Sri Suwarni

SRI SUWARNI Lahir di Kab.Semarang, profesi sebagai Guru SD sejak tahun 1984. Lulus D2 di IKIP Negeri Semarang, S1 di UNDARIS, S2 di STIEPARI Semarang. Se...

Selengkapnya
Navigasi Web
SENI GEDRUK (TANTANGAN HARI KE 20)
Seni Gedruk

SENI GEDRUK (TANTANGAN HARI KE 20)

SENI GEDRUK

Tantangan hari ke 20

Sri Suwarni,S.Pd.M.Si

Disekolah kami ada ekstrakurikuler kesenian,diantaranya seni tari,rebana,menggambar,seni musik,seni kuda lumping (Reog),dan seni gedruk.Dalam pelajaran ekstrakurikuler siswa leih senang dibanding dengan pelajaran matematika,mengapa demikian?.Kebanyakan siswa sekarang tidak menyukai pelajaran matematika,Ilmu Pengetahuan Alam,BTQ pokoknya yang mikir-mikir itu siswa tidak menyukainya.Tetapi kalau pelajarn Ektrakurikuler siswa berebut mau ikut.dari kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya yaitu seni Reog atau kuda lumping dan seni gedruk.Yang mennyukai seni gedruk tidak hanya siswa laki-laki,siswa perempuan juga banyak yang ikut seni gedruk.

Biasanya siswa yang ikut ekstrakurikuler reog pasti ikut ekstrakurikuler gedruk.Pada dasarnya hampir sama antara reog dan gedruk.mau tahu perbedaannya antara tarireog dan tarian gedruk,mari kita bedakan.Persamaannya adalah:cara menari ,tabuhannya,bisa kesurupan,lagu-lagunya,sedangkan perbedaannya adalah:tari reog membawa kuda lumping atau eblek yang berbentuk kuda,pakainnya sederhana(hanya sampur, variasi baju dan jarit),kalau gedruk lebih komplit bajunya lebih glamour bermanik-manik,pakai topeng semua,pakai gelang kaki dan pemimpin tarinya membawa pecut yang besar.Dalam menarinya kalau reog hanya melenggag lenggokkan kuda dan mengikuri irama gamelan tetapi kalau gedruk cara menarinya mengandalkan gedruk pada kaki yang diberi gelang kaki atai krincing dikaki.

Ssisa mempelajari tarian gedruk lebih cepat bisa,baik irama,tarian,cara gedruk dan lenggag lenggokya,tari gedruk kadang membentuk formasi hurus,saling menaiki diantara penari lain dengan akrobatik yang bermacam-macam,yang mana sampai sipenari itu itu kesurupan lupa jati dirinya,seperti pingsa tetapi tidak pingsan,seperti dibawah sadarpenari tersebut.Sebenarnya penari gedruk diperlukan siswa yang sehat,kuat,luwes dan akrobatik,mengingat gerakannya yang non stop dengan menggedruk-gedrukkan kaki yang dibebani gelang krincing yang berat.

Dentuman tari gedruk yang diiringi gamelan akan menimbulkan suara yang indah,sambil melihat kelihaian penari yang mengikuti aba-aba dari pemimpim tari yang diisyaratkan dari bunyi pecut."au tahu bunyi pecut?"Pecut yang besar dibunyikan itu pertanda alih gerakan ,jadi penari harus mengikuti aturan pada pemimpin tari lewat aba-ba membunyikan pecut.Sementara penari yang akan kesurupan atau mabuk didekati oleh pemimpin tari didampingi,diajak mundur supaya tidak sampai kesurupannya menjadi-jadi.Dalam atraksinya biasanya siswa yang besar menjadi tumpuhan dibawah,yang badannya kecil biasanga diatas,karena siswa yang kecil kan ringan untuk diangkat.

Sekarang ini tari gedruk sedang digemari dari kalangan siswa sekolah,remaja dan orang tua.Tari gedruk yang memiliki kekhasan dari tariannya yaitu dentuman kaki yang digedruk-gedrukan,kepala yang menengok kekanan dan kekri,sehingga dari kejahuan sudah terdengar bahwa ada tarian gedruk.Para penari gedru lebih semangat karena sering diadakan lomba tari gedruk,dari tingkat Desa sampai ketingkat Kerisidenan.Dengan perkembangan jaman tari gedruk tidak kalah populer denga tari kuda lumping,bahkan sekarang disekolah-sekolah selalu ada tari gedruk laki-laki dan tari gedruk perempuan,juga ada tari campuran antara laki-laki dan perempuan.Bahkan masyarakat yang punya hajatan sering mengundang tari gedrug,kadang-kadang dicampur tari kuda lumping dan tari gedruk.Tari gedruk khasnya banyak topeng yang berbeda,kakinya selalu memakai gelang krincing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nguriuri kabudayan.....siiiip bundaa..

04 Feb
Balas

Mantul bun

03 Feb
Balas

Terima kasih mbak Fauziah.

04 Feb
Balas



search

New Post