sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Modul 3.2 CGP Angkatan 8 SDN Denasri Kulon 01 Kabupaten Batang

Aksi Nyata Modul 3.2 CGP Angkatan 8 SDN Denasri Kulon 01 Kabupaten Batang

AKSI NYATA MODUL 3.2

Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Kegiatan aksi nyata kali ini adalah Aksi Nyata yang dilaksanakan oleh CGP atas pemahamannya pada Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya meliputi:

1. Melakukan proses identifikasi atau pemetaan aset bersama warga sekolah mulai dari rekan guru, kepala sekolah, murid, orang tua dan tokoh setempat yang berasal dari berbagai latar belakang

2. Mendokumentasikan proses identifikasi atau pemetaan aset melalui bukti fisik berupa foto proses pertemuan dan hasil pemetaan aset

LATAR BELAKANG AKSI NYATA

      

Sekolah sebagai ekosistem pendidikan memiliki sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik atau unsur yang hidup dan faktor abiotik atau unsur tak hidup, sehingga akan menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.

Dalam ekosistem sekolah faktor biotik ini akan saling mempengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan dari tujuan pendidikan

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya Apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua yang dimiliki adalah suatu kekuatan tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupaya pada pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sehingga menjadi suatu aset atau kekuatan sekolah.

Identifikasi aset SDN Denasri Kulon 01 Kecamatan Batang Kabupaten Batang Jawa Tengah.

PROSES IDENTIFIKASI ASSET

Proses Identifikasi Aset dilaksanakan di salah satu ruang kelas SDN Denasri Kulon 01 Kecamatan Batang Kab.Batang Jawa Tengah dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite,CGP, guru ,dan wali murid

PEMETAAN SUMBER DAYA

Pemetaan sumber daya:

1.Aset manusia

2. Aset sosial

3. Aset fisik

4.Aset Lingkungan/Alam

5.Aset finansial

6. Aset politik

      

7. Aset agama dan budaya

1. ASET/MODAL MANUSIA

Kepala sekolah Pendidikan S1 berpengalaman

Guru berjumlah 8 orang, PNS 1 orang dan P3K 5 orang dengan pendidikan S1 yang sesuai, serta 4 orang mempunyai sertifikat pendidik , non PNS 2 orang ( 1 orang berpendikan S1 bidanng ilmu pengetahuan alam yang sudah memiliki akta mengajar dan 1 orang lainnya sedang menempuh pendidikan S1 Kependidikan)

Penjaga sekolah dan keamanan serta kebersihan berpendidikan SMA

Pustakawan berpendidikan S!

Jumlah murid 191 orang, dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang heterogen

Komite sekolah dan wali murid yang peduli kepada sekolah dengan latar belakang ekonomi sosial dan pendidikan yang heterogen

Strategi pemanfaatan

Kepala sekolah, memiliki nilai dan karakter pemimpin berperan sebagai manajer di sekolah

Guru, diberi kesempatan untuk mengembangkan diri mengikuti pelatihan, workshop, Diklat, lomba dan membina ekstrakurikuler

Murid,diberi kesempatan belajar dan pemakaian fasilitas sama. Kesempatan berkembang akademik dan non akademik dan diarahkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan potensi anak.

Komite dan wali murid, Sumber pendanaan alternatif

Pemberdayaan alumni: menjembatani orang tua dengan sekolah dan berkolaborasi untuk pengembangan sekolah

2.ASET /MODAL SOSIAL

Norma / aturan yang ada di masyarakat sekitar

Adanya dukungan masyarakat, komunitas dan lingkungan sekitar

Strategi pemanfaatan

Norma atau aturan yang ada di masyarakat sekitar menjadi pedoman di dalam bertindak dan berperilaku

Kepala sekolah aktif dalam kegiatan K3S sehingga mampu mengelola sekolah dengan baik

Semua guru terlibat aktif di kegiatan KKG atau KKGPAI, KKGO, sehingga selalu aktif dalam pengembangan dirinya

Operator sekolah terlibat aktif di paguyuban OPS sehingga mampu mengerjakan administrasi sekolah

Semua siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi akademik dan non akademiknya

Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan SMP serta MTS di sekitar untuk sosialisasi PPDB

3.ASET/MODAL FISIK

Bangunan Sekolah; meliputi ruang kelas yang memadai, perpustakaan, kantor guru, Kantor Kepala Sekolah, kamar mandi yang terjaga kebersihannya

Fasilitas Pendukung; berupa ruang perpustakaan, ruang mushola untuk kegiatan keagamaan, taman

Infrastruktur; meliputi instalasi listrik yang cukup, jaringan internet yang memadai atau WiFi, sistem drainase lancar, aliran air yang cukup, Gudang

Strategi Pemanfaatan:

Dapat memfasilitasi kegiatan Intra dan ekstrakurikuler secara optimal

Menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang kondusif, aman dan nyaman

Memfasilitasi kegiatan akademik dan non akademik

Kegiatan belajar mengajar berbasis IT terfasilitasi dengan adanya sarana internet yang memadai

4.ASET /MODAL LINGKUNGAN ALAM

Lokasi dekat dengan perbatasan Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan

Lokasi dekat dengan Stadion Utama Kabupaten dan Gedung Olahraga Kabupaten.

Berdekatan dengan Puskesmas

Berdekatan dengan peternakan kambing dan bebek milik warga sekitar

Berdekatan dengan home indutri telur asin

Berdekatan dengan home indutri ikan asin

Berdekatan dengan home industri kerupuk

Akses jalan raya mudah karena posisi sekolah berada di pinggir jalan raya

Internet lancar karena Berada di wilayah perkotaan

Strategi Pemanfaatan

Lokasi dekat dengan perbatasan Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan dan jalan raya sehingga mudah diakses dengan kendaraan apapun.

Akses internet yang lancar sehingga membantu proses pembelajaran saat memanfaatkan IT

Lokasi yang dekat dengan Gedung – Gedung fasilitas umum dan home industri dapat dimanfaatkan sebagai media belajar murid

Lokasi yang dekat dengan lapangan olahraga memudahkan siswa untuk melaksanakan kegiatan olahraga

5. ASET /MODAL FINANSIAL

Sumber utama: Dana BOS( BOSP)

Sumber lain:

1. Koperasi sekolah

2. Partisipasi alumni

Strategi pemanfaatan

Penyusunan ARKAS dengan skala prioritas

Mengajukan proposal untuk DAK dan yang lainnya untuk pengembangan dan pembangunan sekolah

Menjalin kerjasama dengan alumni atau wali murid atau komite atau usaha home industri sebagai sumber dana alternative

      

6. ASET/ MODAL POLITIK

Kebijakan Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan pada hal – hal yang dapat meningkatkan proses pembelajaran yang berpihak pada murid

Strategi pemanfaatan

Mendukung kreatifitas dan inovasi guru untuk mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya yang dapat dijadikan modal dalam melaksanakan tupoksinya

7. ASET /MODAL AGAMA DAN KEBUDAYAAN

Warga sekolah dan lingkungan religius

Pembiasan ibadah baca surat pendek, sholat dhuhur berjama’ah, Istighosah kegiatan Jumat religi lainnya

Kegiatan PHBI

Kegiatan sedekah bumi se- Desa Denasri Kulon

Strategi pemanfaatan

Membuat program sekolah yang menunjang peningkatan budaya positif dan karakter

Selalu ikut meramaikan dalam kegiatan PHBI seperti, maulid Nabi Muhammad,Hari Santri Nasional

Komunitas keagamaan dan seni budaya seperti rebana/ simtud duror dapat dijadikan media untuk belajar dan pelestarian budaya di sekolah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post