Sri Djuwiningsih

Guru di SDN 6 Kuripan, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Lahir : Grobogan, 22 Oktober 1974 Pendidikan : D2 PGSD UNS Surakarta, S1 PGSD UT Semarang, S2 Teknolo...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.1

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.1

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI NILAI KEBAJIKAN

SEBAGAI PEMIMPIN

Assalamualaikum

Salam Bahagia.

Refleksi model 4F (facts, Feelings, Findings,Future), oleh Dr. Roger Greenaway FACTS (PERISTIWA) , Pada Saat Pembukaan modul 3.1 yaitu 31 Maret 2023 kita di wajibkan mengikuti kegiatan pretest modul 3 ini terlebih dahulu. Setelah itu saya lanjutkan dengan belajar mandiri di LMS dari "Mulai dari diri dan eksplorasi konsep" disini saya mengisi beberapa pertanyaan pemantik, pendapat saya tentang bagiamana saya mengambil keputusan atas permasalahan yang melibatkan diri saya sebagai pemimpin pembelajar di sekolah ditempat saya mendidik. Lalu .pada modul eksplorasi konsep saya belajar tentang bagaimana sekolah sebagai institusi moral, Dilema etika dan bujukan moral serta pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Hari berikutnya saya masuk dalam alur ekplorasi konsep-forum diskusi, dalam pembelajaran kali ini disajikan beberpa kasus yang perlu kita komentari dan kita juga ditugaskan menanggapi salah satu contoh kasus serta memberi tanggapan atas pendapat sesama rekan CGP lainnya.. Dan sampai pada tahap ruang kolaborasi yang menguatkan pemahaman kita setelah berdiskusi dengan fasilitator dan sesama rekan CGP dalam kelas kita. Sampai pada tahap mengerjakan tugas-tugas yang ada di modul 3.1 ini. FEELINGS (PERASAAN), Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran ini campur aduk antara senang dan khawatir , senang karena dapat ilmu baru tentang pengambilan keputusan serta bertemu teman, khawatir karena antar tugas yang mepet sekali deadlinenya. Kemudian Pada saat menganalisa kasus saya merasa persis denga napa yang saya alami dan saya merasa saya sudah pernah menerapkan modul ini dalam praktik keseharian saya cuman Langkah-langkahnya masih belum sempurna. FINDINGS (PEMBELAJARAN), Setelah mempelajari beberapa alur dalam modul 3.1 ini , saya dapat mulai memahami bahwa pengambilan keputusan yang kita ambil harus berdasarkan pa 3 unsur yaitu berpihak kepada murid, berdasarkan nilai nilai kebajikan universal dan bertanggung jawan tehadap segala keputusan yang diambil.

Disini saya juga memahami apabila keputusan yang telah kita ambil keduanya bernilai kebenaran makan itu merupakan situsi dilema etika sedangkan bila mengambil sebuah keputusan antara benar dan salah maka itu situasi Bujukan Moral.

Ada 4 Model/ paradigma dilema etika yaitu,

1. individu lawan kelompok (individual vs community),

2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy),

3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty) dan

4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term).

Sementara dalam pengambilan Keputusan harus didasari atas 3 prinsip dalam pengambilan yaitu a.Berpikir Berbasis Hasil Akhir (End-Based Thinking)

b.Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) c.Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

Saat proses pengambilan keputusan, walaupun telah berlandaskan pada suatu prinsip atau nilai- nilai tertentu, tetap akan memiliki konsekuensi yang mengikutinya. Sebelum kita memutuskan suatu sebenarnya ada 9 langkah-langkah yang ditempuh ini meskipun penerapannya tidak harus diikuti semua , yaitu :

1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan (identifikasi masalah dan memastikan bahwa masalah yang kita hadapi adalah berhubungan dengan aspek moral

2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini

3. mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini

4. Pengujian benar atau salah a. Uji legal (apa ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi ini , jika ada maka hal tersebut bukan lah benar lawan benar (dilema etika), namun antara benar lawan salah (bujukan moral) b. Uji regulasi/standar professional( apakah ada aspek pelanggran peraturan atau kode etik di dalamnya) c. Uji intuisi apakah tindakan ini sejalan atau berlawanan dengan nilai nilai yang kita yakini d. Uji publikasi (bagaimana perasaan kita jika keputusan kita dipublikasikan dan menjadi viral) e. Uji panutan/idola (membayangkan apa yang akan dilakukan oleh panutan / idola kita ortu/Kepala Sekolah dll

5. Pengujian paradigma Benar lawan Benar dari ke 4 tersebut kira -kira kita disituasi yang mana

6. melakukan prinsip resolusi dengan memilih salah satu

7.Investigasi Opsi Trilema yaitu sebuah alternatif penyelesaian yang tidak terpikir sebelumnya yang bisa saja muncul di tengah-tengah dilema penyelesaian

8.Ambil keputusan.

9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan

Pengambilan keputusan ini juga merupakan keterampilan yang harus diasah agar semakin trampil dan tentunya keputusan yang berpihak pada murid dan kebajikan universal. FUTURE (PENERAPAN), Setelah saya mempelajari modul ini dalam pengmabilan suatu keputusan atau kasus yang terjadi dalam lingkungan sekolah maka saya akan terapkan apa yang ada dalam modul ini mulai dari paradigmanya, prinsipnya serta panduan Langkah-lagkah yang diambil harus memakai dasar berpihak pada murid dan kebajikan universal.

Terimakasih. Wassalamualaikum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post