Sri Suni Hikmatinah S. Pd. Ing

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ujian Praktek Bertema “Masakan Tradisional”

Ujian Praktek Bertema “Masakan Tradisional”

Pagi ini hari Selasa, tanggal 18 Februari 2020, cuaca kurang bersahabat hujan rintik-rintik sedari semalam. Sedikitpun tak mengurangi semangat kami, warga SMP Negeri 7 Tanjungpandan untuk berangkat ke sekolah lebih awal walaupun kami harus menggunakan jas hujan.

Hari ini akan dilaksanakan Ujian Praktek mata pelajaran Bahasa Inggris, adapun materi yang akan diujikan adalah Teks Procedure bertema “Masakan Tradisional”.

Mengapa mengambil tema tersebut??

Hal itu disebabkan karena Teks Procedure didalam kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2020 ini bertemakan “Masakan Tradisional”. Insya Allah akan memudahkan para peserta didik untuk memahami teks tersebut apabila sudah dipraktekkan.

Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2020 tentang Teks Procedure adalah sebagai berikut :

· Disajikan sebuah Teks Procedure resep Masakan Tradisional, peserta didik dapat menentukan target pembaca teks dengan benar.

· Disajikan sebuah Teks Procedure yang sama, peserta didik dapat menentukan rincian langkah yang terdapat dalam teks dengan benar.

· Disajikan sebuah Teks Procedure yang sama, peserta didik dapat menentukan akibat tidak mengikuti langkah dengan benar.

· Disajikan sebuah kutipan kalimat dari Teks Procedure yang sama, peserta didik dapat menentukan persamaan salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan benar.

Teks Procedure ini adalah materi pelajaran semester 1 di kelas 9, tentu saja disemester lalu sudah pernah dipelajari dan dipraktekkan berikut para peserta didik harus mempresentasikan bagaimana cara membuatnya didepan kelas.

Ada beberapa materi yang telah dibahas saat itu antara lain :

· Bagaimana cara mengoperasikan komputer.

· Bagaimana cara menanam cabe.

· Bagaimana cara membuat kerajianan seperti bunga dari kresek, layang-layang, tempat tissu dan lain-lain.

Sengaja semua dipelajari karena kita tahu materi apa yang akan keluar pada saat Ujian Nasional tahun ini. Pada semester lalu kisi-kisi belum keluar dari pusat jadi masih merabah-rabah maka dari itu tak ada salahnya untuk mempelajari semua materi yang berkaitan dengan Teks Procedure.

Hari ini yang jadwal Ujian Praktek hanya untuk dua kelas yaitu kelas 9A dan 9D, nampak jelas para peserta didik sangat antusias untuk menyajikan yang terbaik. Mereka juga menyiapkan kliping tentang bagaimana cara membuat masakan tradisional yang telah mereka praktekkan di rumahnya masing-masing secara berkelompok dan hasilnya dibawa ke sekolah untuk dihidangkan. Kliping tersebut lengkap dengan fhoto-fhoto mereka sedang membuat masakan tersebut.

Kenapa tidak dikerjakan di sekolah saja???

Sebab banyak sekali pertimbangan yang sangat merepotkan jikalau dikerjakan di sekolah mengingat ini bukanlah pelajaran prakarya. Kami guru-guru Bahasa Inggris hanya menilai langkah-langkah pembuatan masakan tradisional dalam Bahasa Inggris. Itu sangat jelas ada pada kliping yang mereka buat.

Demikian

Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sambil menyelam minum aik bu, pelajarannye dpt, makannye juak dpt, hehe..

19 Feb
Balas



search

New Post