SRI MURWANTO

Pria ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 adalah alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer...

Selengkapnya
Navigasi Web
 SI MERAH  AROMANYA  MENGGODA  RASANYA KHAS
Tanaman Strowberry Bagus

SI MERAH AROMANYA MENGGODA RASANYA KHAS

Sebagai seorang siswa sebuah Sekolah Dasar (SD) Bagus banyak melakukan  kegiatan-kegiatan rutinitas di rumah saja. Kegiatan yang dilakukan  disamping belajar daring di rumah antara adalah bermain di sekitar rumah bersama teman-temannya, seperti: bermain layang-layang  dan bermain sepeda. beraktifitas di kebun membantu kerja orang tuanya  seperti: memetik kopi, menanam kacang merah, menanam  sayur-sayuran dan menanam bawang. beraktifitas rutin di rumah membantu kerja orang tuanya, seperti: beternak ayam, membersihkan lingkungan sekitar rumah dan memelihara, menanam tanaman di pekarangan rumah.

Salah satu tanaman yang dikembangkan di rumah adalah tanaman strawberry. Tanaman ini cocok ditanam ditanam di daerah dataran tinggi yang berhawa. Tempat tinggal Bagus memiliki ketinggian lebih dari 800 meter dpl termasuk daerah yang dingin. Sehingga cocok untuk menanam  tanaman strawberry. Tanaman ini berasal dari benua Amerika masuk ke daerah Bagus sejak zaman penjajahan Belanda di bawa oleh orang Belanda Tanaman ini dikembangkan masyarakat sekitarnya sampai sekarang sebagai tanaman hias.

Ciri-ciri tanaman  strowbery antara lain: Daun berwarna hijau berbentuk bulat  bergerigi di pinggirnya, Helaian daun tersusun 3. Batang berbuku-buku dan berruas, mempunyai cabang yang menjalar di atas tanah  yang dinamakan geragih /stolon. Mempunyai akar tunggang besar dengan akar serabut yang banyak. Tanaman ini dikembangbiakkan secara vegetatif alami dengan menggunakan geragih atau stolon. Geragih adalah batang yang menjalar di atas tanah.

Bagaimana cara menanam Strowwbery? Bagus menjawab “Untuk menamam tanaman ini langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1)    Menyiapkan alat dan bahan.

a)    Alat: Pot atau polibeg, cangkul, sabit, pisau

b)    Bahan: Tanah, pasir, pecahan batu merah, Air, Pupuk, Bibit tanaman strawberry.

2)    Siapkan Pot atau polibeg buatlah lubang-lubang kecil di bagian bawah Pot atau polibeg untuk tempat membuang kelebihan air.

3)    Isilah Campuran tanah, pasir dan pupuk kandang kedalam Pot atau polibeg.

4)    Letakkan geragih atau stolon tanaman strwbery ke permukaan Pot atau polibeg dan timbunlah bagian yang ada akarnya dengan tanah lalu timbunlah dengan tanah.

5)    Setelah kira-kira satu minggu akar geragih akan tumbuh dengan baik di Pot atau polibeg lalu potonglah batang geragih dari induknya.

6)    Rawatlah Pot atau polibeg yang sudah ditanami strowbery tersebut dengan rutin menyiram pagi dan sore hari.

7)    Gemburkanlah tanah di dalam Pot atau polibeg setiap 1 minggu serta bersihkan dari rumput liar  yang muncul.

8)    Berilah pupuk organik dari kotoran kambing setiap bulan sekali.

9)    Kira-kira  2-3 bulan strawberry akan tumbuh bunganya dan akan berkembang menjadi buah sampai  masak berwarna merah menyala dengan bintik-bintik kecil kuning.

10) Buah yang sudah tua dan masak siap dipetik untuk dikemas dan dijual.

Perawatan tanaman  Strowwbery tidak terlalu rumit karena dapat ditanam di pot atau polibeg. Sering membersihkan rumput atau gulma yang muncul, menggemburkan tanahnya, menyiram pagi dan sore. Serta memberikan pupuk organik (kotoran gambing). Rajin memangkas dau dan rantingnya yang kering supaya cepat bertunas dan tumbuh bunganya. Bunga tanaman  Strowwbery berwarna putih setelah berkembang menjadi buah muda yang berwarna putih dan lama kelamaan menjadi tua berwarna merah menyala. 

Buah  Strowwbery yang sudah tua siap dipanen. Strawbery biasanya dikemas dengan bungkus plastik  kecil-kecil berisi 10 buah dijual dengan harga antara Rp 10.000,- sampai dengan  Rp 15.000,- di Pasar dekat rumah. Bila banyak hasilnya berarti bisa untuk menambah pembeli ikan mama Bagus ya. Strawberry yang sudah dipetik  dapat langsung dimakan sebagai buah, warnanya yang merah menyala dengan bintik-bintik kecil kuning dengan aroma yang khas rasa manis masam sangat menggoda bagi konsumen baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.  Buah ini  dapat juga diolah menjadi jus, sirup, es buah, salad buah dan aneka olahan makanan yang lainnya.

Manfaat buah strawberry antara lain: untuk menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, obat jerawat, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan otak, menjaga tekanan jantung, mencegah penuaan dini,  Jadi bagi yang meginginkan awet muda silahkan rajin-rajin mengkonsumsi strawberry. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan baik untuk dikonsumsi penderita Diabetes Melitus /kencing manis /penyakit gula. karena termasuk buah yang rendah kadar gulanya.

Demikianlah  kisah Bagus untuk mengisi kejenuhan rutinitas belajar di rumah saja dengan menanam strawberry. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi teman-teman yang lainnya. Aamiiiin. 

 

 

 

 

#Kisah Masa Pandemi Covid-19#

Baroko, 21 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Terimakasih pencerahannya. Sukses selalu

23 Jul
Balas

Sama-sama

23 Jul

Sayang di Medan daerah panas nggak bisa berbuah katanya ya Bu. Pengen juga nanam..Makasih infonya ya Bu.

25 Jul
Balas

Silahkan mencoba BuRajinlah memangkas Tempatkan di tempat yang teduh

26 Jul

Kalau di daerah panas seperti Surabaya/Sidoarjo bisa tumbuh gak ya ? nya

25 Jul
Balas

selamat mencoba Bu Carikan tempat yang teduh Bu

26 Jul

Subur banget bund. Terimakasih share ilmunya

24 Jul
Balas

Ya. Rajin merawat Bagus Bu

26 Jul

wah..koleksi strawberry nya menggoda. Terima kasih infonya lengkap. Sukses selalu

25 Jul
Balas

Terima kasih

26 Jul



search

New Post