SRI RAHAYU

Guru kampung yang senang berbagi cerita lewat tulisan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Post Power Syndrome (Hari ke-386)

Post Power Syndrome (Hari ke-386)

Jabatan cenderung mengundang kekuasaan. Seseorang dalam posisi ini sering merasa mendapat energi lebih. Senyumnya sumringah menghadapi dunia. Netra berbinar-binar menatap alam raya. Seolah-olah semua menyambut kehadirannya di dunia.

Lalu bagaimana jika jabatan itu telah mencapai ujungnya? Kekuasaan pun sirna. Seketika merasa energi terkuras. Mata layu dan senyum membentuk garis lurus. Lunglai. Post Power Syndrome mulai menghampiri. Perasaan menjadi sensitif, naluri tersinggung tinggi. Hanya karena ucapan sederhana atau tatapan terpana. Seketika semua berubah menjadi bom waktu yang siap meledak.

Beradaptasi pada posisi tinggi biasanya lebih mudah daripada ketika harus turun. Hanya pemilik jiwa besar yang dapat melalui masa-masa kritis post power syndrome. Kehilangan power itu biasa. Tapi, merasa tak berguna perlu diwaspadai. Jika rasa ini mulai singgah dan dipelihara, maka kreativitas bisa benar-benar mati.

Naik dan turun (jabatan) merupakan sunatullah. Ada saat naik, ada saat turun. Naik terus tidak turun-turun juga bahaya. Bisa lupa wangi bumi (tanah). Bagaimana keseimbangan menggenggam dunia pada saat dinpuncak, akan membantu saat harus melepaskan jabatan. Sehingga ketika satu-satu harus diletakkan, masih ada energi untuk berkarya. Kekuatan berbagi dan ketulusan akan mengundang aura kreativitas ke depannya.

Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post