Soleh kamaludin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
3.3.a.10.  Aksi Nyata- Pengelolaan  Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.10. Aksi Nyata- Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.10. Aksi Nyata- Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Soleh kamaludin, S.Pd.

SMAN 1 Gununghalu CGP Kab. Bandung Barat

ANGKATAN 4 TAHUN 2022

Judul Program atau Kegiatan

Kolaborasi Antar MAPEL Melalui Pagelaran seni

Tujuan Program:

1. Menumbuhkan kepemimpinan murid

2. Melestarikan Bahasa Sunda lewat Karya Seni.

3. Sebagai Tugas PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang disepakati oleh pihak kurikulum SMAN 1 Gununghalu

4. Menanamkan pelaksanaan elemen Profil Pelajar Pancasial yaitu kreatif .

5. Melaksanakan pembelajaran kolaborasi antar mata pelajaran.

FACT ( PERISTIWA)

Deskripsi Singkat

— Nama Program : Kolaborasi Antar MAPEL Melalui Pagelaran seni

— Jenis Program : Ko Kurikuler

Karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini:

• Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

• Berkomitmen untuk menempatkan murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya sendiri.

Latar Belakang

Kami percaya pagelaran Seni ini dapat menumbuhkan keaktifan, kolaborasi, kemandirian, menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, selain itu juga kami ingin Murid dapat melestarikan Bahasa sunda

· Program Proyek Kolaborasi antar mapel ini merupakan salah satu contoh pembelajaran diferensiasi (modul 2.2) dan sangat berpihak kepada murid sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara (modul 1.1).

Di dalam kolaborasi pasti ada sikap kerja sama, tanggung jawab, mandiri dan inovatif yang merupakan budaya positif (modul 1.4). Dan pasti terdapat pengelolaan sumber daya (modul 3.2)

Pada Program Proyek kolaborasi antar mapel ini memuat suara murid yaitu SUARA Murid diberikan kebebasan untuk memberikan ide atau gagasan terkait pelaksanaan pagelaran.

Sedangkan pilihan murid dalam proyek kolaborasi ini adalah PILIHAN Murid diberikan kesempatan untuk memilih anggota kelompoknya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dan untuk kepemilikan murid pada proyek kolaborasi ini adalah KEPEMILIKAN Murid menampilkan karya seninya dalam sebuah pagelaran

Alasan melakukan kegiatan Aksi Nyata

Kami percaya pagelaran Seni ini dapat menumbuhkan keaktifan, kolaborasi, kemandirian, menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, selain itu juga kami ingin Murid dapat melestarikan Bahasa sunda.

Kegiatan ini diperuntukkan untuk anak kelas 10,11 IPA/ IPS. Program ini dilakukan pada saat Penilaian Akhir Tahun. Mitra yang berkolaborasi adalah wali murid sebagai pendukung fasilitas dan Guru Mapel. Program proyek kolaborasi antara mata pelajaran ini dilakukan karena terdapat asset manusia yaitu semua murid mempunyai ketrampilan dan kearifan lokal sesuai dengan budaya yang dimiliki diwilayah gununghalu Selain itu rekan Guru yang bisa diajak kolaborasi dengan melakukan analisis terkait Kompetensi Dasar yang dimiliki. pagelaran yang akan ditampilkan sehingga mereka harus berusaha untuk berlatih terlebih dahulu agar pagelaran yang dilaksanakan bisa maksimal dan akhirnya terbukti bisa berjalan secara maksimal. selanjutnya adalah pada saat pagelaran siswa datang tepat waktu sesuai jadwal tampil. Dan siswa yang terlambat, Solusinya Guru selalu mengingatkan lewat WA grup dan bekerja sama dengan wali kelas untuk bisa ikut mengingatkan anak walinya terkait jadwal pagelaran yang mereka akan lakukan. Karya Seni ditentukan oleh curah ide Murid, Murid membuat kelompok secara mandiri, Proses Pembuatan dan sesi latihan diatur oleh Siswa , Pagelaran digelar setelah murid mempersiapkan karya seni selama satu bulan, Pagelaran disaksikan oleh seluruh warga sekolah dan orang tua murid Setelah pagelaran Murid melakukan refleksi.

FEELING ( PERASAAN)

Perasaan saat merencanakan aksi nyata ini program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang karena program ini mengedepankan aspek kearifan lokal terkait pagelaran seni sesuai dengan budaya disekitarnya. Aspek dampak langsung pada diri siswa misalnya kepedulian aspek lain, tanggung jawab, kedispilinan,dan aspek lainnya yaitu kemampuan siswa untuk bisa menjadi pemimpin sesuai dengan potensi yang dimiliki. Perasaan saat program ini terlaksana perasaan bahagia dan juga optimis dengan pencapaian program dengan pencapaian program yang sudah berjalan, terlaksananya program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan terutama siswa yang sangat antusias terlibat dalam program ini.

FINDING ( PEMBELAJARAN)

Murid sebagai pemimpin pembelajaran harus diberikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, sehingga potensi kepemimpinannya bejalan dengan baik. Guru mendampingi murid agar pengambangan potensi kepemimpinan mereka sesuai dengan kodratnya. Murid diberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Dalam pembelajarannya kepemimpinan murid sebagai Agen yang memiliki Voice ( suara), pilihan (choice), dan kepemilikan (Ownership) dalam proses pembelajarannya.

FUTURE ( PENERAPAN)

Mengajak para stakeholder mulai dari kepala sekolah, para wakil kepala, rekan guru, Orang tua murid, komite sekolah terlibat langsung dalam pengelolaan program yang berpihak pada murid, Mengidentifikasi program sekolah yang berpihak pada murid dengan mengutamakan Voice ( suara), pilihan (choice), dan kepemilikan (Ownership) dalam proses pembelajaran mereka, Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program yang di jalankan dan Mengajak semua pihak yang terlibat untuk menciptakan kepemimpinan murid.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post