sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web

EKPLORASI KONSEP (15) TUGAS MANDIRI MODUL 3.1

Studi kasus yang saya pilih adalah sebagai berikut:

Kasus:

Saya adalah seorang guru di sebuah sekolah Dasar yang memiliki peraturan berkaitan dengan standar kelulusan.Salah satu murid saya bernama Muknir usianya mencapai 15 tahun lebih Ketika naik kelas 6.Dan yang lebih menantang lagi bagi saya adalah anak tersebut belum lancar membaca dan menulis.Setiap saya berikan tugas secara tertulis, dia mengerjakan dengan hanya menuliskan Kembali soal yang saya berikan.Satu sisi saya merasa berbuat tidak adil terhadap murid – murid saya yang lain jika saya meluluskan Muknir,tetapi di sisi yang lain saya juga merasa kasihan pada kondisi orang tuanya Muknir yang tidak mampu dan memiliki harapan yang besar agar anaknya yang bungsu ini bisa lulus karena anaknya yang sulung hanya sampai kelas 2 SD.

Langkah-langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan:

1. Nilai-nilai yang saling bertentangan: Nilai-nilai yang bertentangan dalam kasus ini adalah :

a) Individu lawan kelompok ( individual vs community),

Di sini ada sisi benar jika saya tidak meluluskan Muknir,karena menghargai upaya teman – teman Muknir yang telah menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan dengan baik dibandingkan tugas yang dikerjakan Muknir.

Tetapi benar juga jika saya memberikan instrument tugas yang berbeda dengan teman – temannya. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan Muknir dalam membaca dan menulis yang belum lancar. Dengan tujuan agar Muknir bisa lulus.

b) Rasa keadilan lawan rasa kasihan ( justice vs mercy),

Di sini ada sisi benar, jika saya tidak meluluskan Muknir karena mengikuti peraturan tentang standar kelulusan.

Tetapi benar juga jika saya membuat pengecualian terhadap Muknir karena kasihan melihat kondisi orang tuanya.

3. Fakta-fakta relevan: Muknir memilki kesulitan dalam mengerjakan tugas – tugas sekolah karena belum lancar membaca dan menulis. Dia adalah siswa yang penuh semangat dan suka membantu teman – temannya yang kesulitan dalam hal tenaga.

4. Pengujian Benar atau Salah:

a) Menghargai upaya teman – teman Muknir sebagai kelompok dalam kelas adalah benar. Tetapi memberikan instrument berbeda pada Muknir sesuai kemampuannya agar bisa lulus adalah juga benar.

b) Melanggar standar kelulusan sekolah adalah tindakan yang salah. Namun membiarkan Muknir dengan kemampuan yang ada sehingga mengakibatkan gagal untuk lulus akan membuat masa depannya hancur.

5. Uji Legal: Tidak ada pelanggaran hukum dalam situasi ini.

6. Uji Regulasi: Tidak ada pelanggaran kode etik profesi dalam kasus ini.

7. Uji Intuisi: Secara intuitif, saya merasa ada yang tidak adil jika tidak memfasilitasi Muknir agar bisa lulus.Apalagi orang tuanya yang dalam keadaan kurang mampu sangat berharap pada anaknya ini,karena kakaknya dulu hanya sampai kelas 2 SD.

8. Uji Publikasi: Jika keputusan ini dipublikasikan, saya mungkin akan mendapat dukungan dari sebagian masyarakat yang memahami situasi Muknir, tetapi akan membuat Muknir berkecil hati jika ia tahu

9. Pandangan Panutan/Idola: Panutan saya mungkin akan mencari solusi kreatif yang memungkinkan Muknir bisa lulus dengan bimbingan dan arahan yang tepat.

10. Paradigma Dilema Etika: Paradigma yang terjadi dalam situasi ini adalah dilema antara apa yang benar menurut Muknir dan apa yang benar menurut teman – temannya.

Dilema antara apa yang benar menurut aturan dan apa yang benar berdasarkan rasa kasihan

11. Prinsip Penyelesaian Dilema: Prinsip yang mungkin saya pilih adalah prinsip "berpikir berbasis rasa peduli (care-based thinking)" karena mempertimbangkan kemampuan akademik Muknir yang belum lancar membaca dan menulis dan kondisi ekonomi orang tuanya.

12. Investigasi Opsi Trilemma: Saya dapat mencoba untuk berbicara dengan pihak sekolah dan mencari solusi yang kreatif, seperti membuat instrument tugas yang berbeda untuk Muknir, yang memposisikan dia tidak harus banyak membaca dan menulis.Sehingga dia dapat memperoleh nilai sesuai standar kelulusan tanpa melanggar letentuan

13. Keputusan yang Akan Diambil: Keputusan yang akan saya ambil adalah mencari solusi yang kreatif, seperti membuat instrument tugas yang berbeda untuk Muknir, yang memposisikan dia tidak harus banyak membaca dan menulis.Sehingga dia dapat memperoleh nilai sesuai standar kelulusan tanpa melanggar ketentuan

14. Refleksi: Setelah saya merenungkan kembali keputusan yang saya ambil, saya masih tetap berpegang pada keputusan untuk mencari solusi yang kreatif, seperti membuat instrument tugas yang berbeda untuk Muknir, yang memposisikan dia tidak harus banyak membaca dan menulis.Sehingga dia dapat memperoleh nilai sesuai standar kelulusan tanpa melanggar letentuan. Saya percaya bahwa penting untuk memahami dan mengatasi masalah kemampuan akademik murid kita. Ini adalah kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai seperti semangat yang tinggi dalam hal kebaikan terutama Ketika mencari ilmu,empati, keadilan, dan kepedulian terhadap kemampuan orang lain, yang juga merupakan tujuan pendidikan. Saya akan berusaha berkoordinasi dengan pihak sekolah dan terus memberikan motivasi kepada Muknir untuk tetap semangat meraih cita – cita dan memenuhi harapan kedua orang tuanya. Saya yakin bahwa ada jalan keluar yang dapat memenuhi kedua nilai yang bertentangan, yaitu ketaatan pada standar kelulusan sekolah dan keadilan terhadap Muknir

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post