Sri hayati

DATA UTAMA Nama lengkap : SRI HAYATI Tempat Lahir : MANINJAU Tanggal L...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkarya dengan Pentigraf

Reportase Webinar V

 

Berkarya dengan Pentigraf

 

Kembali Media Guru Indonesia mengadakan webinar. Yang lain tidak bukan untuk meningkatkan pengetahuan para anggota media guru.

Webinar yang diadakan pada hari sabtu tanggal 20 Juni 2020. Alhamdulillah saya bisa mengikuti walau jadwal pembagian rapor pada siswa. 

Disela-sela menunggu siswa datang saya ikuti Webinar lewat live streaming youtube. 

Tema webinar adalah tentang Meneroka dapurnya pentigraf. Dengan nara sumber yaitu bapak Prof. Tongsoe Tsahyono seorang dosen UNesa Surabaya. 

Beliau memaparkan tentang pentigraf. Dimana pentigraf itu adalah sebuah cerpen tiga paragraf. Tokoh dalam pentigraf bisa dari alam, manusia, tumbuhan, hewan.

Dalam pentigraf bisa menceritakan tentang konflik. Bisa konflik manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan alam dan budaya, manusia dengan dirinya sendiri dan bisa juga konflik manusia dengan tuhannya.

Dalam menulis pentigraf, tidak boleh banyak dialog, cukup satu dialog saja. Dan kemudian baru dikembangkan. 

Sungguh luar biasa belajar pentigraf dari penemunya. Mudah-mudahan bisa saya kembangkan sendiri dalam membuat cerpen.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post