Sri Dewi Rokhimah

Bertugas di SMP N 1 Kuta Selatan. Badung. Bali Belajar, belajar dan terus belajar membaca, membaca dan terus membaca lalu tuangkan dalam karya tulis maka men...

Selengkapnya
Navigasi Web
Di Masa Pandemi, Tingkatkan Imun dengan Herbal

Di Masa Pandemi, Tingkatkan Imun dengan Herbal

Di Masa Pandemi, Tingkatkan Imun dengan Herbal

Oleh: DewiRo

Di masa-masa sulit seperti ini, kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar badan tetap fit, sehat dan bisa mempruduksi immune tubuh dengan baik, sehingga segala penyakit, baik akibat dari virus, bakteri dan penyebab lainnya bisa di atasi. Khusunya saat ini, terhadap penyebaran pandemic dari virus Corona Covid 19.

Untuk itu segala daya dan upaya, akan kita lakukan baik pengobatan dari segi medis, yaitu dengan obat-obatan kimia, juga secara alternative. Seperti mengkunsumsi buah dan tanaman yang sudah disediakan di dunia ini, oleh Allas SWT.

Segala penyakit pasti ada obat atau penawarnya. Hanya masalah waktu bagi manusia untuk menemukannya. Sebab selain menciptakan penyakit, Allah SWT telah menjamin tersedianya obat dan penawar bagi penyakit yang ada.

Dan jika sakit menimpa, kita diperintahkan untuk berobat atau berusaha menyembuhkannya menggunakan obat-obatan yang baik, suci, dan halal.

Dalam sebuah riwayat Hadist disebutkan, Sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, apakah kami (harus) berobat (ketika sakit)? Beliau menjawab, "Ya, berobatlah. Karena sesungguhnya Alah tidak membuat suatu penyakit melainkan Dia sediakan obatnya. Selain sebuah penyakit, yaitu ketuaan” (HR Ahmad).

Dalam Hadis lain disebutkan, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menciptakanb bagi setiap penyakit obatnya. Untuk itu berobatlah, dan berobat jangan Adengan yang haram" (HR Abu Daud).

Dari pernyataan hadis di atas, supaya lebih aman maka obat-obatan dari buah dan tumbuhan aman dan tidak beresiko.

Sebetulnya banyak sekali obat-obatan dari buah dan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Namun kali ini saya akan membahas tentang khasiat lima tanaman obat.

Buah dan tanaman diciptakan Allah dengan berbagai khasiat dan mantafaat bagi manusia.

Berikut adalah 5 tanaman yang memiliki khasiat khusus untuk penyembuhan diri dan kesehatan kita.

Dalam pengobatan alami, ada beberapa jenis tanaman yang memiliki khasiat khusus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain zaitun, jahe, kurma, madu, dan habatussauda'.

Zaitun atau dalam bahasa Latin disebut Olea Europea adalah buah dengan berbagai manfaat. Usianya mencapai ribuan tahun.

Ibnu Qayim al-Jawzi bahkan terinspirasi oleh buah ini sehingga menuliskannya dalam kitab berjudul Zaadul Ma'ad. Selain lezat disantap, buah zaitun juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minyak, guna mencegah lemah tulang dan menghindari kepikunan di masa tua, menurunkan kolesterol, memperkuat gusi dan memperlancar pencernaan.

Minyak zaitun juga bisa mencegah penyakit kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

Daunnya pun berkhasiat mengatasi demam, kesemutan, keringat berlebihan, koreng keringat dan koreng basah.

Rasulullah menjadikan zaitun sebagai menu sore yang dimakan bersama roti dan menu lainnya. Beliau bersabda: "Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagal minyak rambut karena ia berasal dari pohon yang penuh berkah' (HR AbuHurairah).

Tanaman lain yang berkhasiat sebagai obat adalah jahe ataudisebut dalam bahasa Latin Zingiber Officinale. Orang Indonesia biasanya memakai jahe sebagai bumbu masakan, minuman dan obat beberapa penyakit.

Menurut para ahli, jahe dapat menyembuhkan batuk kering, gatal-gatal, luka lecet dan bakar, luka tikam, gigitan ular atau serangga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam al-Qur'an, surah al-Insan ayat 17, jahe disebut dengan istilah "Zanjabil" yaitu minuman khusus untuk para penghuni surga dari sebuah mata air bernama salsabil. Abu Nu'aim meriwayatkan, Rasulullah pernah mendapat hadiah dari Raja Romawi berupa satu karung jahe dan diberikan kepada para sahabat.

Lain halnya dengan kurma atau biasa disebut Phoenir Dactilifera. Buah ini sangat berkhasiat untuk menguatkan fungsi hati, menambah stamina serta dapat membasmi cacing dalam tubuh.

Dalam kitab Ath Thibb An Nabawi wal Ilmil Hadis karya Muhammad an-Nasimi dijelaskan, kurma matang banyak mengandung unsur kalsium dan besi sehingga ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsinya.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan: "Barang siapa yang mengonsumsi tujuh butir kurma di pagi hari, pada hari itu ia tidak akan terganggu oleh racun dan sihir."

Hal ini pernah dibuktikan Rasulullah sendiri ketika memakan makanan yang ditaburi racun oleh seorang wanita Yahudi, tapi beliau tidak keracunan.

Tumbuhan lain yang memiliki khasiat obat adalah Habatussaudah (Nigela Sativa). Tumbuhan yang juga dikenal sebagai jinten atau biji hitam ini banyak tumbuh di Laut Tengah dan kawasan gurun.

Hasil penelitian ilmuwan Badr El Din dan Mahfouz menjelaskan, Habatussauda memiliki khasiat dapat menyembuhkan asma bronchitis.

Selain itu, dapat membantu mengeluarkan gas dari tubuh, menyembuhkan demam yang disertai batuk berdahak menghilangkan sesak napas, mencegah ketombe dan kerontokan rambut, serta dapat mengobati penyakit kusta.

Jika dicampur dengan madu, Habatussauda berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal, memperlancar air seni dan ASI.

Jika dipanaskan dengan air cuka dan dioleskan ke perut, bisa menghilangkan berbagai macam bakteri dalam tubuh. Jika ditumbuk, dibungkus dan dihirup, Habatussauda dapat menyembuhkan batuk dan pilek.

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda: "Hendaklah kalian mengonsumsi jinten hitam, karena ia mengandung obat untuk segala jenis penyakit kecuali as Saam (kematian).” (HR Bukhari Muslim)

Inilah urain singkat dari berbagai sumber, tentang khasiat dari lima tanaman herbal, ciptaan Allah SWT, diantara ribuan tanaman berkhasiat lainya. Walau tanaman seperti Zaitun, Habatussauda, kurma adalah tanaman ciri khas Timur Tengah, namun di Indonesia sangat mudah didapatkan

Semoga bermanfaat.

Salam Literasi

22-246

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmu dan pencerahannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

17 Sep
Balas

Maksih bapak smg bermanfaat

17 Sep

Allah Maha Pengasih Penyayang dan tejsh mrmberjan beribu-ribu jenis tanaman utk kita ambil manfaatnya, keren salam Literasi skss ya Say lanjut

17 Sep
Balas

mksh bunda,,, iya smg bermanfaat

17 Sep

Terima kasih ilmu dan pencerahannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

18 Sep
Balas

Sangat informatif bude, alhamdulillah dpt ilmu lagi

17 Sep
Balas

MaKasih sayang dan bermanfaat

18 Sep

Informatif dan bermanfaat Bude. Semangat berliterasi semoga sukses selalu. Amin.

17 Sep
Balas

Makasih mudah-mudahan bermanfaat Dinda

18 Sep

Terimakasih sajian yang penuh manfaat bunda.. Barokallah, semoga sehat. Selalu.salam literasi

17 Sep
Balas

Terima kasih bunda semoga sehat selalu juga untuk bunda

18 Sep

Terimakasih ilmunya bunda, sukses selalu bun

18 Sep
Balas



search

New Post