SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web

RASANYA KHAS MENGGODA PENIKMAT

Desa Sumbang terletak  di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan  Penduduk di daerah ini mayoritas petani. Petani banyak membudidayakan tanaman padi. Tanaman padi bahasa latinnya Oryza sativa. Penduduk lebih mengenal dengan nama Pare. Banyak jenis varietas padi yang ditanam penduduk diantaranya padi IR 36, Ciliwung, Pinjan dan mandoti. Padi Pinjan dan mandoti  termasuk jenis padi ketan. Padi  ini setelah  dipanen dikeringkan dan di pabrik akan menjadi beras ketan.

Beras ketan bermacam-macam warnanya ada yang berwarna merah, putih dan hitam.  Beras ketan selain enak dimakan dapat diolah menjadi bajek, sokok  juga dapat juga dibuat menjadi  tape dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional. Bioteknologi konvensional atau tradisional adalah bioteknologi yang memanfatkan secara langsung mikroorganisme seperti bakteri maupun jamur dan melibatkan proses fermentasi untuk menghasilkan produk atau  jasa.

Bagaimana cara membuat tape? Cara membuat tape  sebagai berikut:

a.  Alat dan bahan:

1)  Baskom                                 

2)  Spatula                                   

3)  Panci 

4)  Air Bersih 2 liter

5)  Beras Ketan  1 Kg

6)  Ragi tape (Sacharomyces cerevisiae)

7)  Cangkok Manis

b.  Langkah kerja:

1)      Siapkan alat dan bahan.

2)      Rendam beras ketan dalam baskom selama kurang lebih 10 jam.

3)      Kukuslah beras ketan selama kurang lebih 1 jam.

4)      Dinginkan  beras ketan tersebut sampai benar-benar  dingin.

5)      Taburkanlah ragi tape (Sacharomyces cerevisiae) yang sudah dihaluskan  secara merata di beras ketan.

6)      Bulatkan beras ketan yang sudah dicampur dengan ragi dengan tangan seperti bentuk bola.

7)      Beras ketan yang sudah dibulatkan tadi tempatkan di dalam panci, percikkan beberapa percik cangkok manis kemudian tutup dengan daun pisang. Pada lapisan kedua susunlah bulatan beras ketan selapis lalu percikkan beberapa percik cangkok manis, tutup dengan selapis daun pisang. sampai beberapa lapis bulatan beras ketan atau  panci telah penuh.

8)      Tutuplah panci dengan tutup panci lalu  bungkus dengan selembar kain dan   simpanlah di dalam lemari.

9)      Diamkan selama 3 hari supaya terjadi proses fermentasi.

10)   Selama fermentasi  tutup tidak boleh dibuka.  

 

Tempat atau wadah tape harus ditutup rapat dengan daun pisang tutup panci dan kain  supaya  proses fermentasi tdak terganggu. Fermentasi  atau peragian  adalah proses pernapasan anaerob yang terjadi tidak membutuhkan oksigen. Jangan coba-coba membuka penutup tape ketika terjadi  proses fermentasi mengapa? Karena  ketika dibuka tutup panci tepat tape   tersebut belum waktunya maka poses fermentasi tidak terjadi secara normal sehingga proses pembutan tape akan gagal.

Tape mempunyai rasa yang khas, Rasanya yang khas menggoda penikmat. Ada rasa manis, Asam, Kecut, pahit dan bau yang khas alkohol. Mengapa tape mempunyai rasa yang khas? 

Pada pembuatan tape ternyata selain ragi tape (Sacharomyces cerevisiae)  masih ada lagi mikroorganisme lain yang berperan diantaranya Jamur Aspegillus sp, dan bakteri Acetobacter  aceti. Mikroorganisme ini saling bekerja sama mengubah beras ketan menjadi tape. Selama proses fermentasi terjadi pemecahan amylum atau atau zat tepung atau pati yang terdapat pada beras ketan oleh Jamur Aspegillus sp menjadi glukosa sehingga tape mempunyai rasa manis. Glukosa yang terbentuk selanjutnya difermentasi oleh  jamur Sacharomyces cerevisiae  menjadi alkohol sehingga tape mempunyai aroma yang khas alkohol.

Tape  sumbang mempunyai  bentuk yang unik bulat seperti bola karena dalam pembuatan sengaja dibentuk bulat-bulat supaya terlihat lebih menarik penikmat.

Dalam pembuatan tape  ditambahkan  cangkok manis. Cangkok manis berasal dari air rebusan daun katub. Tujuan pemberian cangkok manis supaya menghasilkan air tape yang banyak.  Tape  yang sudah jadi bisa bertahan 1 sampai 3 hari tetapi kalau mau tahan lama silahkan disimpan di kulkas.

Demikian sajian makanan tradisional tape khas sumbang Kami sajikan semoga dapat  menambah wawasan dan bermanfaat.  Bagi yang penasaran silahkan mencoba. Percayalah.

