Soleh kamaludin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Kegiatan 1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diterbitkan : 18 November 2021

Sumber : Pendidikan Guru Penggerak

Penulis : Soleh Kamaludin, S.Pd.

“ AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK ”

Oleh

Soleh Kamaludin,S.Pd

Calon Guru Penggerak

Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

A. Latar Belakang

Pendidikan Guru penggerak yang di gulirkan oleh kementrian Pendidikan, diharapkan melahirkan Guru Penggerak yang memiliki nilai dan berperan penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia yaitu Merdeka Belajar. Nilai-nilai yang diperlukan yang nantinya akan mendukung Bapak/ibu calon guru penggerak dalam melaksanakan peran-perannya, serta mewujudkan profil pelajar pancasila.

Peran guru Penggerak diantaranya:

1. Menjadi pemimpin pembelajaran

2. Menggerakkan komunitas praktisi

3. Mendorong kolaborasi antar guru

4. Menjadi coach bagi guru lain

5. Mewujudkan kepemimpinan murid

Nilai Guru Penggerak diantaranya:

1. Berpihak pada murid

2. Mandiri

3. Kolaboratif

4. Reflektif

5. Inovatif

Maka berdasarkan hal tersebut, Seorang guru haruslah memiliki peranan yang penting dalam membuat perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik, pendidikan yang aman dan nyaman sehingga bisa tercapai tujuan dari pendidikan yang diharapkan selama ini. Peran guru penggerak yang mendasari kemajuan pendidikn perlu untuk diterapkan secara konsisten secara terus menerus sehingga dari kegiatan itu menjadi sebuah kebiasaan yang membudaya yang senantiasa dilakukan.

Harapannya semua guru tergerak, bergerak dan bisa menggerakkan baik diri sendiri dan komunitas belajar untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang disampaikan oleh kementrian pendidikan yaitu merdeka belajar dan membentuk Profil Pelajar Pancasila.

B. Deskripsi Aksi Nyata

Adapun tujuan aksi nyata ini yaitu ingin mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak di sekolah , sehingga tercipta profil pelajar pancasila seperti yang diharapkan dan ingin berbagi praktik baik tentang peran dan nilai guru penggerak yang sudah saya lakukan dengan rekan sejawat.

Untuk mengimplementasikan peran guru penggerak yaitu

Memimpin pembelajaran hal yang saya lakukan yaitu merancang pembelajaran yang berpusat pada anak, menularkan berbagai pengalaman yang saya miliki kepada rekan guru, mampu memahami masalah dan kesulitan siswa dalam belajar dan membuat program remidial dan pengayaan untuk mencapai ketuntasan siswa Menggerakkan komunitas praktis; sudah lebih dari 4 tahun ini saya menjadi anggota MGMP matematika Tingkat SMA, disini saya berupaya bersama-sama komunitas saya untuk bergerak mengikuti perubahan yang positif. Menjadi coach bagi guru lain yang saya lakukan berbagi semua ilmu yang saya miliki kepada rekan sejawat sudah saya lakukan, ketika saya menjadi pemateri untuk penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, misalnya menggunakan Canva, classroom, dan Kahoot, saya dengan senang bisa memberikan bantuan kepada rekan sejawat saya yang membutuhkan bimbingan terkait penggunaan aplikasi untuk pembelajaran.

4. Mendorong kolaborasi antar guru, dan untuk keberhasilan sebuah program tidak bisa bekerja sendiri, ada banyak teman yang membantu berkolaborasi aktif derngan saya. kolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya, kepala sekolah, rekan sejawat, siswa, komite sekolah, dan masyarakat sekitar yang juga berpengaruh penting bagi kesuksesan program yang akan dilaksanakan, misalnya pada waktu kegiatan kemping kepramukaan, kegiatan hari besar keagaamaan, Kegiatan Vaksinasi dan kegiatan lainnya.

5. Mewujudkan kepemimpinan murid diantaranya melalui kegiatan LDKS. LDKS adalah salah satu cara untuk mewujudkan kepemimpinan pda murid. LDKS dilaksanakan di sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini terkait karena sekarang ada PPKM kegiatan LDKS di lakukan secara terbatas. Selain itu siswa diajarkan untuk mampu tampil didepan menyampaikan hasil pemikiran mereka dalam kelompok untuk disampaikan kepada rekannya.

Selain menerapkan peran, saya juga sangat memahami akan nilai guru penggerak diantaranya:

a) Mandiri, tidak bergantung pada orang lain dan mempunyai inisiatif sendiri untuk mengikuti kegiatan yang positif yang mendukung terhadap pekerjaan.

b) Reflektif, Selalu melakukan refleksi yang sudah saya lakukan, dari apapun pekerjaan yang saya lakukan, dan saya menerima kritik dan saran dari semua untuk kemajuan saya.

c) Kolaboratif, kita tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain, maka dari itu kolaborasi dengan semua pihak selalu saya lakukan dalam setiap kegiatan yang akan saya laksanakan.

d) Inovatif, Menerapkan berbagai metode dan media pembelajaran dalam mentransfer ilmu kepada siswa.

e) Berpihak pada murid, Murid adalah ujung tombak berhasil atau tidaknya pembelajaran saya, maka dari itu selalu menanyakan kebutuhannya, memberikan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan.

C. Hasil Dari Aksi Nyata

Hasil dari aksi nyata di modul 1.2 ini saya bisa mempraktikkan peran dan nilai guru penggerak dengan rekan sejawat dan MGMP di sekolah. Banyak kegiatan yang saya lakukan di sekolah diantaranya:

1. Membimbing siswa dalam mengikuti berbagai macam kegiatan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah yang bisa membentuk jiwa kepemimpinan bagi mereka.

Dokumentasi Kegiatan Bimbingan Pramuka disekolah

2. Tugas lainnya berhubung sebagai staf bidang sarana dan prasarana disekolah yang banyak sekali program yang harus terlaksana dan membutuhkan kolaborasi dari semua pihak yang ada di sekolah maupun pihak luar sekolah . Saya sendiri terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan apa yang sudah baik, dan secara konsisten mengadakan perubahan positif.

Dokumentasi Kegiatan stafsarana

D. Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan Aksi Nyata 1.2

Pembelajaran yang didapat berupa Pengalaman yang bisa saya ambil adalah pentingnya memperlakukan anak sesuai dengan kodrat mereka masing-masing agar anak mampu berkembang sesuai dengan apa yang mereka harapkan, menjadikan anak sebagai pemimpin, memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan selalu berkolaborasi dengan rekan sejawat, merefleksi diri mencari kekurangan untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Selain itu Guru haruslah mampu melakukan perubahan positif guna memberikan pelajaran baru yang menyenangkan. Dapat berkolaborasi dan memberikan yang terbaik buat siswa dan teman sejawat .

E. Rencana Perbaikan Di Masa Mendatang

Saya sebagai manusia biasa menyadari ada beberapa kekurangan dalam kegiatan aksi nyata di modul 1.2 ini, saya merefleksi diri saya untuk terus melangkah maju dan menerima perubahan positif. Senantiasa menerima saran masukan demi peningkatan di masa depan. Peran dan nilai guru penggerak ini akan terus saya terapkan secara konsisten untuk kemajuan pendidikan yang diharapkan yaitu merdeka belajar dan terwujudnya Profil pelajar Pancasila.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post