menuliskannya di papan tulis

Memperhatikan penjelasan guru

1’

Mengajak siswa untuk mengidentifikasi manfaat mempelajari Interaksi Sosial Di Kampus

Menyampaikan pendapat

dan memperhatikan

penjelasan guru

(motivasi)

1’

Menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya

Memperhatikan penjelasan guru

2.

Inti

(36 Menit)

Memperhatikan gambar dan video interaksi sosial

Memperhatikan gambar dan video interaksi sosial (Mengamati)

1’

Meminta masing-masing siswa menuliskan satu pertanyaan yang berkaitan dengan interaksi sosial

Masing-masing siswa menulis satu pertanyaan tentang interaksi sosial (Menanya)

1’

Membagi siswa dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan heterogen 5 orang siswa dan memberi arahan bahwa masing- masing kelompok untuk menyatukan pertanyaan yang telah dibuat masing-masing untuk menemukan jawabannya memperkaya pengetahuan mereka melalui bahan bacaan yang dibagikan dan wawancara dengan narasumber (mahasiswa dan dosen sebagai pelaku interaksi sosial di kampus).

Bergabung dalam kelompok yang telah ditentukan dan mendengar arahan guru

1’

Membagi masing-masing kelompok menjadi 2 kelompok kecil.

Kelompok 1 membaca dan mencatat

ringkasan tentang :

a. apa interaksi sosial,

b. ciri-ciri interaksi sosial,

c. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.

Kelompok 2 melakukan wawancara dengan nara sumber sesuai dengan pertanyaan yang sudah disiapkan dan pengembangannya.

Kelompok 1 dari masing-masing kelompok membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan.

Kelompok 2 melakukan wawancara dengan nara sumber (Menemukan)

4’

Meminta siswa kembali ke kelompok masing-masing dan mendiskusikan hasil bacaan dan wawancara serta membuat laporan kelompok sesuai bentuk yang

disepakati, yang memuat:

a. Bagaimana interaksi sosial pada mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dan dosen,

b. Ciri-ciri yang baik dalam berinteraksi di kampus.

Masing-masing kelompok mendiskusikan hasil bacaan dan wawancara serta membuat laporan sesuai bentuk yang disepakati

(Mengasosiasi)

7’

Meminta masing-masing kelompok

untuk mempresentasikan hasil kerja

kelompoknya dan kelompok lain

menanggapi.

Mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan menanggapi hasil kerja kelompok lain

(Mengkomunikasi)

4’

3.

Penutup

(5 Menit)

Memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyimpulkan pelajaran dan memberi penguatan

Menyimpulkan pelajaran yang dipahami

1’

Membagi lembar tes

Mengerjakan tes

2’

Membagi kartu refleksi dan meminta siswa untuk menulis, bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung ?

Mengisi kartu refleksi

1’

Menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya, menyampaikan pesan-pesan moral dan menutup dengan salam

Mendengarkan

1’

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post