Sri Suwarni

SRI SUWARNI Lahir di Kab.Semarang, profesi sebagai Guru SD sejak tahun 1984. Lulus D2 di IKIP Negeri Semarang, S1 di UNDARIS, S2 di STIEPARI Semarang. Se...

Selengkapnya
Navigasi Web

MELESTARIKAN LINGKUNGAN SUNGAI(TANTANGAN HARI KE 24)

MELESTARIKAN LINGKUNGAN SUNGAI

Tantangan hari ke 24

Sri Suwarni,S.Pd.M.Si

Pada hari minggu tanggal 12 Januari 2020 bertepatan di sungai Tengaran ada kegiatan menangkaran bibit ikan air tawar,diantaranya ikan tawes ,munjair,lele dan bawal.Bibit ikan adalah bantuandari kementrian perikanan.Yang ikut melaksanakan program melepat bibit ikan itu dari kelompok tani Ngudi rahayu Tengaran.Bantuan bibit ikan yang diberikan kepada kelompok perikanan s3moga berkembang baik,setelah mendapatkan pelatihan.Sungai di wilayah Tengaran akhir-akhir ini sudah mulai tercemar dari limbah pabrik.

Untuk menanggulangi pencemaran sungai itu maka ada larangan tidak boleh membuang sampah sembarangan.Buang sampah sembarangan mengakibatnya banjir bandang,sungai kotor,dan kerusakan lingkungan kita."Alhamdulillah dari pemerintah memberikan bantuan bibit ikan dan lele,agar dikembangkan dan lestari adanya.Pemerintah menghimbau kepada masyarakat jangan memuang sampah sembarangan."

'Awas jangan buang sampah di sungai,bagi yang membuang sampah di sungai didenda Rp5000,00,mari kita jaga lingkungan sungai dengan sebaik-baiknya."Pak Kartono menyetujuiadanya denda buat siapa saja yang membuang limbah atau sampah di sungai.Aliran sungai di Tengaran masih bersih,maka akan dijadikan sungai yang dilestarikan oleh masyarakat setempat.Maka sungai itu mendapat bantuan dari Dinas Perikanan bibit ikan,yang mana bibit ikan di tabur,ini salah satu cara untuk melestarikan lingkungan sungai disekitar kita.

Benih ikan ditabur dikandung maksud habitat sungai tetap lestari dan lingkungan sungai akan digemari oleh manusia,karena nyaman,lestari bila ikan sudah besar ikan-ikan itu boleh diambil tetapi dengan cara dipacing,tidak boleh mengambil ikan secara sembarangan.Misalkan ada yang menggunakan setrum,bom,ini akan menghabiskan bibit-bibit yang masih kecil.yang nantinya punah.Kalau seperti ini beberapa orang ingin melestarikan,tapi ada satu orang yanf tidak bertanggung jawab merusak ya lingkungannya tidak jadi lestari.

Mari ita menjadi warga yang baik dengan mau melestarikan lingkungan sungai Tengaran yang sekaligus sebagai tempat rekreasi memancing.diwaktu menebar benih semua dengan harapan ikan-ikan yang ditabur beberapa bulan bisa diambil atau di panen bersama-sama.tujuan utama penebaran benih ikan memang untuk melestarikan lingkungan sungai.Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung acara menebar benih di sungai.Yang melestarikan lingkungan kalau bukan kita sebagai warga siapa lagi?"Melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua.ada slogan"Letraikan lingkungnmu pasti kamu nyaman".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cinta lingkungan, cinta diri

08 Feb
Balas

Ya mbak betul

08 Feb
Balas



search

New Post