Sri Suni Hikmatinah S. Pd. Ing

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mitos atau bukan?

Pohon pisang biasanya banyak sekali tumbuh di Pekarangan sekitar kita. Pohon pisang berkembang biak dengan cara bertunas. Tunas inilah yang bakal menjadi tanaman pisang baru nantinya. Ternyata pohon pisang itu hebat. Batang pisang, daun pisang, buah pisang dan jantung pisang semuanya ada manfaatnya. Mari kita ulas satu persatu.

Batang pisang atau gedebog pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, batang pisang sering dibuang begitu saja sebab kita belum merasakan khasiatnya. Di Amerika Serikat, batang pisang merupakan barang langka dan hanya ada di Super Market dengan hanga jual yang sangat tinggi. Mengapa demikian ?

Karena mereka sudah tahu manfaat batang pisang bagi kesehatan dan sudah mencobanya. Batang pisang termasuk kedalam obat-obat herbal. Berikut manfaat batang pisang bagi kesehatan yaitu :

· Mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

· Mengatasi asam lambung.

· Mengatasi batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

· Melancarkan pencernaan dan detoksifikasi.

· Menurunkan berat badan.

· Membersihkan darah kotor.

Untuk daun pisang, semua orang tahu manfaat sebagai pembungkus makanan. Hal ini disebabkan daun pisang mempunyai daun yang lebar. Dengan demikian akan lebih mudah untuk membungkus makanan.

Sedangkan buah pisang, biasa kita temui di pasar tradisional maupun di super market. Banyak jenis buah pisang tapi yang paling lezat adalah pisang gembor. Disamping buahnya besar-besar juga apabila dikonsumsi satu buah saja sudah terasa kenyangnya.

Teringat dengan jantung pisang.

Dua kali selesai melahirkan, hidangannya selalu disajikan hanya jantung pisang dan kecap oleh ibunda tercinta. Dan beliau sering bilang jikalau jantung pisang dapat membuat air susu kita menjadi berlimpah, benarkah ????penuh tanda Tanya.

Zaman belum secanggih seperti saat ini tapi para orang tua zaman dahulu menganggap mengkomsumsi jantung pisang sewaktu selesai bersalin akan memperbanyak air susu ibu melahirkan. Dengan demikian akan memudahkan si ibu karena tidak harus membeli susu formula. Disamping efeknya bagi bayi tersebut mereka akan tumbuh sehat dan cerdas.

Setelah dibaca diinternet ternyata banyak manfaat dari jantung pisang sama dengan batang pisang tapi jikalau dikaitkan dengan air susu ibu setelah bersalin tidak ada kejelasannya diinternet. Jadi ini Mitos atau bukan??

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post