PIRING PECAH UNTUK MEMUDAHKAN MATERI PECAHAN DI KELAS 3
#TANTANGAN GURUSIANA HARI KE 30
SERI SEKOLAH LITERASI
PIRING PECAH UNTUK MEMUDAHKAN MATERI PECAHAN DI KELAS 3
Menyampaikan pembelajaran matematika materi pecahan kepada siswa adalah hal yang tidak mudah. Untuk itulah harus di sampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Seperti yang dilakukan di sekolah saya. Guru kelas 3 di sekolah saya mengajak siswa untuk mengenal dan membandingkan pecahan dengan piring dari plastik yang biasanya di pakai sebagai alas makanan
Kelas di bagi menjadi 4 kelompok masing masing kelompok berisi 5 orang, Bu Guru kelas 3 memberikan saran agar anak anak membawa piring plastik dan alat pewarna. Siswa siswi kelas 3 banyak yang kepo, karena tugasnya membawa piring plastik mereka penasaran dengan tugas yang mereka terima.
“ Bu kita mau ngapain sih? Kok harus bawa piring plastik? Kita mau makan makan ya?
Tanya Devan sambil membolak balikkan piring plastik tanpa tahu maksud Bu Guru.
“ Penasaran kan?” kata Bu Guru tersenyum penuh rahasia
“ Ayoo Bu, kita mau ngapain bu” seru yang lain saling bersahutan
“ oke, anak anak sekarang keluarkan piring plastik kalian, Lem, Gunting dan Alat pewarna, kita akan memulai membuat piring pecah”
“ Ha? Piring pecah? Emangnya piringnya mau di pecah ya Bu?’ masih saja ada yang nyeletuk heran dengan materi pelajaran kali ini.
“ Kalau semua sudah siap di tata dulu di atas meja kalian , sekarang lihat Ibu mau menggunting piring plastik ini 1/1,1/2/1/3,1/4,1/5,1/6 bagian, masing masing bagian silahkan di potong dan di beri warna sesuai kesukaan kalian, lakukan, Ibu beri waktu 15 menit, mulai”
Masing- masing kelompok dengan cekatan menggunting bagian bagian yang sudah di tugaskan oleh Ibu Guru dan memberinya warna, memang masih ada beberapa anak yang bingung harus mulai dari mana, tetapi melihat dan mendapat instruksi dari temanya akhirnya lambat laun dia mengikuti arahan dari temannya yang lebih mengerti.
Tugas kedua adalah membandingkan bagian bagian potongan piring plastik tersebut,bagian mana yang lebih besar atau lebih kecil atau sama dengan yang lainnya. Apakah 1/2 bagian lebih kecil ,lebih besar atau sama dengan 1/3 bagian dan seterusnya.
Terakhir mereka menuliskan hasil kerja kelompok yang sudah di kerjakan selanjutnya masing masing kelompok melakukan presentasi ke depan kelas.
Mereka sangat senang dan bergembira dengan aktivitas belajar yang baru saja mereka lakukan
“ Bu Guru, ternyata belajar pecahan itu asyik ya, tidak sulit” kata beberapa anak setelah melakukan presentasi
Dan hasil refleksinya hari ini mereka sepakat ingin belajar matematika dengan yang seru dan menantang.wow… Tinggal bagaimana guru mengkondisikaan keinginan mereka agar pembelajaran semakin menyenangkan.
#salamliterasi
#merdekabelajar
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar