Sri Hastuti, S. Pd., M.Pd.

Sri Hastuti atau Diena Esha Hastuti dilahirkan di Ngawi tanggal 24 Juli. Lahir dibawah naungan zodiak LEO. Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBANGKITKAN MOTIVASI KELUARGA AGAR TIDAK JENUH

MEMBANGKITKAN MOTIVASI KELUARGA AGAR TIDAK JENUH

MEMBANGKITKAN MOTIVASI KELUARGA AGAR TIDAK JENUH

Tantangan hari ke-326

#Tantangan Gurusiana

By: Sri Hastuti, S.Pd.,M.Pd.

Pada masa pandemi Covid-19 yang sudah satu tahun berjalan ini pasti kita semua sudah sangat jenuh. Semua ingin virus corona segera enyah dari muka bumi sehingga semua bisa normal kembali. Kehidupan kembali nyaman, aman dan bisa menikmati segala yang kita inginkan. Para pekerja, anak sekolah, para pedagang, dan segala macam aktivitas kembali normal dan lancar.

Situasi dan kondisi seperti ini membutuhkan kesabaran atas ujian yang dihadapi. Rasa bosan dan jenuh tentu melanda siapa saja termasuk orang dewasa dan anak-anak. Masalah yang dihadapi pun berbeda-beda. Ada faktor eksternal dan internal yang mempengaruhinya. Faktor dari luar seperti lingkungan, masyarakat, kondisi sosial dan faktor internal seperti dalam diri, keluarga ataupun orang terdekat lainnya.

Sebagai orang tua bisa memotivasi keluarganya dengan tips berikut:

1. Tak lelah memberi perhatian

Perhatian dari orang tua sangat dibutuhkan, tanpa perhatian maka semua bisa masa bodoh alias cuek dengan kondisi anak-anaknya. Hal ini sangat tidak menyenangkan apabila di dalam keluarga kita dicuekin oleh orang-orang di keluarga sendiri. Maka orang tua jangan lelah memberi perhatian dengan penuh kasih sayang.

2. Tak lelah memberi nasihat

Nasihat yang baik merupakan bagian yang penting. Apabila ada yang kurang baik, kurang sesuai tuntunan agama dan norma maka nasihat tentu sangat dibutuhkan. Nasihat dengan tutur bahasa yang halus dan lembut serta menyejukkan hati pasti bisa diterima dengan hati pula.

3. Memberi pemahaman

Memberikan pemahaman akan konsep ataupun kaidah-kaidah kepada anggota keluarga sesuai tingkat usianya. Anak balita tentu belum begitu paham peraturan, berbeda dengan anak remaja dan dewasa tentu memberikan pemahaman yang sesuai dengan tingkatannya. Pemahaman perlu latihan dan proses serta pengulangan atau pembiasaan hingga bisa memahami suatu materi, intruksi, dan lainnya.

4. Menciptakan kegiatan positif dan menyenangkan

Saat merasa bosan maka ciptakan aktifitas yang memicu adrenalin. Semangat yang tinggi dalam meraih sesuatu perlu dipicu agar semangat tidak mudah meredup. Berolah raga, berkebun, membuat keterampilan, bermain musik, dan lain-lain bisa dijadikan alternatif memicu semangat. Mengembangkan dan menyalurkan hobby sangat disarankan untuk menggali bakat dan minatnya.

5. Suasana baru

Menciptakan lingkungan dan suasana rumah bernuansa baru bisa dimulai dari penataan ruang belajar anak, menata taman, menata ulang ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dengan menempatkan barang-barang koleksi kesukaan. Menciptakan suasana baru menjadi tempat yang sejuk, bersih dan segar sehingga bisa kerasan dan termotivasi kembali.

Demikianlah tips yang bisa dijadikan alternatif dalam membangkitkan motivasi keluarga agar tidak jenuh. Bagaimanapun motivasi harus tetap tinggi. Kesuksesan juga membutuhkan motivasi agar semua mimpi bisa diraih. ***has***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MEMBANGKITKAN MOTIVASI KELUARGA AGAR TIDAK JENUH, parenting keren

28 Feb
Balas

Mantap..

28 Feb
Balas

Suasana baru itu bun yg menyenangkan. Izin follow, follow back bun

28 Feb
Balas



search

New Post