Sri.Muliani,S.Pd

BIOGRAFI Telah dilahirkan seorang perempuan pada tanggal 12 Juni 1968 di kota Kuala sebuah kota kecil di Kabupaten Langkat yang terletak di Provnsi Sumat...

Selengkapnya
Navigasi Web

PUASA ARAFAH Oleh SRI MULIANI,S.Pd Tantangan Menulis Gurusiana ke-80

Berdasakan kalender hijriah besok merupakan tanggal 10 Dzulhijah jatuh bertepatan pada tanggal 30 Juli 2020 di kalender Masehi. Biasanya di tanggal tersebut umat Islam melaksanakan puasa sunah. Puasa yang dilaksanakan sebelum hari raya Idul Adha. Puasa tersebut dinamakan puasa Arafah. Meskipun sebelum puasa arafah ada puasa -puasa di bulan Dzulhijah sebelum idul Adha yaitu puasa:

· Puasa Dzulhijjah ,puasa ini dilakukan 1-7 Dzulhijjah 1441 H atau tanggal 22-18 Juli 2020 menjelang lebaran Haji 2020.

· Puasa Tarwiyah yaitu dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau 29 juli 2020. Keutamaannya adalah termasuk dalam keistimewaan ibadah di sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah.

· Puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah atau 30 Juli 2020. Kutamaan puasa Arafah telah di sebutkan dalam hadis riwayat muslim(HR Muslim) yang artinya; “ Aisyah mengatakan Rasulullah SAW berkata,”Tidak ada hari saat Allah SWT membebaskan lebih banyak hambaNya dari api neraka selain pada hari Arafah. Allah SWT mendekat,membanggakan hambaNya di depan para malaikat dan berkata: Apa yang hambaKu inginkan?” Keutamaan lain puasa Arafah dalam (HR Muslim) Nabi Muhammad SAW Menjelaskan yang artinya : Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) Dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Bacaan niat puasa tanggal 9 Dzulhijjah atau puasa Arafah adalah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى ( Nawaitu shauma ghadin “an ada’i sunnati yauma Arafah lillahi ta’ala). Artinya : Saya berniat puasa sunah Arafah esok hari karena ALLAH ta”ala.

Demikian ulasan puasa di bulan Dzulhijjah masih ada kesempatan satu hari esok bagi umat Muslim untuk melaksanakan yaitu puasa Arafah. Mudah – mudahan ada rezeki sehingga di beri kemudahan untuk melaksanakannya. Sebelum saya akhiri saya mohon maaf jika tulisan ini disana –sini masih banyak kekurangan maupun kesalahan. Harap di maklumi.

# Sekian dan terimakasih #

# Salam literasi #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tks sdh berbagi ilmu, sukses bu. saya follow ya bu

31 Jul
Balas

Terimakasih kembali Pak salam sukses selalu

31 Jul

terima kasih bunda sudah berbagi ilmu, keren bunda, salam sukses selalu

30 Jul
Balas

Terimakasih bunda atas kunjungannya, semoga sehat dan sukses selalu

30 Jul



search

New Post