Sri Wahyuni Utami

Guru SMPN 1 NGORO MOJOKERTO Alumni klas CV menulis MG Surabaya Angkatan ke 1 Buku perdana wisata Sejarah Mojokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web

TERNYATA BAHAYA MINUM AIR KELAPA

#Tantangan gurusa ke 147#

TERNYATA BAHAYA MINUM AIR KELAPA

Selama ini air kelapa punya manfaat bagi kesehatan, justru sebaliknya, bisa membawa bahaya bagi orang yang yang meminumnya. Ternyata tidak selamanya air kelapa punya manfaat. Justru sangat berbahaya padahal sudah terlanjur dikenal manjur, air kelapa memiliki banyak nutrisi bermanfaat, diantaranya melawan diabetes. Sebuah penelitihan menunjukkan air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan lainnya. Air bening ini juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes. Minuman ini diketahui tinggi akan elektrolit, klorida, kalsium, magnesium, sejumlah gula, natrium dan protein. Air kelapa juga merupakan sumber serat makanan, mangan, kalsium dan vitamin C yang baik. Namun, walau kaya manfaat bagi kesehatan, rupanya tidak semua orang direkomendasikan untuk minum minuman satu ini.

Ada beberapa orang dengan kriteria fisik dan status kesehatan tertentu yang sebaiknya tidak mengkonsumsi air kelapa. Yaitu pada orang :

1. Masalah ginjal

Penderita gangguan ginjal justru tidak disarankan untuk banyak mengkonsumsi air kelapa. Hal ini karena kandungan potasiumnya yang tinggi bisa membuat kondisi ginjal lebih terbebani.

2. Sebelum dan sesudah operasi

Air kelapa dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah pembedahan. Hentikan penggunaan air kelapa setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi. Cystic fibrosis dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh. Beberapa orang dengan fibrosis kistik perlu minum cairan atau pil untuk meningkatkan kadar garam, terutama natrium. Air kelapa bukanlah cairan yang baik untuk meningkatkan kadar garam pada penderita fibrosis kistik. Air kelapa mungkin mengandung terlalu sedikit natrium dan terlalu banyak kalsium. Jangan minum air kelapa sebagai cara untuk meningkatkan kadar garam jika Anda memiliki cystic fibrosis.

3. Penyakit jantung

Tak hanya ginjal, rupanya kandungan potasium atau kalium yang tinggi pun bisa berdampak buruk bagi penderita jantung. Dalam 1 cangkir air kelapa segar kira-kira mengandung 252 gram sodium yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung bagi orang yang sudah memiliki kelainan pada organ jantung. Kadar kalium dalam darah yang tinggi atau disebut juga hiperkalemia, biasanya menjadi penyebab cukup umum dalam kasus perubahan irama jantung yang bisa mengancam jiwa.

4. Penderita iritasi usus

Rupanya air kelapa memiliki efek laxative yang bisa berbahaya bagi seseorang dengan penderita iritasi usus. Efek tersebut membuat air kelapa memiliki fungsi sebagai pencahar alami sehingga tidak direkomendasikan.

5. Penderita diabetes

Kandungan kalium dan gula yang cukup tinggi me,buat minuman satu ini tidak direkomendasikan juga bagi penderita diabetes. Tentu hal tersebut bisa membuat diabetes menjadi sulit terkontrol sehingga sebaiknya dihindari.

6. Orang-orang yang lagi mengkonsumsi obat -obatan tertentu.

Ada juga orang yang tidak direkomendasikan meminum air kelapa karena tengah menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat-obat tertentu. Obat-obat yang dimaksud antara lain inhibitor ACE, beta blocker, dan beberapa antibiotik seperti pinicilin. Hal ini konsumsinya secara berbarengan bisa membuat kadar kalium dalam darah semakin tinggi, sehingga berbahaya bagi tubuh. Nah bagi orang-orang yang telah disebutkan di atas sebaiknya hindari mengonsumsi air kelapa.

Salam sehat, makasar.tribunnew.com

Mojokerto, 14 Sepember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam sehat tetap semangat

14 Sep
Balas

Terima kasih. Sehat2 selalu ya bu

14 Sep

Terima kasih sdh berbagi..salam sehat

16 Sep
Balas

Terima kasih infonya, Bu. Salam literasi.

14 Sep
Balas

Sana2 bu. Sehat2 selalu ya bu

14 Sep

Terima kasih share ilmunya, Bunda, bermanfaat. Sukses selalu. Salam literasi

14 Sep
Balas

Terima kasih Bapak. Sehat2 selalu ya

14 Sep

Makasih infonya

14 Sep
Balas

Sama2 bu. Sehat2 selalu ya bu

14 Sep

Mkasih infonya Bu dan salam sukses

14 Sep
Balas

Sama2. Sehat2 selalu ya hu

14 Sep

Tka informasinya, sukses buk

14 Sep
Balas

Sama2. Sehat2 selalu ya pak

14 Sep

lo, bukannya malah bagu ya Bu Sri? Semangat berliterasi, semoga sukses selalu. Amin.

15 Sep
Balas

Terima kasih berbagi ilmunya bunda...salam sukses

14 Sep
Balas

Sama2. Sehst2 selalu ya bu

14 Sep

Terima kasih sudah berbagi ilmunya Bu. Semoga sukses selalu

14 Sep
Balas

Sama2. Sehat2 selalu ya

14 Sep

terimakasih informasi yang bermanfaat bu

15 Sep
Balas



search

New Post