sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Asyiknya bermain 'Puzzle Tokoh Perumus Teks Proklamasi'

Asyiknya bermain 'Puzzle Tokoh Perumus Teks Proklamasi'

Asyiknya bermain "Puzzle Tokoh Perumus Teks Proklamasi"

Oleh : Sri Indahningrum,S.Pd

Belajar sejarah adalah kegiatan yang membosankan dan sering mendatangkan rasa kantuk, entah itu di dalam kelas atau di tempat bimbingan belajar.Tidak terkecuali bagi anak – anak peserta didik SDN DENASRI KULON 01.Mereka sering mengeluh pusing jika harus mengingat tanggal peristiwa bersejarah apalagi nama tokoh – tokoh yang berperan dalam peristiwa bersejarah yang sedang mereka pelajari.Maka dari itu untuk memyampaikan materi “Tokoh – Tokoh Perumus Teks Proklamasi pada peserta didik kelas 6 SDN Denasri Kulon 01, perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran.Apalagi peserta didik kelas 6 tahun ini adalah anak – anak yang mengalami fase pandemic di kelas sebelumnya.Mereka cenderung merasa cepat bosan jika hanya disuruh untuk, mendengar, mencatat dan menghafal.Mereka lebih smenyukai jika pembelajaran menggunakan gadget, karena hampir 2 tahun mereka belajar dengan menggunakan fasilitas alat tersebut.

Dan untuk pembelajaran kali ini, saya akan mengalihkan penggunaan alat tersebut, namun tidak menimbulkan rasa bosan dalam mempelajari materi tentang sejarah, dan kali ini materi “Tokoh – tokoh Perumus Teks Proklamasi”.Saya akan mencari media yang dapat membantu saya menghilangkan kejenuhan peserta didik dalam mempelajari materi sejarah kali ini.

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar. {Purnamawati dan Eldarni (2001:4)} https://artikelsiana.com/2023/02/pengertian-media-jenis-jenis-media-para-ahli-fungsi.html

Dan media yang akan saya gunakan kali ini adalah lembar kartu puzzle yang sudah saya modifikasi untuk memantapkan pemahaman tentang tokoh perumus teks Proklamasi.

Menurut Yudha (2007: 33), puzzle adalah suatu gambar yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar yang bertujuan untuk mengasah daya pikir, melatih kesabaran, dan membiasakan kemampuan berbagi. https://media.neliti.com/media/publications/250946-penggunaan-media-puzzle-untuk-meningkatk-252f878f.pdf

Puzzle yang akan saya buat kali ini adalah gambar beberapa tokoh – tokoh perumus teks Proklamasi, yang sudah saya modifikasi sedemikan rupa, sehingga berubah menjadi potongan – potongan gambar.

Cara bermain puzzle hasil modifikasi saya kali ini adalah:

1. Peserta didik saya berikan gambar tokoh perumus teks proklamasi yang berbeda masing – masing anak.

2. Gambar tersebut berupa potongan – potongan gambar yang tersusun secara acak

3. Tugas mereka adalah menggunting gambar tersebut, kemudian disusun dengan benar

4. Setelah mereka yakin bahwa susunan mereka benar, tugas selanjutnya adalah menempelkan potongan – potongan tersebut pada selembar kertas HVS kosong yang telah mereka beri nama dan nomor absen

5. Kemudian, peserta didik menuliskan nama tokoh tersebut dan peranannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post