SRI RAHAYU

Guru kampung yang senang berbagi cerita lewat tulisan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran dalam Ujian (Hari ke-381)

Pembelajaran dalam Ujian (Hari ke-381)

Belajarlah sebelum ujian. Kata-kata ini sering diucapkan kepada anak-anak atau orang dewasa yang akan mengikuti ujian. Seolah-olah ketika ujian berlangsung, tidak ada lagi proses belajar di sana.

Padahal dalam sebuah ujian banyak pembelajaran. Ujian juga sebuah proses. Perlu dinikmati sensasinya. Jika seseorang menjalani ujian lalu dihantui perasaan takut tidak lulus, pasti suasana akan menjadi horor. Keringat dingin bisa bercucuran. Tangan basah selalu oleh keringat. Kepala pun jadi cenat cenut. Dalam kondisi begini, bagaimana otak bisa diajak berpikir "waras". Apalagi jika ujian berbayar. Tambah beban di kepala. Kalau tidak lulus, duh sayangnya uang melayang. Begitulah bayangan di benak.

Oleh karena itu, perlu ada persiapan "paripurna". Mulai dari pisik, mental, dan dompet. Mental perlu diyakinkan bahwa mampu menghadapi ujian. Pisik perlu mengonsumsi asupan gizi. Supaya ada energi untuk berpikir. Dompet perlu dipersiapkan untuk biaya operasional. Ketiganya merupakan trio yang diperlukan untuk berkolaborasi seimbang.

Jika ketiganya sudah kompak, maka proses ujian akan dapat dinikmati. Dari rasa nikmat inilah akan mengalir ilmu bermanfaat yang akan terkenang seumur hidup. Betapa perjuangan menghadapi ujian tersebut begitu indah untuk dikenang. Apabila kelulusan ending-nya akan menambah energi berkarya. Kalaupun gagal ujungnya, akan jadi pembelajaran untuk lebih waspada dan mempersiapkan diri lebih baik di masa mendatang. Lalu uang yang lenyap bagaimana? Ah, selalu ada kemudahan bagi mereka yang berjuang di jalan ilmu pengetahuan.

Life so simple, right?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pembelajaran dalam Ujian, keren ulasannya

29 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkenan mampir, Bu. Sukses selalu

30 Jan



search

New Post