Sri Djuwiningsih

Guru di SDN 6 Kuripan, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Lahir : Grobogan, 22 Oktober 1974 Pendidikan : D2 PGSD UNS Surakarta, S1 PGSD UT Semarang, S2 Teknolo...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.3

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.3

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN

MODUL 1.3

VISI GURU PENGGERAK

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat bertemu lagi dengan saya, Sri Djuwiningsih, Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri 6 Kuripan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menceritakan tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan guru penggerak di materi modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

Seperti biasanya setelah mengikuti proses pembelajaran dan menyelesaikan berbagai tugas maka untuk menggambarkan modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Pengalaman selama proses pembelajaran dan perasaan selama mempelajari modul 1. 3 saya sampaikan dalam tulisan ini.

Pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai maka saya akan menceritakan refleksi seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu :

1. Facts( Peristiwa)

2. Feelings ( Perasaan)

3. Findings ( Pembelajaran)

4. Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya :

1. Facts(Peristiwa)

Pada minggu ke 3 bulan November yaitu tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila . dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan .

Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. disitu saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu B-uat pertanyaan, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana dan A-tur eksekusi. Pada tanggal 24 november 2022 diadakan forum diskusi lewat LMS. Disini kita saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat teman lain.

Pada hari Rabu, 16 November 2022, saya juga ada pendampingan individu dengan pengajar praktik (PP) yaitu Ibu Endang Tri Hudati, yang biasa dipanggil dengan sapaan Ibu Dati (Guru BP SMPN 3 Purwodadi). Pendampingan itu berlangsung selama 3 jam, dimulai sekitar pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Dalam pendampingan individu ini mendapatkan banyak arahan dan masukan untuk kemajuan CGP dalam penerapan keseharian di sekiolah. Penerapan falsafah KHD di lingkungan sekolah dan penularan ke teman sejawat. Kendala-kendala yang saya hadapi, mendapatkan masukan dari Ibu Dati.

Tanggal 25 November 2022 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator saya yaitu Ibu Titi Julihartini tentang Visi Guru Penggerak . Disitu dibentuk 2 kelompok. Saya ada di kelompok 1 bersama Bu Indarwiyati, Bu Dita, Bu Sri Lestari, Bu Sri Rahayu Setyowati, Pak Dwi September dan Pak Musta’in. Bersama kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok.

Hasil diskusi kerja kelompok dipresentasikan pada tanggal 28 November 2022 bersama dengan kelompok 2 serta didampingi dengan fasilitator Ibu Titi Julihartini. Diskusi begitu mengasyikan, terjadi tukar pendapat sehingga menambah pemahami kami tentang alur BAGJA.

Pada tanggal 27 November saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SMAN 1 Grobogan dari jam 08.00 sd jam 16.00 WIB. Dalam lokakarya tersebut saya mendapat pembelajaran tentang Menggerakkan Komunitas Praktisi. Penerapan di sekolah, setiap CGP diharapkan mampu membuat komonitas praktisi di sekolahnya. Dan komunitas praktisi itu yang dapat memainkan peran, memajukan sekolah dan program CGP dapat ditindaklanjuti.

Pada tanggal 29-30 November kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya. Tugas tugas yang ada di LMS segera diunggah demi untuk meningkatkan pemahaman CGP tentang materi yang telah dipelajari. Tugas yang dibuat bisa dalam bentuk artikel, PPT maupun Vidio, tergantung kreativitas dan minat CGP yang dirasa mampu.

Tanggal 2 Desember kita vcon dengan Instruktur Bp Suhada dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam elaborasi pemahaman sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya.

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, tiru, dan modifikasi atau istilah Jawanya Niteni, Niroke, dan Nambahi.

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Mewujudkan peserta didik yang beriman, Berkarakter, Berprestasi, Kreatif dan Mandiri". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan Karakter Peserta Didik yang Kuat". Prakarsa perubahan ini sudah saya rencanakan sesuai dengan alur BAGJA, dengan membuat pertanyaan bertahap dari alur BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman . Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

Untuk lebih lengkapnya silahkan melihat video saya tentang visi guru penggerak pada Link : https://online.fliphtml5.com/cohyw/zvgt/

Mudah-mudahan setelah melihat video flipbook saya tersebut lebih jelas lagi.

Terima kasih.

Wassalamualaikum

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post