Sri Hastuti, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kebiasaan Awal Sekolah Yang tak Lagi Ditemui Dimasa Sekarang

Kebiasaan Awal Sekolah Yang tak Lagi Ditemui Dimasa Sekarang

Kebiasaan Awal Sekolah Yang tak Lagi Ditemui Dimasa Sekarang

Oleh : Sri Hastuti, M.Pd

#Tantangan Hari ke 84

Dua Hari lagi tahun pelajaran baru akan dimulai. Banyak hal yang selalu disiapkan orang tua dalam menghadapi hari pertama sekolah. Hari pertama yang selalu menjadi hari yang akan dikenang oleh setiap orang. Hari pertama sekolah yang menyenangkan karena banyak orang tua yang akan menemani putra-putrinya berangkat ke sekolah hingga masuk ke kelas pertamanya.

Pemandangan dihari pertama sekolah yang sering kita lihat adalah pada anak-anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Betapa ramainya sekolah karena kedatangan murid baru yang didampingi oleh orangtua. Ada yang masih malu untuk mencari teman baru sehingga hanya diam dekat sang ibu yang mengantar. Ada yang sudah berani berlari mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan guru-guru di sekolahnya. Namun ada juga anak yang tak mau masuk kelas dan harus dengan orangtuanya.

Namun kondisi awal sekolah tahun ini tidaklah sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan adanya pertemuan di awal sekolah. Berikut kebiasaan awal sekolah yang tidak lagi dirasakan pada tahun ini :

1. Menyiapkan perlengkapan sekolah pada malam harinya

Dahulu, Orag tua dan anak-anak akan menyiapkan kelengkapan sekolah dimalam hari. Kelengkapan sekolah yang sudah jauh hari dipersiapkan harus ditata dan diletakkan di meja, agar pagi hari lebih mudah untuk mengambilnya. Tas yang berisi buku, pensil/pena, penggaris, penghapus dan pernak-pernik lainnya telah diperiksa ulang. Rasa tak sabar menanti hari esok akan terasa bagi anak-anak Usia Dini dan sekolah dasar dalam menyambut hari pertama sekolah. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah di jenjang Sekolah Menengah biasanya lebih paham akan kebutuhannya sendiri. Menyiapkan pakaian sekolah dan menggantungya agar terlihat juga dilakukan sebagian anak dan orang tua. Obrolan malam tentang guru dan teman baru menjadi pengantar tidur.

Namun masa pandemi ini, orang tua tak lagi sibuk menyiapkan perlengkapan sekolah karena pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh. Kemungkinan yang akan dilakukan orang tua hanyalah datang kesekolah untuk menanyakan hal-hal yang harus dilakukan.

2. Menyiapkan bekal makanan

Biasanya para ibu akan menanyakan bekal yang akan dibawa oleh sang anak. Ibu akan memasakkan bekal kesukaan anak-anaknya. Namun saat ini, hal tersrbut tak lagi dilakukan.

3. Mengantarkan anak ke sekolah

Jalan menuju sekolah atau lapangan parkir sekolah akan terasa sempit pada hari pertama sekolah. Anak-anak datang bersama orang tua yang juga bersemangat menyambut hari pertama sekolah. Esok, suasana ini akan sedikit berkurang. Covid-19 telah merenggutnya.

4. Cerita hari Pertama sekolah

Sebagai orang tua yang aware dengan anak-anak, biasanya akan menyambut kepulangan anak-anak dari sekolah dengan meminta anak-anak untuk menceritakan kisah sehari di sekolahnya. Anak-anak akan menceritakan mendapatkan teman baru, ibu guru yang pandai bernyanyi atau ibu guru yang sangat pandai bercerita. Dan akan banyak kisah yang diperoleh dari anak-anak.

Empat kejadian di atas, hilang hanya karena covid-19. Meskipun tak dipungkiri banyak kebiasaan hari pertama yang akan hilang tahun ini karena adanya pandemi. Namun demikian mungkin ada kebiasaan yang akan tetap ada di tahun ini bagi daerah yang sudah dapat melaksanakan PBM tatap muka. Semoga para orang tua dapat menjadikan hari pertama sekolah menjadi kenangan tak terlupa bagi anak-anak.

Sijunjung, 11 juli 2020

#Awalsekolah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga Hari pertama tetap berkesan

11 Jul
Balas

Hari pertama sekolah terasa sepi dan hampa, karena anak-anak belum bisa hadir.

12 Jul
Balas

Tidak ada lagi rebutan bangku sekolah. ...

11 Jul
Balas

Aamiiin... Mantap dinsay

11 Jul
Balas



search

New Post