RUANG LINGKUP MANAJEMEN KEPEMIMPINAN
Bismillahirohmanirohim....
Mengakhiri senja yang indah ini kita akan lanjutkan sharing lanjutan tentang mengelola sekolah berbasis PPK .
Dalam hal ini kita akan berbicara tentang ruang lingkup manajemen kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari empat macam yaitu:
1.Refleksi : Assesmen , evaluasi,implementasi, analisis masalah,dan pemecahan manajemen dan kepemimpinan sekolah untuk implementasi PPK disatuan pendidikan saat ini
2.Manajemen Perubahan.
Kepala sekolah bersama tim , melakukan analisis berbagai macam permasalahan di sekolah seperti masih banyaknya masalah bulliying, malas belajar, kurang disiplin, kurang percaya diri, tidak jujur, suka berbohong, maupun permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan seperti permasalahan sampah plastik yang masih banyak sekali terdapat disekolah.
Dari sini kita dapat memulai menyusun program sekolah yang berbasis PPK dengan dasar berbagai permasalahan yang terjadi di sekolah.
Dengan tersusunya program yang berbasis PPK ini, diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan strategi perubahan sekolah ke depan untuk implementasi PPK yang efektif.
Program PPK ini dapat diintegrasikan dengan program- program sekolah yang berbasis lingkungan ( Adiwiyata) maupun program sekolah ramah anak.
Dari keseluruhan program yang sudah terbentuk, selanjutnya Tim PPK dapat melakukan evaluasi terhadap program sekolah untuk mengetahui apakah program ini sudah tercapai dengan baik atau belum.
Keterlaksanaan program PPK yang baik di sekolah, juga tergantung dengan model kepemimpinan dari kepala sekolah. Model kepemimpinan partisipasif dan demokratis yang mengarah pada pembentukan budaya karakter yang dapat menggerakkan PPK bisa di pergunakan sebagai salah satu alternatif mengembangkan budaya PPK di sekolah.
3.Budaya Sekolah
Untuk mewujudkan budaya sekolah yang berbasis PPK, langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan menganalisis kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, dengan membuat program kegiatan ekstrakurikuler, menyusun indikator keberhasilan dan menuliskan hambatan untuk dicarikan tindak lanjutnya, serta pengembangan berbagai pembiasaan yang dilakukan disekolah, usahakan semua kegiatan tetap fokus pada prioritas nilai utama PPK.
Atau dapat melakukan analisis dan pengembangan strategi budaya sekolah untuk implementasi PPK yang efektif
Lakukan evaluasi peraturan dan tata tertib sekolah yang melibatkan pemangku kepentingan sebagai bagian dari perbaikan secara terus menerus.
4. Kepemimpinan Pembelajaran.
Usahakan kepala sekolah selalu melaksanakan supervisi akademik dan pengembangan PPK berbasis kelas.
Dari kegiatan supervisi akademik kepala sekolah akan mengetahui secara langsung berbagai permasalahan yang berada di dalam kelas. Hal ini akan membantu kepala sekolah dalam melaksanakan program PPK.
Selain melakukan supervisi akademik , kepala sekolah hendaknya melakukan analisis kekuatan potensi PPK melalui pengembangan sumberdaya pendidik ( dengan mengamati metode pengajaran yang telah dilaksanakan di kelas, manajemen kelas, dan pembelajaran tematik yang terintegrasi dalam mata pelajaran).
Demikian sharing senja dari Kota Batu mudah mudahan sedikit bermanfaat. Salam PPK...
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar