Sri Dewi Rokhimah

Bertugas di SMP N 1 Kuta Selatan. Badung. Bali Belajar, belajar dan terus belajar membaca, membaca dan terus membaca lalu tuangkan dalam karya tulis maka men...

Selengkapnya
Navigasi Web
GOLONGAN DARAH B DAN POLA MAKAN

GOLONGAN DARAH B DAN POLA MAKAN

GOLONGAN DARAH B DAN POLA MAKAN

Oleh: DewiRo

 

Golongan darah B berkarakter, kehidupannya yang berpindah-pindah atau nomaden, mencetuskan perpaduan antara keseimbangan hidup dan fleksibilitas tinggi, karena daya kreativitas yang sempurna.

Orang-orang yang bergolongan darah B, dapat beradaptasi dengan baik bila mengkonsumsi makanan berjenis daging. Apabila daya tahan tubuh menurun mereka disarankan mengkonsumsi daging merah, seperti daging kambing, domba atau daging kelinci, antara 2-3 kali seminggu.

Daging tersebut lebih disarankan, dibandingkan mengkonsumsi daging kalkun atau daging sapi, karena daging domba dan lainnya lebih mudah dipecah menjadi asam amino yang sangat dibutuhkan oleh golongan darah B, pada saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Mengkonsumsi hasil laut sanagt baik, antara lain ikan salem, ikan cod, ikan berdaging putih seperti (ikan gindara, tuna dan bawal). Yang harus dihindari makanan hasil laut ini antara lain, lobster, kepiting dan aneka macam jenis udang, karena hewan laut tersebut mengandung lektin yang akan mengganggu sistem daya tahan tubuh bagi Anda yang bergolongan darah B.

 

Sementara, untuk produk susu semua hampir bisa di nikmati oleh Anda yang bergolongan darah B, karena produk susu yang mengandung gula primer dalam antigen golongan darah ini adalah D-galaktosamin yang sama dengan gula pada susu.

Sebaiknya menghindari jenis gandum dan jagung. Harus hati-hati dengan gluten dari gandum, yang mengandung lektin yang tersimpan pada jaringan otot bisa menyebabkan pembakaran kalori lebih lambat dan mengakibatkan kegemukan.

 

Jenis minyak yang harus dihindari antara lain minyak wijen, minyak bunga matahari, minyak jagung, dan minyak kacang-kacangan karena mengandung lektin yang dapat merusak jaringan pencernaan.

Sedangkan minyak yang disarankan adalah minyak zaitun yang akan memperbaiki saluran pencernaan sehingga pelepasannya menjadi lebih baik. minimal mengkonsumsi satu sendok makan setiap hari.

 

Anda yang bergolongan darah B, sangat baik mengkonsumsi semua jenis sayuran bergizi dan berkualitas tinggi, konsumsilah sayuran hijau yang kaya magnesium. magnesium adalah agen anti-virus yang sangat penting dan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh golongan darah ini.

Hanya sedikit jenis sayuran yang tidak disarankan, sebaiknya dihindari antara lain jagung yang mengandung lektin yang akan mengganggu saluran pencernaan dan darah. Radish dan tomat sebaiknya juga dihindari khususnya tomat, karena Anda yang bergolongan darah B rentan dengan penyakit autoimun dan virus.

 

Perlu diperhatikan juga, asupan buah-buahan sebaiknya dikonsumsi dengan baik seperti nanas, ini sangat bermanfaat untuk membantu agar lancar dalam pencernaan. Karena Anda yang bergolongan darah B ini, rentan dengan kegemukan. Sementara nanas bisa memperlancar dan mempermudah dalam sistem pencernaan, apalagi Anda yang tidak mengkonsumsi produk susu dan daging, ini akan sangat membantu. Selain itu nanas mengandung bromelin, yaitu sejenis enzim yang akan membantu makanan lebih mudah dicerna.

 

Sangat disarankan mengkonsumsi jus sayuran dan buah-buahan pada pagi hari saat bangun tidur, fungsinya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan saraf.

Buah yang sebaiknya dihindari adalah buah zaitun karena jamurnya dapat memicu reaksi alergi.

 

Jenis konsumsi dari tanaman obat yang menghangatkan, seperti lobak, kari jahe, sangat baik dikonsumsi, kecuali lada hitam dan putih, karena mengandung lektin. Perlu diingat juga, bahwa tanaman obat yang manis bisa mengakibatkan iritasi pada lambung, sebaiknya hindari gula jawawut, pati, kayu manis dan jagung. Untuk gula putih, coklat, madu serta sirup kental, ini bereaksi netral pada sistem pencernaan sehingga dibolehkan.

Golongan darah B, dapat mengkonsumsi penyedap rasa secara umum, kecuali saus yang mengandung lektin seperti sirup jagung maupun saus tomat. Sebaiknya apapun golongan darah Anda, agar bisa lebih bijaksana untuk membatasi makanan yang mengandung penyedap rasa, karena dalam makanan tidak memberi manfaat yang nyata.

 

Untuk memperbaiki sistem saraf bisa mengkonsumsi ginseng yang bekerja sebagai stimulant. Disarankan setiap pagi, bisa meminum ramuan ini. Licorice atau akar manis baik juga dikonsumsi karena merupakan faktor antivirus yang yang menurunkan kerentanan terhadap penyakit autoimun.

 

Harus diingat Anda yang bergolongan darah B, kadar gula darahnya sering turun setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat menurunkan gula darah atau (hipogliukemia) seperti pare. Licorice dapat membantu mengatur kadar gula darah tersebut. Minuman teh herbal, teh hijau, juice dan air akan membuat mereka lebih sehat. Sebaiknya Anda bisa mengganti kopi, kafein atau teh dengan teh hijau, karena teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat.

 

Mereka yang bergolongan darah B, dianjurkan mengkonsumsi vitamin mineral dan suplemen herbal tujuannya untuk meningkatkan sistem pertahanan dan kekebalan tubuh. Tujuannya adalah menyesuaikan diri dengan pola makan seimbang, meningkatkan produksi insulin, meningkatkan kejernihan otak dan konsentrasi, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kuncinya adalah keseimbangan dalam pola makan, mineral yang sangat bermanfaat untuk golongan darah B adalah yang mengandung magnesium.

 

Buah-buahan yang disarankan untuk golongan darah B antara lain:

Pisang (raja, mas), semangka, kiwi, jenis jeruk (mandarin, jeruk manis, jeruk limau, jeruk keprok, jeruk sitrun), persik, manga, sukun, strawberry, kurma pir, kismis, melon, nanas, papaya, jambu biji, apel atau cuka apel, semua jenis Cherry, semua jenis plum, dan semua jenis anggur.

Yang tidak disarankan: kelapa dan santan, kesemek, delima dan belimbing.

 

Demikian ini ini penjelasan singkat tentang pola makan, dari mereka yang yang bergolongan darah B.

Semoga bermanfaat

Salam literasi

36-257

Bali, 2 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

02 Oct
Balas

Salam literasi terima kasih Bapak kunjungannya mudah-mudahan bermanfaat

03 Oct

Keren nih bude...jadi tahu apa yang boleh dan tidak bagi gol darah B

02 Oct
Balas

Moga bermanfaat say

03 Oct

Wah, keren banget ini bude. Saya tunggu untuk golongan darah O ya bude

02 Oct
Balas

Wah, keren banget ini bude. Saya tunggu untuk golongan darah O ya bude

02 Oct
Balas

Sdh 3 hr lalu dinda

03 Oct



search

New Post