 

Tape manis khas dari sumbang

Sumbang ada di kecamatan Alla

Barang siapa suka curang

Pasti  banyak orang  tak percaya

 

 

 

#Tugas Proyek IPA Terpadu SMP#

Baroko  1 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap,, Saya sangat suka dengan tape,, Sukses selalu

11 Aug
Balas

Terima Kasih Pak

13 Aug

Luar biasa guru IPA banget, praktik pembelajaran secara riil dengan membuat tape. Sehat, bahagia, dan sukses selalu.

20 Aug
Balas

Terima kasih Pak Mulya. Selamat berkarya semoga sukses

22 Aug

Pak, daun katub apa sama dengan daun katuk?

19 Aug
Balas

Ya. Bu Yang biasa untuk memperlancar Ibu menyusui

19 Aug

Keren Bpk, tape ketasn adl menu idola di saat lebaran atau hajatan2 lainnya di tpt sy... Smg sukses, mkasih kunjungannya...

13 Aug
Balas

Benar Bu. Tape adalah produk bioteknologi konvensional yang sering digunakan untuk hidangan pada hajatan. Sama-sama Bu.

13 Aug

Saya suka tape ..enak ..manis..

26 Aug
Balas

Betul Bun

08 Oct

Betul Bun

08 Oct

Betul Bun

08 Oct

Keren pak sukses selalu salam literasi

25 Aug
Balas

Terima kasih Bun. Selamat berkarya lanjutkan

26 Aug

Saya suka....saya suka....mantaap

23 Aug
Balas

ya. ya. ya. Terima kasih Bun

24 Aug

Keren

19 Aug
Balas

Terima kasih. Selamat berkarya Pak

19 Aug

Wah saya juga suka dengan tapai kalau bahasa tempat saya pak. sukses pak

22 Aug
Balas

Ya. Bu terima kasih. lain daerah lain namanya Selamat mempraktekkan

23 Aug

Waduh saya suka, izin folliwya makasih

23 Aug
Balas

Ya. bu Silahkan

24 Aug

Keren pak. Peuyeum kata orang bandung mah

13 Aug
Balas

Ya. Bu. Setiap daerah punya nama sendiri Salam literasi.

14 Aug

Wah pak saya sangat suka tape. Tape beras ketan maupun tape ubi. Hehehe

12 Aug
Balas

Betul Bu. Selamat menikmati

13 Aug

Terimakasih pak ilmunya.saya suka. Semoga bapak sehat selalu dan makin sukses dalam berkarya aamiin. Salam literasi

17 Aug
Balas

Aamiiin. Terima kasih. Semoga ilmunya berkah

17 Aug

Hmmm, mantab sekali, nih. Enak.

11 Aug
Balas

Ya Pak. Selamat mencoba

11 Aug

Wauu keren pak. Mau coba cicip pak

20 Aug
Balas

Ya. Silahkan. Selamat Praktek Bu. Semoga berhasil

22 Aug

Saya suka pak... Terima kasih sudah berbagi resepnya. Salam sukses selalu

29 Aug
Balas

Terimakasih sdh berbagi resep... Sangat bermanfaat... Keren pak.... Sukses selalu

24 Aug
Balas

Terima kasih bu. Selamat mempraktekkan. Semiga beekah

24 Aug

Terima kasih bu. Selamat mempraktekkan. Semiga berkah

24 Aug

Jadi pengen bikin tape. Keren ulasannya pak. Salam

22 Aug
Balas

Waalaikum salam Wr. Wb. Selamat berpraktek

22 Aug

Mantap pak sangat mengispirasi

15 Aug
Balas

Ya Bun. Silahkan Mencoba

16 Aug

itu pekerjaan ibu saya. apalagi saat hari raya hingga 25 liter sehari pesanan orang2 kampung selama seminngu penuh

22 Aug
Balas

Wah. luar biasa ibu banyak penghasilannya. Semoga tetap lancar Rezekinya.

23 Aug

Sangat terbayang manis nya tape

18 Aug
Balas

Selamat Mencoba Bu

19 Aug

Sudah saya follow ya

18 Aug
Balas

Ya. Bu Silahkan

19 Aug

Sudah saya follow ya

18 Aug
Balas

Terima kasih

19 Aug

Saya suka tape, terimakasih ilmunya pak

14 Aug
Balas

Ya. Bun. Semoga bermanfaat

14 Aug

Wah keren bunda

25 Aug
Balas

Yaa.. Bun. Silahkan praktek

26 Aug

Terima kasih Pak Selamat mencoba dan menikmati

11 Aug
Balas

makanan favorite banget,...terima kasih sudah berbagi tutorialnya, salam sukses selalu

20 Aug
Balas

Waalaikum salam Wr. Wb. Alhamdulillah semoga bermanfaat.

22 Aug

terfavorit lah pak makanan satu ini----salam sukses selalu

26 Aug
Balas

Ya.. Bu. Terima kasih

08 Oct



search

New Post