SRI WAHYUNI

Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 22 Batanghari, Jambi. Mengajar sejak 1 Desember 1995....

Selengkapnya
Navigasi Web
LIDAH MERTUA YANG PENYAYANG
Lidah Mertua

LIDAH MERTUA YANG PENYAYANG

LIDAH MERTUA YANG PENYAYANG

 

“Naufal, jangan lupa siram tanaman di pekarangan ya Nak.” Kataku kepada Naufal yang memang tugasnya menyiram kembang kalau sore hari.

“Iya Ma, nanti,” jawab Naufal masih asik bermain game online di kamarnya.

“Ayo Dek, jangan lama-lama mainnya kasihan tanaman di rumah kita bisa mati kekeringan karena panas hari ini,” kataku lagi.

“Ya, Ma,” jawab Naufal sambil mengambil ember dan gayung lalu mengisi air ke dalamnya.

“Banyak betul tanaman di pekarangan rumah kita Ma, capek Naufal menyiramnya terus.” Kata Naufal sambil menyiramkan air ke tanaman yang ada di pekarangan rumah kami.

 Ada tanaman buah-buahan seperti buah jambu air, jambu kristal, mangga, kelengkeng, alpukat, kedondong, pisang kepok, pisang lemak manis,jeruk purut, pohon salam dan matoa. Pohon matoa, kelengkeng dan mangga sudah sangat tinggi batangnya, sedangkan yang lain hanya setinggi satu meter. Tanaman yang tingginya tidak lebih satu meter karena ditanam di dalam pot. Aku sangat suka menanam pohon buah-buahan dalam pot karena berharap dengan pekarangan yang kecil bisa memiliki berbagai tanaman yang kusuka.

Tanaman bunga-bunga juga ada di pekarangan rumahku. Selain aglonema yang sedang viral, aku juga memiliki aneka bunga lain seperti roduntum aceh, keladi, sirih gading hijau dan kuning. Bunga yang tidak viral namun memiliki khasiat pun ada kutanam di pekarangan rumahku. Salah satunya tanaman  lidah mertua.

Tanaman lidah mertua atau sansevietia (snake plant)  adalah tanaman yang berdaun keras, tegak panjang dengan ujung meruncing. Lidah mertua adalah tanaman hias yang cocok dijadikan pajangan di dalam rumah karena lidah mertua bisa tumbuh dalam kondisi air sedikit dan kurang cahaya matahari.

“Kok aneh ya Ma, nama tanaman ini lidah mertua.” Kata Naufal.

“Mungkin karena bentuknya yang panjang dan ujungnya runcing, seperti orang yang menyebut lidah mertua itu tajam,” kataku sambil tertawa.

“Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua juga memiliki manfaat luar biasa yaitu mampu menghisap berbagai polusi udara. Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah berlebihan dan mengeluarkan oksigen. Lidah mertua juga mampu menyaring racun dari udara. Kalau ada yang merokok dalam ruangan, maka perlu sekali meletakkan lidah mertua di dalam ruang itu, agar orang yang berada di ruang itu tidak terdampak polusi udara,” kataku lagi.

“Untuk radiasi bisa tidak Ma?” tanya Naufal.

“Bisa, lidah mertua aktif membantu penyerapan radiasi, salah satunya radiasi dari barang-barang elektronik seperti hp. Jadi sebaiknya kita meletakkan tanaman ini di ruang tamu atau ruang keluarga yang sering dipakai untuk berkumpul.” Jawabku.

“Apa lagi manfaat tanaman lidah mertua ini Ma?” tanya Naufal lagi.

“Lidah mertua mampu menyerap bau yang khas atau menyengat. Maka tanaman ini cocok juga diletakkan di dapur dan kamar mandi.” Jawabku sambil tertawa.

“Wah, banyak sekali manfaat tanaman lidah mertua ini ya,  Ma. Terutama untuk kebersihan udara di sekitar kita. Selain mudah tumbuh, tanaman ini juga tidak banyak membutuhkan air ya Ma?” tanya Naufal menegaskan.

“Iya benar sekali. Jangan terlalu banyak menyiramkan air ke tanaman ini. Cukup disiram di bagian tanah atau tanaman yang sudah benar-benar kering. Lidah mertua akan tumbuh subur jika mendapat sinar matahari yang cukup. Jika tidak kena sinar matahari yang cukup, tanaman lidah mertua bisa kusam dan mati.” Kataku.

“Kalau begitu ayo kita tanam lidah mertua yang banyak di rumah kita. Biar udara di rumah kita menjadi bersih dan sehat.” Kataku mengajak Naufal sambil menyiram tanaman yang lain.

 

Muara Bulian, 11 Oktober 2021

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Lidah mertua..namanya bunga..siapa yang kasih nama pertamakali he he mantap banget...sukses selalu

04 Apr
Balas

Lidah mertua..namanya bunga..siapa yang kasih nama pertamakali he he mantap banget...sukses selalu

04 Apr
Balas

Lidah mertua..namanya bunga..siapa yang kasih nama pertamakali he he mantap banget...sukses selalu

04 Apr
Balas

Lidah mertua..namanya bunga..siapa yang kasih nama pertamakali he he mantap banget...sukses selalu

04 Apr
Balas



search

New Post