Suprapti Prapti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SEJARAH SELFIE

#TANTANGAN GURUSIANA HARI KE 81

SEJARAH SELFIE

Saya tersenyum senyum sendiri melihat dua orang sejoli duduk menunggu di tempat live and life pizza hut bersama saya. Kebetulan si bungsu pesàn pizza, dengan terpaksa saya ikut antrian menunggu pizza tersedia. Duduk diseberang saya sepasang sejoli yang asyik berfoto ria, tersenyum , mecucu, menjulurkan lidah dan lain lain pose selfinya .Jadi ingat tulisan saya tentang penyakit social climber beberapa waktu yang lalu.

Selfi atau swa foto menjadi trand di semua kalangan bahkan diseluruh dunia. Di bagian dunia manapun selfi menjadi sebuah kebutuhan.

Selfi adalah jenis foto potret diri yang diambil oleh diri sendiri dengan menggunakan kamera baik kamera digital atau kamera telephon. Selfie disebut sebagai memfoto sendiri secara narsis atau swa foto. Istilah koreanya self camera. Istilah selfie muncul pertama kali pada tanggal 13 sep 2002 dalam forum internet australia ( ABC on line)

Karena kepopulerannya selfie ini tercantum dalam oxford english dictionary versi daring 2013 dan menobatkan kata selfie sebagai word of the year 2013.

Pada saat melakukan foto selfie pose yang paling banyak digunakan seperti dua sejoli tadi. Paling hanya sebatas senyum senyum. Selfie paling jelek ya hanya menjulurkan lidah. Kebanyakan yang kasual-kasual saja. Jarak yang terbatas menyebabkan kadang fotografer jadi kelihatan lebih tembem pipinya atau kebesaran hidungnya. Paling apes jerawat dan flek hitam jadi ikut nongol di kamera alhasil selfie jadi jelek atau kurang memuaskan. Selfie menjadi tren tersendiri bagi pengguna smartphone.Tak perduli tua ataupun muda malah yang lagi demam selfie adalah emak emak yang seusiaku yang sudah menjelang tua Semua berselfie ria. Selfie bukan punya kalangan kelas atas seperti pejabat dan artis,tetapi sudah membumi disemua kalangan.

Selfie berasal dari bahasa inggris dan bahasa gaul bahasa bakunya self photograph.dari dua kata inilah terbentuk kata selfie. Di Korsel lebih terkenal dengan selca self camera

Di Indonesia sendiri dikutip dari republika.co.id berasal dari kata swaphoto bukan kata dasar tetapi kata turunan yang terdiri dari dua bentuk yaitu swa artinya mandiri berasal dari bahasa sansekerta dan photo diserap dari bahasa Inggris.

Selfie bukan fenomena baru karena dalam setiap kesempatan selagi smartphone ada ditangan maka selfie akan muncul untuk menghiasi akun medsos pribadi.

Ada beberapa macam selfie yang lagi gaul dan perlu kita ketahui. Paling tidak ketika berselfi ria kita tidak salah menyebutnya.

Macam macam selfie:

1. Belfie selfie pantat sendiri (self portrait featuringthe buttocks of the person) Apa ada orang yang suka selfie pantatnya? Kalau ada nich termasuk golongan belfie.

2. Felfie (selfie dengan keluarga family self portrait) ini biasanya yang sering saya lakukan. Bahkan disetiap kesempatan saya mengajak keluarga saya untuk berselfie ria. Sering sisulung protes menolak ketika saya ajak felfie malu kali ya, kelihatan udiknya.

3. Selfie sebagai kutu buku bersama tumpukan buku (showcasing literature portraitof your bookshelf) menunjukkan kalau termasuk golongan orang yang suka membaca. Nich bisa dicontoh termasuk orang yang sudah mempraktekkan budaya literasi.

4. Petfie selfie (taken with your a pet) berselfie bersama hewan peliharaan, biasanya yang ditunjukkan dalam Petfie adalah hewan peliharaan yang serem biar kelihatan keren. Misalnya ular, dan jenis reptil lainnya, buaya, harimau bahkan ikan paus pun diajak berpetfie. Jarang sekali yang ber petfie dengan ayam, kambing atau itik, emang sih kalau petfienya dengan ayam dikira bakul ayam jadi kurang keren, kalau petfienya dengan kambing dirain pengembala kambing kalau fotonya dengan itik juga dikira pengembala itik.Katanya kurang keren karena yang di foto hewannya kurang mbois.

5. Selfie sok jelek suglie (self potraitin which youre purposely trying to look as ugly as possible) suglie berselfi sok jelek lagi popular, biasanya yang bersuglie adalah gadis remaja yang masih imut dan cantik. Dan menurut banyak penelitian hanya 1 % emak emak yang seusia saya yang bersuglie ya karena memang sudah jelek

6. Welfie narsis pas olahraga (self portrait taken while working out) ini banyak dilakukan oleh para sosialita dan social climber yang bodynya bohay mereka sebagian besar memamerkan bentuk tubuhnya yang memang aduhai.

7. Selfie pas mabok (drunk plus selfie)

Apa masih mungkin orang yang mabuk karena alkohol masih sempat berdrunkfie mudah mudahan nggak pas diselokan selfienya

8. Selfie pamer kekayaan .alamak

( wealthy selfie) kalau yang ini adalah penyakit kejiwaan para social climber atau para psikopat. Contoh salah satu orang yang mengaku sebagai ustad atau GUS yang berselfie tiduran diatas tumpukan uang. Tidak hanya ustad ini banyak sekali orang disrkitar kita yang melakukan hal itu yang ber wealthy selfie bersama mobil baru atau motor model baru atau bahkan foto bersama kuda ( petfie)

9. Foto bareng teman rame rame secara candid (Groupfie ) kalau ini saya banget.Paling seneng kalau bergroupfie rame rame kelihatan serunya. Bravoo men!!!

10 Selfie model rambut (helfie ) yang berhelfie adalah para artis terutama bintang iklan shampo atau minyak rambut. Kalau rambut sudah mulai dua warna mana mungkin akan diajak berhelfie.

11. USSIE si pengambil foto juga ikutan selfie. Ada lagi istilahnya dengan Ussie dimana biasanya si photografer ikutan berfoto menggunakan tongkat panjang yang disebut tongsis.

12.candid foto orang lain bisa jadi orang itu nggak pingin difoto (youfie). Bahaya kalau yang mau diajak photo nggak mau photo, jadi nggak ihlas dong.

Selamat berselfie semoga sukses merintis karir sebagai Photo model.Sukron.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post