Sri Dewi Rokhimah

Bertugas di SMP N 1 Kuta Selatan. Badung. Bali Belajar, belajar dan terus belajar membaca, membaca dan terus membaca lalu tuangkan dalam karya tulis maka men...

Selengkapnya
Navigasi Web
GOLONGAN DARAH O DAN POLA MAKAN

GOLONGAN DARAH O DAN POLA MAKAN

GOLONGAN DARAH O DAN POLA MAKAN

Oleh: DewiRo

Beberapa tulisan kemarin, saya telah membahas manfaat dan khasiat buah semangka, dan tentunya masih banyak lagi buah, sayuran dan tanaman obat, yang bisa digunakan untuk kesehatan. Sebelum membahas lebih banyak tentang khasiat dan manfaat dari buah dan sayuran, serta tanaman obat, yang ada di sekitar kita, yang terkenal dengan obat herbal, saya akan menjelaskan sedikit tentang golongan darah dan pola makan.

Dari buku yang berjudul terapi herbal berdasarkan golongan darah, yang ditulis oleh Ir Lukas Tersono Adi, juga beberapa sumber, menjelaskan banyak hal tentang makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sesuai dengan golongan darah manusia.

Kita mengenal golongan darah secara umum yaitu, golongan darah O, A, B, dan AB.

Bagaimana golongan darah O, A, B dan AB, dan seperti apa pola makannya?

A. Golongan Darah O

Si Pemburu yang kuat, percaya diri yang tinggi, dan pantas menjadi pemimpin.

Pola makan golongan darah O

Mereka yang bergolongan darah O, memerlukan makanan berprotein tinggi, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih kuat, dan dapat bertahan dari berbagai dampak perubahan metabolisme atau ketosis yang dipicu oleh perubahan lingkungan. Ketosis adalah hasil dari perubahan metabolisme makanan berprotein tinggi dan lemak tinggi dengan sedikit karbohidrat.

Protein dan lemak dalam tubuh akan diubah menjadi keton yang digunakan sebagai pengganti gula dalam darah, agar komposisi darah yang sehat tetap stabil.

Aktivitas fisik yang baik, penurunan kalori dan gabungan dari ketosis bisa membuat daya tahan tubuh golongan darah O lebih bagus.

Termasuk daging sapi, ayam, dan ikan yang alami tanpa paparan kimia, akan menambah semakin baiknya daya tahan tubuh mereka yang bergolongan darah O.

Namun, harus berhati-hati untuk produk susu sapi yang banyak mengandung lemak. Untuk golongan darah O, akan sulit mengubah lemak menjadi energi. Sehingga lebih cocok mengkonsumsi susu kedelai dari pada susu sapi.

Lemak dan minyak merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh untuk melancarkan proses buang air besar, dan golongan darah O sangat baik dalam respon minyak dan lemak.

Minyak yang baik dikonsumsi antara lain, minyak zaitun dan minyak biji rami, yang mengandung asam lemak dari jenis omega. Jenis minyak ini, berdampak positif pada jantung dan pembuluh darah, serta dapat membantu menurunkan kolesterol darah.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menambah pasokan protein nabati namun perlu diingat bahwa pencernaan dari golongan darah O ini sangat rawan dengan kacang-kacangan untuk itu pastikan selalu mengunyah makanan dengan baik agar tidak mengalami gangguan pada usus besar. Perlu diingat boncis dan kacang polong, usahakan dihindari karena keduanya mengandung lektin yang tersimpan di bawah jaringan otot sehingga membuatnya tidak begitu panik, asam ini akan mengakibatkan rasa nyeri atau rematik, pengganti protein bisa diganti dari sumber lain seperti daging.

Untuk sayuran hijau berdaun, yang kaya vitamin K, misalnya: asparagus dan brokoli, ini sangat baik namun hati-hati dengan sayuran kubis, sayuran ini menghambat fungsi tiroid.

Produk lain yang mengandung lektin dan sangat tidak baik untuk golongan darah O, adalah segala macam produk gandum, karena akan mengakibatkan terganggunya proses penyerapan zat makanan. Selain mengandung lektin, gandum juga mengandung gluten yang akan mengganggu proses metabolism, sehingga lambat merubah makanan menjadi energi, akhirnya tersimpan menjadi lemak dan mengakibatkan kegemukan. Hati-hati dengan roti yang sebagian besar mengandung tepung gandum.

Buah-buahan sangat bagus sebagai sumber serat vitamin dan mineral, sebaiknya hindari jeruk manis dan jeruk keprok, karena kandungan asamnya tinggi yang bisa meningkatkan keracunan usus.

Untuk buah-buahan sebaiknya di jus, usahakan buah yang berkadar gula tinggi seperti apel dan nanas, namun lebih bagus adalah jus dari sumber sayuran, karena sayuran lebih banyak mengandung basa.

Ingat mereka yang bergolongan darah O mempunyai kadar asam lambung yang tinggi, sehingga hati-hati apabila akan mengkonsumsi minuman kopi karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Buah-buahan yang di sarankan untuk golongan darah O,antara lain:

Nanas, Anggur, Jeruk lemon, Jambu, Apel, Kismis, Semua jenis anggur, Kesemek, Plum, Mangga, Sari buah apel, Melon, Pisang. Pir, Persik, Strawberry, Lemon, Belimbing, Semangka, Sukun, Sagu ,Jeruk limau, Delima dan Pepaya.

Yang tidak disarankan: Blewah, Kiwi, Melon madu, Pisang tanduk, Kelapa dan Santan, Jeruk keprok.

Sayuran yang disarankan untuk golongan darah O, antara lain:

Terong, Kentang, Kacang panjang, Waluh atau Labu kuning, Beat, Selada air, Bayam, Rebung, Bawang, Lobak, Selada Keriting, Selada Air, Pakis Muda, Ercis atau Kapri, Cabai, Lada putih, Bawang putih, Adas, Kol Cina( Hijau, Merah, Putih), Tomat, Wortel, Lobak Cina Yang Berbentuk Bulat, Lada Merah, Daun Peterseli, Dandelion, Jamur

Yang tidak disarankan: kecambah, lidah buaya, alpukat, kembang kol, jagung mentimun, bawang prei, mustard, jamur shiitake, kubis, kentang putih atau kuning dan pare.

Demikian sedikit artikel tentang golongan darah O dan pola makan, yang bisa di diterapkan untuk golongan darah O, semoga bermanfaat untuk semua, golongan darah lain, akan kita sambung di kesempatan berikutnya.

Salam Literasi

31/256

Bali, 29 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semoga bermanfaat

30 Sep
Balas



search

New Post