Sri Ambarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Resensi Buku LIBRARY LIFE STYLE (Trend dan Ide Kepustakawanan) Tantangan Menulis 12

Resensi Buku LIBRARY LIFE STYLE (Trend dan Ide Kepustakawanan) Tantangan Menulis 12

Identitas Buku

● Judul Buku : Library Life Style (Trend dan Ide Kepustakawanan)

●Pengarang : Wiji Suwarno

●Penerbit : Lembaga Ladang Kata bekerjasama Pustaka Non Publising

●Tahun Terbit: 2016 Cetakan 1

●Tebal buku : xiv + 174 hlm ;14,5 cm x 21 cm

Pendahuluan

Perpustakaan dalam sejarah hingga saat ini merupakan tempat penyimpanan hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk buku. Semua itu baik cetak maupun non cetak yang penyimpanannya menggunakan berbagai kaidah yang sudah terorginisir.

Sinopsis

Perkembangan jaman ini menuntut perpustakaan untuk selalu beradaptasi dengan berbagai macam sarana prasarana demi kemajuan transformasi ilmu pengetahuan maupun informasi. Hal ini menjadikan perpustakaan harus dapat menyeimbangkan baik dari segi budaya maupun etika. Berbagai macam kegiatan yang menjadikan perpustakaan untuk meningkatkan berbagai segi, baik soft skill suberdaya maupun teknologi yang digunakan. Buku ini juga memaparkan kebijakan dalam penanggulangan plagiarisme dalam menggugah karya ilmiah, disisi lain juga memaparkan pergeseran minat baca yang dijabarkan pada quantum reading. Selain itu ide-ide yang muncul dijabarkan pada the blended librarianship, dimana kesinambungan antara perpustakaan, lembaga pendidikan dan informasi.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana hakekat perpustakaan di era perkembangan jaman. Selain itu banyak keuntungan yang dapat diambil dari kerjasama perpustakaan. Hal lain yang dikupas dalam buku tentang open acces baik penerapan maupun permasalahan di perpustakaan digital maupun konvensional.

Keunggulan

Memuat ide-ide yang dapat dilakukan oleh putakawan atau pegiat literasi, bahasa yang digunakan lebih natural.

Kekurangan

Cenderung ke perpustakaan digital, sehingga bagi perpustakaan konvesional akan sulit beradaptasi.

Penutup

Buku ini sangat membantu untuk mengubah pola pikir pembaca, dalam menghadapi perkembangan jaman di era milenial. Akan lebih baik juga ebooknya dapat dimiliki semua perpustakaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus bu. Saya jadi bisa belajar menilai buku. Salam.

01 May
Balas

Terima kasih idenya

01 May
Balas



search

New Post