SO'IM

Navigasi Web
Baju Kurung Basisit (hari ke-340)

Baju Kurung Basisit (hari ke-340)

Baju Kurung Basisit Adat Banjar

Pakaian adat Banjar untuk perempuan remaja dan dewasa yang paling populer adalah baju kurung basisit. Baju ini biasa dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam acara-acara penting.

Baju kurung basisit bagian depannya tidak berbelah. berlengan panjang hingga batas pergelangan tangan. Bagian lengannya semakin ke bawah semakin mengecil bentuknya. Leher baju berbentuk bundar dan di bagian belakangnya sedikit dibelah. Belahan ini berguna untuk memasukkan tali pengikat yang terdapat di bagian leher baju.

Disebut basisit karena ada tali pengikat yang terdapat di leher baju. Leher baju yang longgar, kemudian disisit agar pas di leher. Bahan kain baju kurung basisit biasanya dipilih yang agak tipis, karena itu didalamnya ada baju dalaman yang berwarna putih.Panjang baju kurung basisit sampai di lutut, dan sekeliling bagian bawahnya berhiasan benang emas. Seperti pada bagian leher, pada bagian ujung pergelangan tangan juga diberi tali pengikat yang disebut tali penyisit.

Bahan kain baju kurung basisit adalah kain sutra, satin, kain sasirangan, dan beberapa jenis kain yang berhias sutra. Warna baju kurung basisit yang paling disukai orang Banjar adalah warna-warna muda, yaitu: merah muda, ungu muda, hijau muda, kuning muda, biru muda, krem, dan putih.

Pada bagian kepala terdapat kakamban atau sarudung. Jenis galung untuk sarudung ini adalah galung malang babuntut, atau sanggul yang memiliki buntut dengan anyaman berbentuk angka delapan. Galung malang babuntut adalah sebagai pertanda bahwa pemakainya masih gadis.

Bawahan baju kurung basisit adalah tapih bakurung, tapih lasem, tapi pagatan, atau tapih air guci. Tapih yang paling digemari wanita Banjar adalah tapih bakurung batik buatan Pekalongan Jawa Tengah.

Teringat pujangga Arab berkata tentang mensyukuri kebahagiaan dalam hikmahnya:

الْحَيَاةُ مُسْتَمِرَّةٌ سَوَاءٌ كَانَ ضَحِكْتَ اَمْ بَكَيْتَ فَلاَ تُحَمِّلْ نَفْسَكَ هُمُوْمًا لَنْ تَسْتَفِيْدَ مِنْهَا وَابْتَسِمْ

Hidup ini akan terus berjalan, baik kamu tertawa ataupun menangis, maka jangan bebani dirimu dengan rasa galau yang tidak ada manfaatnya, dan tersenyumlah

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya mas senior... Banyak kemiripan dengan Baju Adat Melayu... Mungkin karena masih satu rumpun,, Lanjuuut.. Sukses selalu

21 Feb
Balas

Betul sekali banyak persamaan. Salam sukses Mas Burhani

22 Feb

Ulasan yang menarik dan bermanfaat pak...sehat dan sukses selalu

22 Feb
Balas

Terima kasih Bu Oria. Salam sukses

22 Feb

Inspiratif banget. Keren. Salam literasi dan sukses selalu buat Mas Soim.

21 Feb
Balas

Terima kasih Bu Sulastri. Salam sukses

22 Feb

Ulasan yang selalu informatif pak SOIM. Luar biasa

21 Feb
Balas

Terima kasih Pak Trianto. Salam sehat

22 Feb

Ulasannya kereen dan informatif pa So'im, sukses selalu

21 Feb
Balas

Terima kasih Bu Rahayu. Salam sukses

22 Feb

Amin...ulasan yg luar biasa bermanfaat. Informatif. Sht sllu p Soim

21 Feb
Balas

Terima kasih Bu Siska. Salam sehat

22 Feb

Keren ulasannya, sangat informatif. Sukses Pak Soim

21 Feb
Balas

Terima kasih Pak Rochadi. Salam sukses

22 Feb

Ulasan yang mantab dan informatif pak So'im semoga sukses selalu, salam sehat

21 Feb
Balas

Terima kasih Pak Supriyanto. Salam sukses

22 Feb

Baju Kurung Basisit Adat BanjarPakaian adat Banjar untuk perempuan remaja dan dewasa yang paling populer adalah baju kurung basisit. Baju ini biasa dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam acara-acara penting.Sangat informatif dan mencerahkan. sehat selalu saudaraku Pak Soim.

21 Feb
Balas

Terima kasih saudaraku Pak Hustanil. Salam sukses dan sehat selalu

22 Feb

mantap keren cadas... reportase keren menewen...salam literasi sehat sukses selalu ustaz So'im bersama keluarga tercinta

21 Feb
Balas

Terima kasih Pak Sugiharto. Salam sehat bersama keluarga tercinta

22 Feb

Ulasan yang keren, semoga selalu sehat dan sukses.

21 Feb
Balas

Terima kasih Bu Anita. Salam sukses

22 Feb

Tulisan yang sangat menarik dan informatif. Salam sehat dan sukses selalu Pak.

21 Feb
Balas

Terima kasih Bu Nanik. Salam sehat

22 Feb



search

New Post