Suprapti Prapti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS SEDERHANA CARA MENGEDIT ARTIKEL HASIL PENELITIAN

TIPS SEDERHANA CARA MENGEDIT ARTIKEL HASIL PENELITIAN

#TANTANGAN GURUSIANA HARI KE 12

TIPS SEDERHANA CARA MENGEDIT ARTIKEL HASIL PENELITIAN

ARTIKEL HASIL PENELITIAN TERDIRI DARI:

1. Substansi Isi

2. Teknik Penulisan

3. Bahasa

SUBSTANSI ISI

Jenis Penelitian ada 4 macam yaitu:

1. Kuantitatif

2. Penelitian Kualitatif

3. Penelitian Pengembangan

4. Penelitian Tindakan

PENELITIAN KUANTITATIF TERDIRI DARI:

Metode Penelitian Terdiri Dari:

a. Rancangan Penelitian

b. Populasi dan Sampel Penelitian

c. Teknik Pengumpulan Data

d. Pengembangan Instrument

e. Teknik Analisis Data

Hasil Penelitian:

Diskriptif hasil pengelolaan data statistik

Ø Diskriptif

Ø inferensial

Pembahasan

Kesimpulan Dan Saran

PENELITIAN KUALITATIF TERDIRI DARI :

Metode Penelitian

a. Rancangan Penelitian

b. Lokasi Penelitian

c. Kehadiran Peneliti

d. Sumber data Prosedur Penelitian

e. Teknik Analisis Data

f. Pengecekan Keabsahan Data

Hasil Penelitian

Deskripsi Hasil analisa Data Kualitatif

Pembahasan

Kesimpulan Dan Saran

PENELITIAN KUALITATIF

Penelitian Tindakan Terdiri Dari

Metode Penelitian

a. Lokasi Dan Waktu

b. Subjek Penelitian

c. Prosedur Penelitian

d..Teknik Analisa Data

e.Teknik Pengecekan Keabsahan Data

Hasil Penelitian

Diskripsi Hasil Analisis Data Kualitatif

Pembahasan

Kesimpulan Dan Saran

PENELITIAN TINDAKAN

Metode Penelitian

a. Lokasi Dan Waktu

b. Subjek Penelitian

c. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian

1. Rancangan Penelitian

2 Langkah-langkah Penelitian

siklus 1 (pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi )

d. Iinstrumen Penelitian

e. Teknik Analisa Data

Hasil penelitian deskripsi hasil penelitian tiap siklus

Pembahasan

Kesimpulan Dan Saran

PENELITIAN PENGEMBANGAN

Metode Penelitian

a. Model Penelitian Dan Pengembangan

b.. Prosedur Penelitian Dan Pengembangan

c. Uji Coba Produk

1. Desain Uji Coba

2. Subjek Uji Coba

3. Instrumen Pengumpulan Data

4 Teknik Analisa Data

Hasil Penelitian

Ø DeskripsI Hasil Penelitian Pengembangan

Pembahasan

Kesimpulan Dan Saran

PENULISAN BAHASA

Menggunakan Bahasa objektif

1. Contoh kurang tepat

Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru.

2. Contoh tepat

Berdasarkan uraian di atas. dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki

pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru

MENGGUNAKAN FORMAT ISI ATAU BUKAN ENUMERATIF

Contoh kurang tepat

kepemimpinan transformasional memiliki ciri-ciri berikut :

1. Menunjukkan Kharisma

2. Memberikan motivasi kepada anggota

3. Mendorong kreativitas anggota

4. Memberikan perhatian kepada anggota secara individual

Contoh tepat

Kepemimpinan transformasional menunjukkan, Karisma, memberikan motivasi, mendorong kreativitas, dan perhatian kepada anggota secara Individual.

MENGGUNAKAN KATA FORMAL KATA FORMAL ATAU BAKU

Tetapi

Membuat

Berkata

Memberi

Hanya

Persen

Tradisional

Formal

Rasional

Informal /Tidak Baku

Tapi

Bikin

Bilang

Kasih

Cuman

Prosen

Tradisionil

Formil

Rasionel

MENYUSUN PARAGRAF YANG BAIK

1. Merupakan kesatuan

2. Sistematis

3. Lengkap

MENGGUNAKAN KALIMAT YANG BENAR

Contoh yang kurang tepat

1. Menurut Niko (2007) mengemukakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa

Contoh yang lebih tepat

1. Menurut Niko (2007), evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa

2. Nitko (2007) menyatakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa menggunakan kalimat yang efektif

Contoh yang kurang tepat

Umar (1996) dalam bukunya pengujian pendidikan mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa.

Contoh yang lebih tepat

Umar (1996) mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa.

MENGGUNAKAN EJAAN YANG TEPAT

1. Setiap kata ditulis terpisah dengan kata lainnya, kecuali kata yang tidak dapat berdiri sendiri. Contoh meja, kursi, pascasarjana dan lain-lain

2. Jarak antar kota dalam paparan satu ketukan

3. Setiap huruf ditulis rapat P E L A T I H A N ………..PELATIHAN

4. Gabungan kata yang memiliki makna khusus diberi tanda

Contoh: proses belajar -mengajar, buku sejarah- baru

5. Kata jadian berimbuhan gabung depan dan belakang ditulis serangkai

Contoh dinon aktifkan, menomorduakan

6. Setelah tanda tanya, tanda seru, titik, titik(.:) ada jarak 1 ketukan

7. Tanda tanya, tanda seru, titik, titik ( : ) ditulis rapat dengan kata yang mendahului Apa hasilnya?

8. Tanda petik ganda (“ ") atau petik tunggal (“) ditulis rapat dengan yang diapit pegawainya masih “dirumahkan”

9. Tanda perhitungan di tulis dengan jarak 1 ketukan

10. Nama-nama bangsa, suku, Bahasa, tahun, bulan, hari -hari raya, peristiwa sejarah tempat ditulis dengan huruf kapital :

hari Minggu. hari Pahlawan, bangsa Indonesia, Afrika Selatan

11. Kata asing yang menggunakan huruf miring leadership, supervision dan lain-lain 12. Kata hubung antar kalimat menggunakan koma (,) Oleh sebab itu, dengan

demikian, oleh karena itu,

13. Koma diipakai untuk memisahkan kalimat setara yang didahului dengan tetapi sedangkan, namun, yaitu, dan lain-lain. Contoh Kegiatan ini sederhana tetapi besar manfaatnya .

14. -depan dipisah awalan disambung di samping itu di sisi lain di depan dan lain-lain dipukul didengar dilihat di tulis dan lain-lain

15. Tidak menggunakan titik :

cm

Kg

S.Pd

16. Menggunakan koma : Jenis pendidikan meliputi pendidikan formal, informal, dan nonformal

17. Tidak menggunakan koma : Pengelolaan dilakukan per butir agar mudah ditemukan hasilnya

18. Tidak memakai: proses kegiatan ini dilakukan melalui tahap perencanaan

pelaksanaan dan pengawasan

19. Ditulis rapat Menurut Wiyono (2008: 12) teknik pengumpulan data dibagi dua

yaitu tes dan nontes

20. Kata yang ditulis serangkai mutiarah, kontraproduksi ,ekstrak sekolah, kokurikuler

intrakurikuler, menumbuhkembangkan, dikembangbiakkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post