Sri Puji Rahayu

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tidak PD dengan tulisan kita? Inilah solusinya...

Tidak PD dengan tulisan kita? Inilah solusinya...

Oleh

Sri Puji Rahayu

Merasa tidak PD alias tidak percaya diri lazim dirasakan oleh seseorang yang baru pertama kali menulis. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul didalam benak penulis pemula adalah ‘Layakkah tulisanku dibaca publik?’. Rasa minder ini muncul lantaran dia tidak yakin bahwa tulisannya mempunyai daya pikat. Nah...kalau rasa tidak PD ini menyerang, bagaimana melawan hal tersebut?

Menurut bapak Murman tidak ada yang sempurna pada naskah pertama. Penyempurnaan bisa dilakukan pada saat proof-reading atau pada cetakan kedua, ketiga dan seterusnya. Setiap naskah yang kita hasilkan adalah yang terbaik. Paling tidak, bagi orang – orang terdekat kita. Biarlah orang lain yang menilai karya kita. Tugas kita hanya ada 3 yakni menulis, menulis dan menulis. Demikian jawaban pak murman ketika ada seorang peserta pelatihan yang curhat, bahwa dirinya merasa tidak PD dengan tulisan yang dibuatnya. Lanjut beliau apabila ingin menghilangkan rasa tidak PD itu dengan menulis lagi dan lagi. Lupakan karya pertama. Tulis naskah kedua, dan buat dengan lebih sempurna.

Kesimpulannya adalah untuk mengatasi rasa tidak percaya diri terhadap tulisan yang kita buat adalah dengan menulis, menulis dan me...nu...lis...titik. Tulisan ini dibuat sebagai pengingat khususnya bagi penulis sendiri ketika virus tidak PD datang menyerang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Manteppp....

03 Sep
Balas

Semoga bisa mengikis rasa tidak PD pak

03 Sep

siippppp lanjuuuuuuuutttt Bu

02 Sep
Balas

Mencoba... Salam kenal Bu rohmah

03 Sep



search

New Post