sri indahningrum

Belajar dan terus belajar itu yang bisa kulakukan.Belajar menjadi anak yang berbakti, belajar menjadi istri yang sholekha,belajar menjadi ibu yang amanah dan be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mulai Dari Diri Modul 2.3 Coaching Supervisi Akademik

Mulai Dari Diri Modul 2.3 Coaching Supervisi Akademik

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya ketika diobservasi Bahagia bercampur cemas.Bahagia karena merasa mendapat perhatian dari atasan.Cemas jika saya tidak dapat memenuhi harapan beliau

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pengalaman saya saat observasi yaitu LCD yang akan saya gunakan untuk media pembelajaran tidak dapat digunakan karena ada pemadaman listrik dari PLN, beruntung saya telah mencetak slide – slide yang ada dalam ppt yang saya buat.

Dan pasca observasi Kepala Sekolah memberikan masukan tentang langkah – langkah yang seharusnya saya tempuh agar hasil belajar peserta didik bisa lebih maksimal

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Supervisi dilakukan secara berkala dan memberikan solusi pada permasalahan dalam pembelajaran yang dihadapi oleh guru yang disupervisi, selain itu juga memberikan kesempatan dan mendorong guru yang disupervisi untuk dapat meningkatkan kompetensinya.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Posisi saya ada pada angka 7

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan adalah:

a) Kemampuan mendampingi guru yang telah memiliki kompetensi mumpuni dalam melaksanakan pembelajaran.

b) Kemampuan memberikan bimbingan dalam waktu tertentu sebagai wujud memberikan kesempatan terhadap guru yang belum memiliki kompetensi yang cukup dalam melaksanakan pembelajaran, bisa kepada guru yang baru saja terjun di dunia pendidikan, atau guru yang sudah lama di dunia pendidikan tetapi belum bisa mengikuti perkembangan zaman.

c) Kemampuan memberikan bimbingan singkat atau seperlunya pada guru yang memiliki kompetensi cukup dalam melaksanakan pembelajaran.Misalnya pada guru yang menguasai materi pembelajaran dan IT tetapi kurang menguasai kejiwaan peserta didik/ pengkondisian kelas, atau pada guru yang bisa mengkondisikan kelas namun kurang menguasai materi dan IT.

d) Kemampuan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru ketika pembelajaran berlangsung atau ketika menghadapi peserta didik yang memerlukan perhatian khusus.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya adalah ingin menjadi guru dalam sosok pemimpin pembelajaran yang memiliki keputusan bertanggung jawab untuk bisa mendidik sehingga dapat menuntun tumbuh kembangnya peserta didik agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi – tingginya baik sebagai individu maupun sebagai Masyarakat sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah pendampingan, bimbingan dan arahan disertai contoh nyata agar bisa menjadi sosok guru yang lebih bermanfaat dan diidamkan bagi orang – orang di sekitarnya terutama keluarga, juga para peserta didiknya.

Materi yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah materi yang memberikan pencerahan dan kecakapan hidup, praktis dan efisien untuk langsung diterapkan.

Manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah bisa membuat saya lebih bijaksana dan sadar akan posisi, nilai dan peran yang ada pada diri saya bagi orang – orang terdekat ataupun orang – orang di sekitar saya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

22 Aug
Balas

Terima Kasih...Alhamdulillah wa quwwata illa billah

20 Dec
Balas



search

New Post