Sri.Muliani,S.Pd

BIOGRAFI Telah dilahirkan seorang perempuan pada tanggal 12 Juni 1968 di kota Kuala sebuah kota kecil di Kabupaten Langkat yang terletak di Provnsi Sumat...

Selengkapnya
Navigasi Web

JANGAN SUKA GHIBAH OLEH SRI MULIANI,S.Pd. Tantangan Menulis Gurusiana Ke-77

Dalam Q S. AL Hujarat ayat 12 dikatakan

“Dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Apa itu ghibah?

Jika engkau menceritakan hal-hal yang dibenci oleh saudara/kawanmu,sesuai fakta (sesuai kenyataan yang ada) disebut ghibah”. Jika yang dikatakan bertolak belakang dengan kenyataan berarti engkau telah berbohong/fitnah.

Dalam Sunan At-Tirmidzi (2032) dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Rasulullah dulu berdiri di atas mimbar lalu menyeru dengan suara yang keras: ’Wahai sekumpulan manusia yang merasa aman dengan lisan dan yang tidak menjadikan iman dalam hatinya. Janganlah kalian mengganggu muslimin, janganlah kalian mencela mereka, dan janganlah kalian mencari aib mereka. Barangsiapa yang mencari aib saudaranya muslim maka Allah akan membuka aibnya. Dan barang siapa yang Allah buka aibnya maka allah membongkar keburukannya walaupun dia bersembunyi.’” Hadits ini dihasankan Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi.

Diriwayatkan oleh Said bin Zaid RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya; “Sesungguhnya riba yang paling bahaya adalah berpanjang kalam (ucapan) dalam membicarakan (keburukan) seorang muslim dengan (cara) yang tidak benar.” (H. R. Abu Daud)

Hindari ghibah karena sangat berbahaya, marilah kita senantiasa waspada agar tidak terjerumus pada perbuatan yang diharamkan

#Sekian dan terimakasih#

#Salam literasi #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post