Sri Edy Juli Kurniasih,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tips ikut Bimtek seri AKM Kemdikbud

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. dua kompetensi dasar yang diukur dalam AKM yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).Saat ini kemdikbud mengadakan Bimtek seri AKM untuk guru.

Adapun langkah- langkah mengikuti program guru belajar adalah:

1. Peserta wajib memiliki akun SIMPKB (akun@guruku,id)

2.Kunjungi laman guru belajar.kemdikbud.go.id lalu pilih seri guru belajar yang tersedia

3. Peserta memilih jadwal dan angkatan yang tersedia

4.Peserta mengikuti proses belajar pada seri guru belajar yang telah dipilihsesuai dengan alur belajar pada masing-masing seri

Tips ikut bimtek AKM yang harus dipersiapkan adalah waktu luang, coba cari waktu yang tepat dengan konsentrasi yg maksimal. Bimtek ini diadakan selama 5 hari dan waktunya fleksibel.Bimtek ini bisa juga diselesaikan dalam waktu 1 hari, namun dalam pembelajaran ini tidak hanya berorientasi pada cepat selesainya mengerjakan bimtek tetapi diharapkan kita memahami konsep AKM yang merupakan bagian dari asesmen nasional. Pertama yang harus dilakukan adalah membaca semua materi yang ada secara berurutan dan menonton video tanpa di skip.Setelah melakukan aktifitas membaca materi jangan lupa klik tandai sudah selesai.Tiap sesi ada refleksi pembelajaran yang harus diisi dan mengerjakan quiz.Quiz yang kita kerjakan ada yang bentuknya isian,benar salah,dan pilihan ganda.Sebelum memulai materi ada quiz pre tes dan setelah selesai program ada asesmen pasca program sebanyak 30 soal pilihan ganda. Ingat ya nilai quiz minimum 70.Assesmen Pasca program diberikan kesempatan dikerjakan sebanyak tiga kali,jadi jika nilai kita belum mencapai nilai minimum 70 kita bisa mengulang mengerjakan quiz pasca program kembali.Dalam Bimtek ini juga kita dilatih untuk membuat soal literasi dan soal numerasi sebanyak tiga soal.

Peserta dinyatakan tidak lulus bimtek guru belajar seri AKM apabila tidak menuntaskan Bimtek sesuai waktu yang telah ditentukan dan pencapaian nilai masih dibawah 70 setelah 3 kali mengerjakan Asesmen Pasca program. Jika dinyatakan lulus progres kita dalam belajar sudah mencapai 100% maka dinyatakan tuntas.Setelah itu kita melakukan pengimbasan dan menunggu diterbitkannya sertifikat.

Kendala kendala yang terjadi selama mengikuti bimtek biasanya berkaitan dengan sinyal dan jaringan internet yang tidak stabil tapi jangan panik di coba terus berulang -ulang saja untuk dikerjakan.Jika kendala yang terjadi dikarenakan server dari pusat biasanya akan ada perpanjangan waktu untuk mengerjakan kembali.Tips untuk mengerjakan soal esay selama jaringan tidak stabil adalah membuat jawaban quiz di word dahulu dikomputer jadi nanti tinggal copy paste.Demikian sekelumit pengalaman saya ikut bimtek seri AKM.Segera daftar yuks......

Trias 220121

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post