Suprapti Prapti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PENTINGNYA UMPAN BALIK DARI GURU UNTUK SISWA

#TANTANGAN GURUSIANA HARI KE 85

PENTINGNYA UMPAN BALIK DARI GURU UNTUK SISWA

Pelajaran matematika adalah satu satunya pelajaran yang paling tidak aku suka, semua teman temanku menyukai pelajaran matematika, karena mereka menganggap pelajaran ini sangat simpel, mudah, dan tidak bertele-tele. Pelajaran ini dianggap mudah karena tidak perlu menghafalkan seperti pelajaran-pelajaran lain yang ada unsur-unsur menghafalkan. Dan aku hanya bisa diam, tanpa memberikan komen karena aku merasa mungkin baru aku satu satunya orang yang tidak menyukai pelajaran matematika. Andaikan aku bisa menghindari pelajaran yang satu ini, tentu aku tidak harus menderita jika setiap kali harus berhadapan dengan pelajaran ini. aku berusaha sebisa mungkin menghindarinya. Ketidaksukaanku terhadap pelajaran yang satu ini ini tentu beralasan, Ketika aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar, aku mempunyai seorang guru matematika yang serem, Pak guru matematika itu, paling seneng memberikan tugas dan pekerjaan rumah kepada muridnya tanpa pernah dikoreksi ulang, biasanya beliau hanya memberi tugas kepada kami lalu langsung ditinggakan begitu saja, maklum guru jaman dulu, Pak guruku sambil bekerja menjadi pedagang sayur. Jadi lengkaplah sudah kebodohanku terhadap pelajaran matematika ini, untuk memahami materi saja aku tidak bisa, apalagi diberikan tugas untuk kami kerjakan. Belum lagi setiap mengajar, bawaannya marah-marah melulu, jadi bingung dech kami sebagai muridnya.

Trauma masa laluku tentang pelajaran matematika hingga saat masih sangat membekas, dan itu berlangsung hingga saat ini, aku nggak suka banget dengan yang namanya pelajaran matematika. Mungkin juga karena bukan bakatku kali ya, karena aku lebih senang kepada pelajaran yang bersifat menghafal, selain gurunya asyik karena senang berbagi cerita, enak kalau diajak sebagai teman curhat, juga karena ceritanya pasti yang seru-seru. Bukan cuma itu guru IPS ku ini, sangat perhatian kepada murid muridnya, setiap kali beliau memberikan ulangan dan ketika aku salah menjawabnya pasti diberi catatan umpan balik dimana letak kesalahanku, hal itulah yang membuat aku begitu cinta dengan pelajaran IPS karena guru yang perhatian dan nyaman untuk teman curhat.

Sekarang ketika aku menjadi guru seperti mereka,aku belajar banyak dari apa yang telah dilakukan oleh guru guruku pada masa kecilku, bahwa seorang guru adalah orang yang sangat dipercaya oleh murid, kehadiran guru sangat didambakan oleh murid muridnya, apalagi guru yang baik, yang penuh perhatian, yang selalu mengingatkan murid dengan kasih sayang, yang selalu membimbing dan memberi umpan balik jika murid melakukan kesalahan, baik kesalahan yang berkaitan dengan bidang akademik maupun kesalahan non akademik. Jadi kesimpulannya, bahwa sangatlah penting bagi seorang guru memberikan catatan kecil sebagai bentuk penghargaan atas jerih payah yang telah dilakukan oleh murid, apalagi jika guru tersebut mau memberikan reward berupa kata kata motivasi atau penyemangat yang tentunya sangat dirindukan oleh mereka, janganlah selalu menyalahkan murid, memarahi secara terus menerus, karena mereka juga manusia yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Sama seperti kita, so tunggu apalagi ? berikan umpan balik dengan kata kata yang memberikan semangat dan menyejukkan hati mereka. Selamat memberikan umpan balik untuk murid murid kita, dijamin mereka semua akan jatuh cinta kepada kita karena satu kata kunci “ rengkuh hatinya maka otaknya akan luluh” Salam merdeka belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post