Sri Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berzikir dan Doa

Berzikir dan Doa

Oleh: Sri Mulyani,S.Pd.I

Guru SDN Kotakulon 1 Bondowoso

Setelah menjalankan sholat fardhu atau wajib, Muslim dianjurkan untuk berzikir. Banyak keutamaan yang diperoleh dengan memperbanyak dzikir setelah sholat. Allah SWT berfirman

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.(QS. Surat Al-Ahzab: 41)

Keutamaan pertama dari doa dan dzikir setelah sholat adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selagi kita melakukannya dengan niat dan adab yang benar, insyaallah akan mendapatkan apa yang kita mau. Kehidupan juga akan berjalan dengan lancar.

Memiliki kebiasaan baik dengan selalu membaca doa dan dzikir setelah sholat pastinya akan mendatangkan banyak manfaat dalam hidup. Baik sebagai bekal akhirat maupun pedoman hidup pada alam dunia. Kebiasaan baik ini tentunya harus kita lakukan dengan konsisten.

Keutamaan pertama dari doa dan dzikir setelah sholat adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selagi kita melakukannya dengan niat dan adab yang benar, insyaallah akan mendapatkan apa yang kita mau. Kehidupan juga akan berjalan dengan lancar.

Menambah Rizki

Berikutnya dengan terus berdoa dan berdzikir akan menimbulkan rasa bersyukur pada diri kita. Semua manusia pasti menginginkan rezeki yang cukup. Walaupun tidak banyak, asal cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Saat sedang berdoa dan berdzikir, alangkah baiknya selalu memohon rizki yang barokah dan cukup. Buat apa rizki banyak, tapi tidak cukup. Hal ini tentu akan membuat ketentraman hati.

Mendapatkan ketenangan hidup

Hati merupakan salah satu bagian dari jiwa yang hanya sekilas rasa sakit akan terasa kuat. Selain itu, rasa sakit ini akan terus menghantui hati manusia. Sebab, akan sulit sekali melupakan sesuatu yang menyakitkan. Dengan begitu, melakukan doa dan dzikir setelah sholat akan menghilangkan rasa yang mengganjal pada hati kita.

Tak hanya itu, dengan doa dan dzikir juga akan melatih kesabaran kita. Sehingga akan mudah dalam menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan hati. Bahkan sebagai umat muslim yang beriman akan selalu mengingat Allah SWT.

Terhindar dari godaan syetan

Dalam menjalani kehidupan, manusia selalu berhadapan dengan nafsu. Bahkan segala aktivitas pasti terkendali oleh nafsu.

Jika kita menginginkan hal baik, maka dalam menjalani segala aktivitas harus dengan suasana yang baik pula. Hati kita ini adalah gudang kebaikan dari Allah SWT. Tergantung bagaimana kita bersikap dan juga mengolahnya.

Allah SWT telah memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk mendapatkan pahala dan segala kenikmatan dunia. Bahkan kemudahan bertaubat juga selalu terbuka lebar bagi umat-Nya. Hal ini merupakan salah satu keutamaan dan manfaat jika senantiasa berdoa dan berdzikir.

Bondowoso, 11 April 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post