SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web
CIKASAMA SEPANJANG  MASA
Selamat Hari Ibu

CIKASAMA SEPANJANG MASA

#HARIIBU#

Setiap tanggal 22 Desember di negeri ini selalu diperingati sebagai hari Ibu. Hari ibu ditetapkan adalah untuk menghormati jasa-jasa seorang Ibu yang tiada taranya dan tidak bisa untuk dilupakan. Ibu adalah seorang wanita yang telah melahirkan kita semua. Kata ibu di berbagai daerah banyak sekali sebutannya. Contoh: Ambu (Sunda), Enyak (Betawi), simbok (Jawa), Indok (Sulawesi), Innak (NTB), bahkan ada yang menyebut mami dan mama. Di daerah Kami Ibu biasanya dipanggil mama. Kenapa disebut mama karena seorang wanita mempunyai kelenjar mammae /kelenjar susu yang dipergunakan untuk menyusui anak-anaknya. Seorang mama akan menunjukkan sifat-sifat Cikasama. Apa yang dimaksud dengan Cikasama?

Cikasama itu sebuah akronim yang merupakan singkatan dari kata Cinta Kasih Sayang Mama. Seorang mama sejati pastilah mempunyai rasa Cinta Kasih Sayang yang sangat luar biasa sepanjang hayatnya kepada anak-anaknya. Bagaimana bentuk cikasama dalam kehidupan sehari-hari? bacalah uraian berikut ini.

Seorang wanita ketika sudah menikah dengan seorang laki-laki maka wanita tersebut sudah menjadi seorang ibu rumah tangga. Sebagai seorang ibu rumah tangga pastilah banyak kesibukan yang dikerjakannya bersama sang kepala rumah tangga dengan naluri keibuannya yang penuh cikasama melayani sang suami dan mengurus rumah tangganya meskipun belum mempunyai momongan atau anak. Bangun pagi-pagi sebelum matahari terbit sudah memulai aktivitasnya di dapur memasak, mencuci membersihkan lingkungan sekitar rumahnya dll.

Ketika seorang wanita sedang hamil dalam setiap aktivitas kesehariannya selalu dijaga dengan baik-baik penuh kehati-hatian terutama dalam berperilaku. Karena setiap perilaku seorang mama akan direkam dan menjadi contoh bagi sang jabang bayi yang ada di dalam kandungannya. Jadi seorang wanita hamil sudah harus menanamkan karakter yang baik kepada sang jabang bayi meskipun belum lahir.

Ketika seorang wanita yang sudah menikah dikaruniai momongan maka wanita tersebut mendapat panggilan enyak, ambu, simbok, ibu, mami, mama atau panggilan lainnya dari anak-anaknya sesuai dengan daerahnya masing-masing. Setelah mempunyai momongan seorang bayi maka tugas seorang mama selain mengurus rumah tangga dan suaminya bertambah lagi yaitu mengurus bayinya. Seorang mama dalam mengurus seorang bayi membutuhkan kedisiplinan, kesabaran dan cikasama yang luar biasa. Ciri khas kebiasaan seorang bayi adalah suka menangis baik ketika bangun, mengantuk, lapar, kenyang sakit, kepanasan, kedinginan dll. Ketika sang bayi menangis karena kelaparan segera mama menyiapkan ASI (Air Susu Ibu) atau makanan dan minuman yang menjadi asupan sang bayi tanpa kenal waktu baik pagi, siang sore, malam, tengah malam, dini hari, subuh bahkan kadang-kadang tidak tidur semalaman demi sang bayinya yang sedang rewel.

Seorang mama dengan kesabaran penuh Cikasama merawat, membesarkan bayinya supaya tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, remaja sampai dewasa dan bisa mandiri. Seorang mama menjadi guru yang sebenarnya bagi anak-anaknya di rumahnya, karena seorang mama adalan orang yang paling dekat dan pertama mengenal anaknya. Sehingga seorang mama selain merawat dan membesarkan anak-anaknya juga mempunyai tanggung jawa yang besar dalam mengajar, mendidik, melatih, mengarahkan, memimbing juga membentuk karakter anak-anaknya bersama-sama sang suami di keluarganya. Karakter yang ditanamkan antara lain: disiplin, religius, gotong royong, toleransi, Cikasama dll. Mama pagi-pagi bangun duluan untuk Melaksanakan sholah wajib dan aktivitas pagi merupakan cara menanamkan kebiasaan disiplin dan sifat religius kepada anak-anaknya. Bila ada anaknya yang terlambat bangun segera membangunkan dinasihati dengan penuh cikasama dan supaya menjadi kebiasaan yang baik di kemudian hari. Ketika di kemudian hari anaknya telah berhasil meraih cita-citanya pastilah seorang mama akan sangat bersyukur atas cikasama yang telah ditanamkan kepada anak-anaknya.

