RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIN Bungoeng Jeumpa
Kelas/ Sementara : IV/ 1
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi Pokok : Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
NO
Kompentensi Dasar
Indicator Pencapaian Kompetensi
1.
-
-
2.
-
-
3.
3.3. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1 Mengidentifikasi pengertian kegiatan ekonomi
3.3.2 Menyebutkan macam- macam kegiatan ekonomi
3.3.3 Menjelaskan faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
3.3.4 Menjelaskan hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
4.
4.3. Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1 Melaporkan faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
4.3.2 Mempresentasikan hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks bacaan siswa mampu menjelaskan kegiatan ekonomi, menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi, dan hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari. Dan setelah siswa berdiskusi kelompok, siswa mampu mempresentasikan atau melaporkan faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi.
D. Materi Pembelajaran
a. Kegiatan Ekonomi
- Pengertian kegiatan ekonomi
- Jenis-jenis kegiatan ekonomi
- Faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi
- Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
E. Metode Pembelajaran
Berikut pendekatan, metode, model yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial (IPS) :
Pendekatan : Saintific (mengam ati, menanya, menemukan/mencoba, mengasosiasi dan komunikasi)
Metode : ceramah dan tanya jawab
Model : Talking Stik (Tongkat Kayu)
F. Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
1.
Pendahuluan
(15 Menit)
Menyapa siswa dan mempersiapkan pembelajaran dengan berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan lingkungan belajar
Membalas sapaan guru
3’
Menanyakan apakah ada siswa yang pernah belanja di pasar dan berjualan ? Dimana? Bagaimana prosesnya?
Menceritakan pengalaman mereka dalam berinteraksi atau berbicara (Apersepsi)
3’
Menjelaskan materi pembelajaran yaitu Kegiatan Ekonomi dan menuliskannya di papan tulis
Memperhatikan penjelasan guru
3’
Mengajak siswa untuk mengidentifikasi manfaat mempelajari Kegiatan Ekonomi
Menyampaikan pendapat dan memperhatikan penjelasan guru
(motivasi)
2’
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya
Memperhatikan penjelasan guru
2’
Membagi siswa dalam 4 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan heterogen 6 orang siswa
Bergabung dalam kelompok yang telah ditentukan dan mendengar arahan guru
2’
2.
Inti
(45 Menit)
Memperlihatkan gambar dan video tentang Kegiatan Ekonomi
Memperhatikan gambar dan video tentang Kegiatan Ekonomi (Mengamati)
3’
Memberikan bahan bacaan tentang Kegiatan Ekonomi
Membaca bahan bacaan yang sudah diberikan tentang Kegiatan Ekonomi (Menanya dan Mengasosiasikan)
6’
Mengarahkan siswa untuk membuat lingkaran besar
Memperhatikan penjelasan guru dan
3’
Memberikan sebuah tongkat kayu kepada salah satu siswa sambil menyanyikan sebuah lagu anak-anak
Mengoper atau memberikan tongkat kepada teman sebelah sampai lagu anak-anak berhenti
5’
Memberikan pertanyaan kepada siswa yang terakhir memegang tongkat
Menjawab sebuah pertanyaan (Mencoba dan mengkomunikasikan)
6’
Lakukan cara yang sama sampai semua soal habis terjawab
Melanjutkan permainan Talking Stik
9’
Meminta siswa kembali kelompok semula dan membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada masing-masing kelompok
Kembali ke kelompok semula
2’
Memintah siswa untuk membuat laporan hasil dari lingkaran besar
Mendiskusikan dan menuliskan hasil kesimpulan di LKPD (Mengasosiasikan)
6’
Meminta masing masing kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan lingkaran besar
Melaporkan hasil diskusi dari kegiatan lingkaran besar di depan kelas (Mengkomunikasikan)
5’
3.
Penutup
(10 Menit)
Memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyimpulkan pelajaran dan memberi penguatan
Menyimpulkan pelajaran yang dipahami
4’
Membagi kartu refleksi dan meminta siswa untuk menulis, bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung ?
Mengisi kartu refleksi
3’
Menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya, menyampaikan pesan-pesan moral dan menutup dengan salam
Mendengarkan
3’
G. Alat dan Sumber Bahan Ajar
Berikut alat dan sumber yang dipakai dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi Kegiatan Ekonomi:
a. Alat peraga
- Media gambar kegiatan ekonomi
- Media video kegiatan ekonomi
- Magic Stik (Tongkat ajaib)
b. Sumber
- Buku Pelajaran IPS kelas IV
- Buku pendamping yang relevan
H. Proses Penilaian
Proses penilaian dilakukan dengan cara penilaian autentik, dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu:
1. Penilaian Afektif
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai!
