Sri Wahyuni Utami

Guru SMPN 1 NGORO MOJOKERTO Alumni klas CV menulis MG Surabaya Angkatan ke 1 Buku perdana wisata Sejarah Mojokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web

MANFAAT MINUM AIR TAJIN SETIAP HARI

#Tantangan gurusiana ke 161#

MANFAAT MINUM AIR TAJIN SETIAP HARI

Air tajin adalah air rebusan beras yang biasanya ada saat sedang memasak nasi. Di zaman yang serba praktis kini, kebanyakan orang-orang sudah jarang memasak nasi putih dengan memasaknya di panci. Orang-orang kini banyak memasak nasi dengan rice cooker, atau kompor listrik yang tidak menghasilkan air rebusan baras atau air tajin. Kalau ditinjau dari gizi, air tajin memiliki gizi yang cukup baik, tak hanya untuk perawatan kecantikan dan rambut, ternyata air tajin memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Inilah beberapa manfaat air tajin jika di konsumsi setiap hari. :

1. Sumber energi

Karena kandungan nutrisi yang didapat dari rebusan nasi, mengkonsumsi air tajin sama pentingnya untuk menjaga energi tubuh. Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga air renusannya pun juga memiliki kandungan yang sama baiknya. Bahkan kebiasaan meminum air tajin sudah sangat umum dilakukan bagi para pekerja berat di India sehingga ketika mereka bekerja, mereka lebih energik.

2. Mencegah gastroenteritis

Gastroenteritis atau infeksi pada usus atau perut karena serangan bakteri dan virus merupakan salah satu penyakit yang cukup menyakitkan. Penderita akan metasa mual, muntah, diare, bahkan kram perut ketika penyakit tersebut datang. Untuk menanggulangi terjadinyya gastroenteritis, air tajin merupakan pencegahan yang nisa dijadikan pilihan. Orang yang mengkonsumsi air tajin secara rutin akan terjindar dari penyakit gastroenteritis.

3. Mengatur suhu tubuh

Selain menghindari resiko penyakit, air tajin juga memiliki peranan penting untuk mengatur suhu tubuh. Srhingga jika musim hujan dan suhu udara jadi lebih dingin, dianjurkan untuk mengkonsumsi air tajin supaya suhu tubuh kita tetap normal dan stabil.

4. Mencegah kanker

Nasi putih dipercaya sebagai sumber pencegah berbagai penyakit. Tak hanya nasi putih, jika seseoramg rutin mengkonsumsi air tajin, maka nutrisi di dalam tubuh jadi makin sehat lagi dan bahkan dapat mencegah resiko terserang penyakit kanker

5. Sembelit

Air tajin juga bermanfaat atasi dan mencegah sembelit. Karena seseorang menderita sembelit, cobalah minum air tajin untuk mengatasi mesalah tersebut.

6. Melindungi dari matahari

Tak hanya dikonsumsi dari dalam, jika dioleslan pada bagian tubuh 15 menit sebelum berkegiatan di luar ruangan, air taji mampu menahan sinar matahari langsung ke tubuh.. oleh karena air tajin mengandung zat oryzanol yang mampu menangkal sinar matahari langsung. Setelah mengetahui manfaatnya, jika masih melakukan kegiatan memasak nasi dengan panci sebaiknya gunakan air tajin tersebut untuk menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat, sajiansedap.grid.id

Mojokerto, 28 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih infonya bunda. Sangat bermanfaat seki tulisannya bund

29 Sep
Balas

MAkasih infonya

28 Sep
Balas

Wajtu kecil saya sering minum Bu hehehe. Mantap tulisannya Bu dan salam sukses

29 Sep
Balas

Super Buk

28 Sep
Balas

Terima kasi pak. Sehat2 selalu ya pak

28 Sep

Mantap buk dgn herbalnya

29 Sep
Balas



search

New Post