solikhin

Guru Ekonomi sekarang bertugas sebagai KS di SMA MUHAMMADIYAH 4 BANJARNEGATA...

Selengkapnya
Navigasi Web

KAMI SMA MUHAMKA

【Solikhin】

Principal SMAM Kalibening

Banjarnegara

https://www.instagram.com/p/Bo5O901BBMu/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=jpdwz5gkau4n

______________

Ada lima kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Pertama kompetensi kepribadian, kedua kompetensi sosial, ketiga kompetensi manajerial, keempat kompetensi supervisi dan kompetensi kewirausahaan. Ini menjadi paket booked dari amanat permendiknas.

Merencanakan program, merealisasikan program untuk mencapai tujuan bagian dari manajerial. Dalam pelaksanaan berjalannya sekolah, ada program kegiatan yang muncul diluar dari program. Ini sering terjadi dalam ranah proses.

Hari sabtu, 13 Oktober 2018 menjadi hari istimewa meski hari itu untuk hari ekstrakurikuler. Semua warga sekolah antusias mengikuti kegiatan pembuatan film pendek vidio clip *KAMI SMA MUHAMKA* . Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi saya maupun warga sekolah yang lain bagaimana proses pembuatan film.

Ada yang berkomentar salah satu warga sekolah, 'ternyata menjadi artis pekerjaannya sangat berat dan melelahkan'. Selama ini kita barangkali beranggapan menjadi artis itu pekerjaannya ringan dan menyenangkan. Ya, ketika di depan kamera, harus ceria, harus tersenyum harus semangat dan harus harus yang lain. Dibelakang kamera, pekerjaan sungguh sangat berat.

Saya jadi teringat istilah jawa _sawang sinawang_ . Orang yang miskin melihat orang yang kaya akan menyawang enak menjadi orang kaya. Orang tidak berjabat akan menyawang orang yang memiliki jabatan akan berkata, enak menjadi orang yang berjabat. Begitu juga para artis yang terlihat selalu menyenangkan, akan ditangkap oleh orang yang menyawang, enak menjadi artis.

Sawang sinawang jawa menjadi bahasa sangat berarti untuk memahami peran peran bermasyarakat yang bisa mengendalikan diri bagi orang orang yang bisa meresapi nilai nilainya.

Itulah _experience_ yang kami dapatkan dihari itu. Dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00. Lelah, tetapi pelajaran dan karya kita dapatkan. Semoga bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

___________

_Purbalingga, 14 Oktober 2018_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siip....pokoke

16 Oct
Balas

Mantaps dan sukses, barakallah

16 Oct
Balas



search

New Post