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Jumlah
Cermat
Percaya Diri
Bertanggung Jawab
MT
MB
SM
MT
MB
SM
MT
MB
SM
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
Tabel Kriteria Penilain Sikap
Cermat
Percaya Diri
Bertanggung Jawab
1. Membaca soal dan telaten dalam mengerjakan soal
2. Mengecek ulang hasil kerja
3. Teliti dalam mengerjakan soal
1. Yakin dan tidak mudah pesimis
2. Berani tampil di depan kelas
3. Berani memberikan pendapat
1. Bekerja sama dalam kelompok
2. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
3. Melaksanakan jadwal piket kelas
Keterangan :
MT : Mulai terlihat (55- 69)
MB : Mulai membudaya (70-80)
SM : Sudah membudaya (85-100)
Rumus
NO
Nama Siswa
Spiritual
Jumlah
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Sering mengucapkan kalimat thyaibah
Memiliki rasa syukur terhadap ketuhanan yang Maha Esa
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
5
6
Tabel Kriteria Penilaian Spiritual
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Mengucapkan kalimat thyaibah
Memiliki rasa syukur terhadap ketuhanan yang Maha Esa
1. Tidak berdoa sebelum dan sesudah belajar
2. Berdoa sebelum atau sesudah belajar
3. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
1. Tidak mengucakpan kalimat hamdala, basmalla
2. Mengucapkan kalimat hamdala atau basmalla
3. Mengucapkan dua kalimat thayaibah hamdala dan basmala
1. Kurangnya rasa syukur kepada tuhan yang Maha Esa dengan tidak megucapkan hamdala dan subhanalla
2. Hanya menyucapkan hamdala atau subhanalla terhadapa rasa syukur kepada tuhan yang Maha Esa
3. Menyucapkan hamdala dan subhanalla terhadapa rasa syukur kepada tuhan yang Maha Esa
Keterangan :
KB : Kurang baik (55-69)
B : Baik (70-80)
SB : Sangat Baik (85- 00)
Rumus
2. Penilaian Pengetahuan
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengertian kegiatan ekonomi
Dapat menjelaskan secara jelas, padat, dan tepat mengenai pengertian dari kegiatan ekonomi
Dapat menjelaskan tetapi kurang tepat mengenai pengertian dari kegiatan ekonomi
Terdapat kesalahan pada saat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi
Tidak dapat menjelaskan pengertian dari kegiatan ekonomi
Macam- macam kegiatan ekonomi
Dapat menyebutkan dengan lengkap macam-macam kegiatan ekonomi
Dapat menyebutkan sebagian dari macam-macam kegiatan ekonomi
Terdapatnya kesalahan dalam menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi
Tidak dapat menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi
Faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Dapat menjelaskan dengan jelas, singkat dan padat tentang Faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Dapat menjelaskan tetapi kurang padat tentang Faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Terdapat kesalahan dalam menjelaskan Faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Tidak dapat menjelaskan Faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
Dapat menjelaskan dengan jelas, singkat dan padat tentang Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
Dapat menjelaskan dengan singkat Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, tetapi kurang jelas
Terdapat kesalaha dalam menjelaskan Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
Tidak dapat menjelaskan Hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
Rumus
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
(4)
(3)
(2)
(1)
faktor pendorong dan faktor penghambat kegiatan ekonomi
Mampu menuliskan dengan benar, tepat dan dapat menjelaskan faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi
Mampu menuliskan dengan benar dan akan tetapi kurang jelas dalam menjelaskan faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi
Terdapat kesalahan dalam menuliskan dan menjelaskan faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi dengan benar
Tidak mampu menuliskan dan menjelaskan faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi
Mempresentasikan hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari
Mampu membuat hasil laporan dan melaporkan dengan baik, lengkap, dan beserta gambarnya
Mampu membuat hasil laporan dan melaporkan dengan baik, tetapi tidak disertai gambar
Hanya mampu membuat hasil dan melaporkan hasil laporan tetapi kurang baik dan lengkap
Tidak mampu membuat hasil laporan dengan baik, lengkap, dan beserta gambarnya
Rumus
=...
4. Tabel Penilain Keseluruhan (Aktif, Kognitif, dan Psikomotor)
No
Nama
Siswa
Skor Penilaian
Jumlah
Afektif
Kognitif
Psikomotor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Rumus
=...
Mengetahui,
Kepala Sekolah, MIN TUNGKOP
......................................
NIP. ......................................
Darussalam, 02 Januari 2018
Guru Kelas IV
......................................
NIP. .......................
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : IV/ I
Materi : Kegiatan Ekonomi
Nama Kelompok :
Anggota : 1. 4.
2. 5.
3. 6.
Petunjuk :
a. Awali dengan membaca basmallah
b. Pahamilah materi dengan baik dan cermat
c. Diskusikan dengan anggota kelompok, untuk menyelasaikan masalah berikut
d. Selesaikanlah soal dibawah ini dengan tepat dan benar
Tujuan Pembelajaran :
Setelah membaca teks bacaan siswa mampu menjelaskan kegiatan ekonomi, menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi, dan hubungan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari. Dan setelah siswa berdiskusi kelompok, siswa mampu mempresentasikan atau melaporkan faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi.
SOAL
1. Apa pengertian kegiatan ekonomi ?
2. Sebutkan Jenis-jenis kegiatan ekonomi ?
3. Apa saja faktor-faktor pendorong dan penghambat kegiatan ekonomi ?
4. Bagaimana hubungan kegiatan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari ?
SELAMAT MENGERJAKAN
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar