Sovy Damaiyanty

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan SAMR Dan Resiliensi Di Awal Tahun Ajaran Baru

Tantangan SAMR Dan Resiliensi Di Awal Tahun Ajaran Baru

Memasuki tahun ajaran baru pandemi covid-19 belum berakhir. Rencana pembelajaran tatap mukapun kembali tertunda.Guru dan siswa kembali bersiap dengan pembelajaran jarak jauh. Pada pembelajaran daring mau tidak mau membutuhkan ketrampilan guru dalam memanfaatkan teknologi sehingga pembelajaran menjadi bermakna, menyenangkan dan tidak membosankan. Sementara belum semua guru siap dengan perubahan tersebut. Tantangan guru untuk dapat melakukan pembelajaran jarah jauh yang bermakna dan menyenangkan kembali diuji. Beradaptasi dengan teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi bukanlah sesuatu yang mudah. untuk itu dibutuhkan resiliensi untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Guru harus memiliki kemampuan relisiensi yaitu kemampuan untuk bangkit ketika mengalami kegagalan, tangguh, dan tidak mudah putus asa untuk terus belajar untuk meningkatkan profesionalitas guru.

Di masa pamdemi, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, penggunaan teknologi menjadi sangat penting yang harus dikuasai oleh guru. Setiap guru memiliki kematangan yang berbeda dalam ketrampilan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Tingkat kematangan ini ada beberapa tingkatan yang dikenal dengan SAMR yaitu, Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, dan redefinisi.guru dituntut memiliki ketrampilan dan kematangan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran (SAMR). Guru patut mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana proses dan hasil belajar apakah sudah mencapai target atau belum. Dan selalu berupaya untuk terus memperbaiki kekurangan-kekurangannya.

Apa itu SAMR?

SAMR adalah tingkat kematangan guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. SAMR terdiri dari :

Substansi, yaitu tingkatan dimana guru hanya menguasai dan memanfaat teknologi untuk memberikan ceramah pada saat pembelajaran online

Augmentasi, Yaitu tingkatan dimana guru sudah menggunakan teknologi untuk melakukan tanya jawab dan siswa bebas memberikan pendapat.

Modivikasi, yaitu tingkatan dimana guru sudah menggunakan teknologi untuk siswa melakukan diskusi dengan menggunakan event online

Redefinisi, yaitu tingkatan dimana guru sudah menggunakan teknologi untuk berkolaborasi dengan pihak luar ataupun siswa menghasilkan produk.

Sampai dimana SAMR bapak ibu?

Tetap semangat untuk terus belajar meningkatkan kualitas diri, semangat untuk terus berupaya memberikan yang terbaik kepada siwa-siswa kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih kunjungannya pak Yasintus Ratu. Salam literasi, sehat dan sukses selalu.

19 Jul
Balas

Menarik dan informatif ulasannya ibu guru. Salam literasi

19 Jul
Balas

Terimakasih kunjungannya pak Yasintus Ratu. Salam literasi, sehat dan sukses selalu.

19 Jul



search

New Post