SriRahayu

Guru MTsN 1 Kota Tangerang Selatan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ronda Inflasi
@Republika

Ronda Inflasi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, menyatakan pentingnya Gerakan nasional untuk mengendalikan inflasi pangan. Semua pihak, harus bekerja sama dalam mengatasi inflasi di Indonesia, terlebih mengingat kondisi ekonomi dunia yang sedang menghadapi gejolak.

Beliau memberi contoh, Cina yang saat ini masih memberlakukan lockdown maka berimbas pada masalah distribusi pasokan pangan global. Juga perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, padahal kedua negara adalah pemasok 20% harga energi dan pangan dunia. Akibatnya, terjadi kenaikan harga-harga di dunia.

Perry menambahkan, beberapa negara di dunia termasuk negara yang tingkat inflasinya tinggi, berupaya menurunkan dengan cara menaikkan suku bunga. Namun inflasi tidak turun, akibatnya ekonomi turun drastis. Sehingga beresiko resesi, tentu yang dirugikan rakyat.

Tugas pemerintah adalah melindungi rakyatnya dari imbas naiknya harga-harga di pasar global agar tidak sampai menyebabkan harga-harga di dalam negeri ikut naik.

Bagaimana caranya ?

Salah satunya dengan ronda inflasi, kata Perry sebagai upaya yang bisa dilakukan. Seperti halnya meronda, melakukan siskamling (sistem keamanan lingkungan) diwaspadai dan dipantau. Kalau terjadi suatu bahaya, mari kita guyub rukun, bersama-sama melakukan upaya untuk melindungi rakyat dari dampak global, mengatasi kenaikan harga, inflasi terkendali, dan ekonomi tumbuh.

Cara lain, kata Perry adalah dengan menjalin kerja sama antar daerah dengan erat, misalnya berbagai kota atau kabupaten. Tujuannya supaya betul-betul kekurangan pasokan pangan di suatu daerah dapat dipenuhi oleh daerah lain.

Langkah bersama pengendalian inflasi pangan, membutuhkan upaya ekstra agar inflasi dapat sesuai sasaran dan kolaborasi bersama dalam pengendalian inflasi. Dampaknya pada percepatan pemulihan ekonomi yang optimal dan menyejahterakan masyarakat, tambah Perry. Disarikan dari berbagai informasi internet.

#Hari ke 248

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informatif sekali bunda terima kasih berbagi info baik ini sukses selalu bun

06 Sep
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda Evi, semoga bahagia selalu

09 Sep

mari kita guyub rukun, bersama-sama melakukan upaya. Cucokkk bgt ini. Setuju sy bunda. Ulasan keren memotivasi

06 Sep
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda Siska, semoga bahagia selalu

09 Sep

Ronda inflasi, seakan menggambarkan kondisi darurat. Tks ulasannya Bu Sri Rahayu, sangat informatif

06 Sep
Balas

Tampaknya seperti itu pak, terimakasih apresiasinya pak Rochadi Arif Purnawan. Semoga bahagia selalu

09 Sep

Ulasan yang menarik, Bu. Inflasi bukantanggung jawab pelaku ekonomi saja. Seluruh rakyat harus bersinergi. Salam sukses selalu.

06 Sep
Balas

Betul bun, terimakasih apresiasinya bunda Cicik. Semoga bahagia selalu

09 Sep

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan... salam literasi sehat sukses selalu bunda Sri Rahayu bersama keluarga tercinta

06 Sep
Balas

Terimakasih apresiasinya pak Sugiharto, semoga bahagia selalu

09 Sep

Ulasan yang sangat informatif Bunda Sri, kita semua bertanggung jawab. salam sehat dan bahagia selalu.

06 Sep
Balas

Terimakasih apresiasinya bunda Libe, semoga bahagia selalu

09 Sep

Mantap ulasannya. Cocok nih bunda jadi menteri keuangan.

05 Sep
Balas

Bisa aja, alhamdulillah basic pendidikan saya ekonomi bun. Terimakasih apresiasinya bunda Nanik, semoga bahagia selalu

09 Sep



search

New Post