Demikianlah kisah Cikasama sepanjang masa yaitu Cinta Kasih Sayang mama sepanjang masa. Begitu besarnya jasa-jasa seorang mama kepada anak-anaknya. Semoga sifat penuh cikasama seorang mama dapat menjadi teladan bagi generasi penerus dan bermanfaat, sekian serta terima kasih. Silahkan dibaca sajian sebait pantun di bawah ini:

Cikasama sepanjang masa

Masa adalah waktu

Waktu sangat berguna

Selamat Hari Ibu

Baroko, 22 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kasih ibu tiada berbilang. Kasih ibu sepanjang masa... Keren menewen Pak Sri... Sukses selalu

31 Dec
Balas

Betul Pak Bur.

31 Dec

Mantap, Pak...

31 Dec
Balas

Iya. Bu

31 Dec

Mantap pak... Salam kenal dan sukses selalu

10 Jan
Balas

Ya. Bu. Terima kasih

11 Jan

Ulasan pak Murwanto keren juga. Salam literasi

05 Jan
Balas

Ya. Bu. Terima kasih

05 Jan

Luar biasa... terima kasih sudah berbagi cerita indah tentang kehidupan seorang ibu... cintanya abadi.... salam semangat.

24 Aug
Balas

Terima kasih. Salam semangat

25 Aug

Selamat Hari Ibu semoga sehat dan bahagia selalu buat seluruh Ibu di dunia ini. Sukses juga buat Bapak Sri Murwanto

22 Dec
Balas

Amiin. Terimakasih Pak Bambang

23 Dec

Keren banget ulasannya.keren sukses selalu buat Bapak aamiin

24 Dec
Balas

Aamiiiin Bu

25 Dec

Mantul. Beda daerah beda budaya ya Bun.

23 Dec
Balas

Betul bun. Tambah kosakata

24 Dec

sukses selalu Pak, Ibu adalah matahari kita

11 Feb
Balas

Betul Bu. Sosok ibu sebagai penerang bagi anak-anaknya.Aamiiin

25 Aug

Keren ulasannya pak

25 Dec
Balas

Ya. Pak.

25 Dec

Akronim yang menarik Pak. Sangat menginspirasi...

29 Dec
Balas

Ya. Bu. Senoga bermanfaat

30 Dec

Cikasama jauh lebih besar daripada cinta pada diri sendiri. Artikel yang super keren, Bu.

09 Jan
Balas

Benar bu. Demi abak-anaknya

11 Jan

Keren cerita ibu menguatkan daya putra putrinya, salam sukses bapak, ijin follow ya

29 Dec
Balas

Benar bu.Silahkan bu.

30 Dec

Masih seputar ibu tetap indah dalam kata ya Pak

25 Dec
Balas

Betul Bun Sepanjang masa

25 Dec

Ulasan yang keren bunda. Selamat hari ibu. Salam sukses selalu.

25 Dec
Balas

Terima kasih

25 Dec

Ulasan yang keren Pak. Salam sukses selalu.

30 Dec
Balas

Aamiiiin

31 Dec

Mnatap ulasannya Pak....salam literasi

24 Dec
Balas

Salam literasi bu

24 Dec

Mantap..semoga menang....sdh saya follow juga..Salam sukses selalu

08 Jan
Balas

Terima kasih Pak. Aamiiiin

09 Jan

Mantap pak.... Selamat Hari Ibu.... Dan terimakasih telah berkunjung diblog saya, ijin follow ya pak... Salam sukses selalu buat bapak

23 Dec
Balas

Silahkan Pak

29 Dec

Keren salam literasi

31 Dec
Balas

Salam literasi.

01 Jan

Mantap ulasannya Pak, salam sukses selalu

23 Dec
Balas

Semoga sukses

24 Dec

Saya kira kata jika Pak. ternyata adalah akronim.

24 Dec
Balas

Ya. Akronim bu

25 Dec

Keren luar biasa cikasama sukses selalu pak

28 Dec
Balas

Aamiin bun

29 Dec

Wah dapat kosa kata baru cikasama. Keren Pak ulasannya. Sukses selalu buat bapak

24 Dec
Balas

Akronim bu. Amiin

24 Dec

Silahkan Pak. Terima kasih.

23 Dec
Balas

Terima kasih. Salam literasi

25 Dec
Balas

Benar Pak cikasama sepanjang masa. Kasih dan jasanya tidak kan pernah terbalaskan oleh kita

27 Dec
Balas

Ya. Bun. Semoga berkah

29 Dec

keren sekali pak, sukses selalu pak

23 Jan
Balas

Terima kasih. Aamiiin

24 Jan

Mantab ulasannya Pak... Sukses selalu untuk karyanya dan salam literasi

27 Dec
Balas

Aamiin. Salam literasi

29 Dec

Mama, teladan kasih sayang. Keren pak . Salam literasi

29 Dec
Balas

Ya. Bu Salam literasi

29 Dec

Mantab tulisannya pak

26 Dec
Balas

Terima kasih pak

26 Dec

Ulasan yang keren pak. Salam kenal dan salam.literasi

25 Dec
Balas

Waalaikum salam. Salam literasi

29 Dec

Kisah ibu memang tidak akan pernah habis untuk dikisahkan....,keren pak...salam literasi

28 Dec
Balas

Ya. Sebagai inspirasi bu. Salam literasi

29 Dec



search

New Post