Sri Edy Juli Kurniasih,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ikut Bimtek AKM Guru Belajar Kemdikbud yukss.....

Kemdikbud di laman https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/mengadakan pelatihan online untuk guru berupa diklat,bimtek dan pengimbasan. Ada beberapa seri program guru belajar yang telah diluncurkan oleh kemdikbud antara lain Seri Masa pandemic covid 19, Pendidikan Ketrampilan Hidup, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ,dan Pendidikan Inklusif. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Bimtek guru belajar dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Guru/Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, SMALB, dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum. Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. kegiatan pembelajaran ini dilakukan secara mandiri dengan alokasi waktu selama 32 jam pertemuan yang dapat di atur secara fleksibel.Program ini mendorong guru untuk saling belajar dengan guru yang lain dalam hal berbagi praktik baik pembelajaran.

Untuk mendaftar Bimtek guru belajar bisa diakses melalui https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ atau https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran dimulai dari 22 Desember 2020 - 23 Februari 2021. Guru belajar ini terdiri dari 11 angkatan.Periode Bimtek dimulai dari tanggal 4 Januari 2021 sampai 27 Februari 2021, setelah itu diadakan pengimbasan dari tanggal 9 Januari - 27 Februari 2021.Pelatihan ini dilakukan dua tahap yaitu tahap Bimtek dan tahap pengimbasan. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari. Tahap pengimbasan yaitu mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan untuk mengikuti program guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum dengan cara mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

Adapun Tujuan guru belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah

• Memahami konsep Asesmen Nasional.

• Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.

• Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum

. • Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

• Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.

• Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Pengalaman saya mengikuti program ini mendapatkan pengalaman belajar yang seru dan berbagi pengalaman selama mengikuti Bimtek dengan guru-guru yang ada diseluruh Indonesia melalui media telegram.selain mendapatkan ilmu juga mendapatkan sertifikat 32 jam dan piagam penghargaan.

Tambun 210121#pengimbasan#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post